Sabtu, 25 Desember 2021

Home » » Pendapat Mahasiswa Tentang Program Magang di Rumah Rakyat DPR RI

Pendapat Mahasiswa Tentang Program Magang di Rumah Rakyat DPR RI

Puan Maharani bersama Mahasiswa Magang | Mafaza Online
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, program  ini diharapkan bisa memberi pengalaman buat para mahasiswa untuk merasakan bagaimana menjadi bagian dari proses perumusan kebijakan politik bangsa

Mafaza Online | Keikutsertaan dalam program magang ini membuat pesertanya memiliki perspektif yang lebih lengkap dan seimbang tentang kerja DPR. 


"Banyak sih teman-teman yang meledek saya karena magang di sini. Mereka bilang, 2019 aksi di luar, 2021 masuk ke dalam,” tutur Taufiqurrahman.


Tapi, masih kata Ahan, begitu teman-teman mahasiswanya biasa menyapanya,   saya merasa program magang seperti ini sangat baik.


“Bisa jadi sarana sosialisasi tentang kerja DPR yang sama sekali tidak mudah," katanya.


Hal senada disampaikan Alfi Mutiara, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Soedirman. 


"Saya ikut Magang di Rumah Rakyat ini karena ingin mengetahui bagaimana mekanisme kerja DPR. Selamat ini, dari berita-berita yang saya baca dan dengar, sepertinya kerja DPR itu sepertinya hanya rapat, rapat, rapat saja. “Kok gampang banget?” 


Baru setelah masuk dan terlibat langsung di DPR saya bisa merasakan kesibukannya, Alfi menambahkan.


“Saya tahu kalau rapat-rapat yang dilakukan bukan rapat yang sederhana," kata Alfi yang mengikuti magang sebagai Parliament Trainee ini. 


Program Magang di Rumah Rakyat ini memang dimaksudkan untuk mengenalkan DPR dan kinerjanya pada masyarakat, terutama generasi muda. 


Saat menyambut para peserta Magang di Rumah Rakyat akhir September 2021 lalu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, program  ini diharapkan bisa memberi pengalaman buat para mahasiswa untuk merasakan bagaimana menjadi bagian dari proses perumusan kebijakan politik bangsa. 


Menurut Puan, pengetahuan yang diterima para mahasiswa di kampus, akan menjadi lengkap dengan pengalaman menjalani praktik langsung. 


Saat program Magang di Rumah Rakyat 2021 ini ditutup pada Kamis (23/12) kemarin, tak sedikit dari 200 peserta dari berbagai kampus yang terseleksi dari 18 ribu pendaftar merasa memiliki perspektif yang baru dan mengaku tertarik terjun ke dunia politik. 


Salah satu yang merasakan hal ini adalah Nadia Tiarasari, mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan di FISIP Undip. 


"Karena saat magang di sini, kami merasa benar-benar diwadahi aspirasinya," katanya yang ingin menmperjuangan kesetaraan gender bila terjun ke politik. 


"Kalau di DPR sendiri, selama empat bulan ini saya merasa DPR ini ruang bekerja yang setara untuk perempuan. 


Semua pekerjaan dapat di lakukan oleh semua orang tergantu g kompetensinya. Tidak ada istilah pekerjaan lelaki atau pekerjaan perempuan. 


Menurut saya, ini kondisi yang sehat untuk siapa pun bisa berkembang," katanya. 


Sebelumnya:

Pendapat Mahasiswa Tentang Program Magang di Rumah Rakyat DPR RI






Silakan Klik 👇


DIJUAL RUMAH 

Perumahan 

Bukit Serpong Indah 

(BSI)



   



Share this article :

Posting Komentar