Rabu, 13 Mei 2015

Home » » Empat Pilar Untuk Hindari Konflik Akibat Pilkada

Empat Pilar Untuk Hindari Konflik Akibat Pilkada

Biasanya potensi konflik semakin tinggi ketika calon yang bertanding hanya ada dua pasang


Habib Aboe Bakar Alhabsyi, Anggota MPR RI

 Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda


Mafaza-Online.Com | TAPIN - Anggota MPR RI, Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengkhawatirkan terjadinya konflik sosial dalam Pilkada yang dihelat serentak akhir tahun ini. Hal itu disampaikan dalam Sosialisasi Empat Pilar Bebangsa dan Bernegara yang dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (28/4), Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Menurut anggota Komisi III DPR tersebut, potensi konflik sosial selalu muncul dalam setiap kontestasi pemilihan kepala daerah. Biasanya potensi konflik semakin tinggi ketika calon yang bertanding hanya ada dua pasang.

“Akibatnya gesekan antar tim dilapangan semakin keras, karenanya saya selalu minta Polri untuk mempersiapkan diri”, paparnya.

Lebih lanjut Aboe Bakar menjelaskan arti penting pemahaman empat pilar untuk menjaga kerukunan. Kejadian konflik sosial, seperti perkelahian antar kelompok atau tawuran antar desa sebenarnya tidak perlu terjadi. Hal ini bisa di capai apabila ada tenggang rasa antar masyarakat. Disinilah perlunya pemahaman yang baik tentang empat pilar berbangsa dan bernegara.

“Sehingga tidak perlu ada keributan,” terang Ketua Poksi Fraksi PKS tersebut.

Menanggapi pertanyaan dari peserta mengenai bagaimana cara mengatasi persoalan konflik pilkada seperti yang terjadi di Kutai Waringin Barat, Tuban dan lainnya. Habib Aboe menekankan, agar masyarakat kembali memahami fungsi dasar dari Pilkada itu sendiri. Pilkada itu merupakan bagian dari suksesi kepememimpinan, bukan perebutan kekuasaan. Aturannya sudah jelas dalam peraturan perundang-undangan.

“Jadi, silahkan saja pilih pemimpin yang paling bijak sesuai hati nurani. Tak perlu berebut dan tak perlu pula rebut.” tukas Wasekjen PKS tersebut.



Silakan klik:
Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Empat Pilar Untuk Hindari Konflik Akibat Pilkada . All Rights Reserved