Rabu, 27 Juli 2022

Home » » JANGAN PARSIAL Sama - Sama Penting

JANGAN PARSIAL Sama - Sama Penting


 
"Katakanlah, “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam" (Surat Al-An'am [06] : 162)

Oleh: Satria Hadi Lubis 


Mafaza-Online | Dalam sebuah ceramahnya, seorang ustadz berkata: "Mereka yang berpolitik itu sudah benar gak shalatnya? Sudah shalat berjamaah tidak di masjid? Sudah baca Quran gak? Perbaiki dulu deh ibadahnya, baru setelah itu berpolitik!"


Ucapan semacam ini sekilas kelihatannya benar, tapi akan lebih benar lagi jika seruannya seperti ini: "Mereka yang berpolitik itu sudah benar gak shalatnya? Sudah shalat berjamaah tidak di mesjid? Sudah baca Quran gak? Perbaiki dulu deh ibadahnya SAMBIL berpolitik!"


Ibadah dalam Islam itu luas pengertiannya, meliputi ipoleksosbudhankamrata (ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan rakyat semesta). 


Semuanya sama-sama penting. 


Bagi seorang muslim, politik tidak bisa ditinggalkan karena asyik mendahulukan ibadah mahdhoh (khusus). Begitu pun sebaliknya.


Walau tidak berpolitik praktis (dengan menjadi anggota parpol), suka atau tidak suka seorang muslim harus tahu kondisi kaum muslimin, membela kaum muslimin (baca: membela kemanusiaan) dan memahami makar mereka yang membenci Islam. Dan ini berarti berpolitik (high politics). Tidak boleh cuek.


Bukankah Allah sendiri yang memberitahu kita adanya orang-orang yang membenci Islam? "Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir membencinya" (Surat Ash-Shaf [61] : 08).


Semuanya (termasuk berpolitik dan beribadah khusus) hanya ditujukan kepada Allah dan dalam rangka mencari ridho Allah swt. "Katakanlah, “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam" (Surat Al-An'am [06] : 162).


Artikel Lainnya:

IMAM AL GHAZALI Tentang Adab Pendidik Anak


Silakan Klik 

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: JANGAN PARSIAL Sama - Sama Penting . All Rights Reserved