Kamis, 22 September 2022

Home » , » AWAS SYIRIK, Ini Makna Sebenarnya dari Tripel 6

AWAS SYIRIK, Ini Makna Sebenarnya dari Tripel 6

 

Sering disebut angka Setan, padahal mereka saja tidak percaya lalu kenapa kita yang muslim jadi malah mempercayainya? Aneh!


Mafaza-Online | Ada-ada saja ya, bulan September ini ada Triple angka 6, yaitu tanggal 24 yang kalau kedua angka itu dijumlah jadi 6, September bulan 9 yang kalau dibalik menjadi angka 6 dan tahun 2022 kalau angka itu dijumlah 2+0+2+2+2 = 6. Nah, angka triple 6 alias 666 ini dipecayai sebagai angka setan, syerem!


Sebagai muslim kita tentu tidak percaya. Tulisan tentang angka 666 ini, bukan berarti kita ikut-ikutan. Justru kita ingin agar umat Islam paham ternyata orang-orang kafir percaya kepada hal-hal seperti ini. Bukan sebaliknya kita malah ikut-ikutan percaya dengan syirik angka seperti itu. Atau malah itu mempopulerkannya.


Kalau kebetulan anak Anda lahir pada tanggal 6 bulan 6 dan tahun 2006, itu adalah takdir Illahi. Jangan mau ditakut-takuti oleh syetan dengan angka hari kelahiran. Sebagai orangtua, Anda tidak perlu menghubung-hubungkan nasib seseorang dengan hari kelahirannya.


Karena pada hakikatnya, sama sekali tidak ada hari buruk dalam pandangan akidah Islam. Semua hari adalah hari baik, semua bulan adalah bulan baik dan semua tahun adalah tahun baik.


Hari buruk adalah hari di mana kita tidak beriman kepada Allah, bulan di mana kita maksiat kepadanya dan tahun di mana kita ingkar kepada nabi-Nya. Yang buruk bukan hari, bulan atau tanggalnya, yang buruk adalah perilaku kita sendiri.


Asal Muasal 


Asalnya, bilangan ini secara luas dikenal sebagai "jumlah binatang" dalam Perjanjian Baru. Belakangan populer sebagai angka setan atau segala sesuatu yang berbau satanisme dan Antikristus. 


Jadi, apa makna terselubung di balik angka Tripel 6 yang meresahkan umat manusia selama 2.000 tahun terakhir? 


Program Youtube Numberphile pernah memposting, tentang angka 666 ini. Sebenarnya tidak memiliki sifat matematika yang khusus. Kalau, menelisik sejarahnya, angka ini menunjukkan sesuatu yang sangat luar biasa tentang bagaimana Alkitab ditulis pada masanya. 


Sederhananya, 666 digunakan sebagai kode dan bukan kode yang tersembunyi. Dengan catatan, Anda hidup dan mampu membaca ketika Perjanjian Baru ditulis. Paham situasi politik saat itu.


Kitab Suci pada mulanya ditulis dengan menggunakan Yunani Kuno. Dalam sistem alfabet ini, seperti halnya dalam sistem Ibrani, angka ditulis dengan huruf. Misalnya, angka 1 ditulis sebagai simbol alfa (α), angka 2 ditulis sebagai beta (β), dan seterusnya. 


Untuk menulis angka-angka besar seperti 512, 767, 123, atau 666, mereka diwakili oleh kombinasi huruf khusus yang kemudian dijumlahkan. 


"Artinya setiap kata juga memiliki nilai numerik," kata Pete dalam video di atas, dilansir Science Alert, Sabtu (17/11/2018). 


Kembali ke Alkitab,  ayat terakhir dalam Kitab Wahyu (Perjanjian Baru) di Bab 13 bunyinya begini, "Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam." 


Dalam penjelasan video, kata "reckon" dalam bahasa Inggris yang artinya menghitung atau memecahkan berasal dari bahasa Yunani dengan arti yang sama. 


"Jadi seolah-olah teks itu mengatakan, Aku akan memberimu sebuah teka-teki, kamu harus menghitung jumlah binatang itu," sambung Pete. 


Lantas, apa arti 666 jika diterjemahkan menggunakan abjad Yunani? 


Para sejarawan percaya, angka itu merujuk pada kebencian pada Kekaisaran Romawi pada saat itu. Siapa lagi kalau bukan, Nero Caesar yang dianggap sangat jahat dan tak punya hati. Dia menjadi aktor utama, sasaran dari simbol itu.


Ketika angka 666 diterjemahkan dalam ejaan Ibrani, Anda akan mengeja kata Neron Kesar, ejaan Ibrani Nero Caesar.


"Dengan menambah kompleksitas semacam itu menjadi teka-teki, hal ini menjadi rahasia," kata Pete masih dalam video itu. 


"Tidak ada yang mau (berani) menulis betapa kejamnya pemerintahan saat itu, misalnya dengan mengatakan 'Akar dari semua kejahatan adalah Nero Caesar.' Hal itu tidak mungkin dituliskan secara gamblang," imbuhnya.

Awas Syirik


Pembaca tidak perlu khawatir dengan kepercayaan syirik macam itu. Buat muslim, tidak ada kamusnya percaya kepada angka-angka. Baik angka 666 atau pun angka 13 yang katanya angka setan atau angka sial.


Kita tidak perlu menghubungkan angka-angka itu dengan mengutak atik nomer surat dan jumlah ayat dalam al Quran, atau angka kelahiran atau peristiwa yang dialami Nabi   sekalipun. Itu namanya ilmu otak atik gathuk alias cocokologi. 


Bentuk kepercayaan itu hanya ada di dalam masyarakat musyrik yang tidak bertauhid, tidak percaya kepada Allah dan ingkar kepada ajaran Rasulullah , bahkan bukan termasuk ciri masyarakat muslim yang maju dan beradab. 


Lha jelas, dari sejarahnya saja sudah jauh berbeda. Sangat tidak nyambung!


Diriwayatkan oleh Thabrani dalam al Mu’jam dengan sanad yang shahih, Nabi ﷺ bersabda, “Pada suatu saat nanti manusia akan mengalami suatu masa. Hati kaum muslimin pada saat itu tidak ubahnya dengan hati orang-orang yang ajam (baca: kafir)”. 


Dalam Shahih Bukhari dan Muslim terdapat sebuah hadits dari Abu Said al Khudri dari Nabi Muhammad Beliau bersabda,

 

لَتَتْبَعُنَّ سَنَنَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ شِبْرًا شِبْرًا وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ ، حَتَّى لَوْ دَخَلُوا جُحْرَ ضَبٍّ تَبِعْتُمُوهُمْ


“Sungguh kalian akan mengikuti perilaku orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sampai-sampai jika mereka masuk ke dalam lobang biawak gurun tentu kalian akan mengikutinya.”


Pesan yang Nabi   sampaikan dalam hadits ini mengandung makna peringatan agar tidak melakukan hal tersebut (baca: menyerupai perilaku orang kafir) dan larangan agar tidak terjerumus dalam kebinasaan itu, yaitu: mengikuti jejak orang kafir | Eman Mulyatman


Baca juga 👇

Fase Perkembangan Ilmu Tasawuf


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/mafaza_online  | Facebook : MafazaOnline | Twitter: @mafazanews


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda


#tripel6  #666




Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: AWAS SYIRIK, Ini Makna Sebenarnya dari Tripel 6 . All Rights Reserved