Rabu, 22 Februari 2023

Home » , » Komunikasi UPN Jakarta dan Kompasiana Kerjasama Penulisan Ilmiah

Komunikasi UPN Jakarta dan Kompasiana Kerjasama Penulisan Ilmiah

Komunikasi UPN Jakarta dan Kompasiana Kerjasama Penulisan Ilmiah


Mafaza–Online | Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) berkolaborasi terkait penulisan ilmiah popular dengan salah satu platform blog dan publikasi online milik Kompas Media Group , Kompasiana.


“Kolaborasi seperti ini sangat diperlukan di kampus,” kata Fitria Ayuningtyas, Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi, di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, UPN "Veteran" Jakarta.


Dengan pelatihan semacam ini, tambahnya, Difusi penyebaran ide dan praktik lapangan sangat berguna serta menumbuh kembangkan kreativitas dalam hal menulis atau membuat konten.


“Sehingga bisa mengkomunikasikan ide ke berbagai platform media,“ tuturnya.

 

Doktor lulusan Ilmu Komunikasi UNPAD itu melanjutkan keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, kefasihan digital, management skills, serta interpersonal skill merupakan keterampilan yang diperlukan di abad 21, 


“Mahasiwa harus terus belajar dan bertumbuh,” ujarnya.


COO Kompasiana, Nurulloh mengungkapkan hadirnya platform user generated content jadi wadah Citizen Journalism mengekspresikan diri, “Sejak tahun 2008, Kompasiana hadir agar dapat mengisi kekosongan space media sampai sekarang agar terus bertumbuh. Kelompok usia mahasiswa sejak pandemik melonjak aktif,” katanya.


Munadhil A. Muqsith, Dosen Komunikasi, UPNVJ yang memaparkan materi Academic Writing Skill mengungkapkan bahwa menulis adalah proses berpikir, 


“Cara berkomunikasi baik melalui tulisan maupun audiovisual sebagai penyampaian pesan kepada masyarakat,” paparnya


Tapi, tambahnya, jangan lupa kaidah penulisannya termasuk originalitas, gagasan dan inovasi, tidak lupa kode etik serta etika penulisan yang diperhatikan.


Acara sebagaian dihadiri mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi dan secara meriah ditutup dengan performance dari mahasiswa, Reihab Satria Wibowo yang melakukan Standup Comedy.

MafazaTV👇

Baca Juga:


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda


Share this article :

Posting Komentar