Selasa, 08 Juli 2014

Home » » Tak Ingin Cepat Loyo? Hindari Makanan Ini

Tak Ingin Cepat Loyo? Hindari Makanan Ini

Meski puasa, aktivitas tak boleh kendor inilah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mendongkrak semangat




 
Mafaza-Online.Com | KESEHATAN - Aktifitas sehari-hari dapat menguras energi. Namun seringkali, konsumsi makanan yang seharusnya untuk memulihkan pasokan bahan bakar tubuh justru membuat badan kian loyo. Akibatnya, tubuh menjadi tidak fit dan gampang terserang penyakit.

Untuk mengantisipasi hal ini ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mendongkrak semangat, yaitu:

Jauhi Makanan Olahan

Makanan olahan biasanya mengandung sedikit serat dan lebih banyak gula yang dapat menaikkan kadar gula darah. Konsumsi gula sangat terkait dengan masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung, serta dapat menghambat metabolisme bila dikonsumsi berlebihan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior menemukan bahwa tikus menjadi lesu ketika diberi makan diet rendah lemak tapi tinggi gula dan tepung. Studi lain dari tahun 2012 menemukan bahwa makanan olahan dapat memperlambat kerja otak.

Hindari Gorengan dan Kafein

Makanan yang digoreng akan membuat kita mengantuk karena sistem pencernaan kita harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memproses lemak di dalamnya. Gorengan juga sarat dengan minyak dan lemak trans. Makanan yang digoreng dapat menyumbat arteri dan mencemari sel-sel darah.

Kafein juga harus dihindari karena meskipun kafein mampu menstimulasi tubuh agar lebih bersemangat tapi lama kelamaan tubuh akan terasa lebih lelah. Jadi abaikan minum kopi, sebagai gantinya Anda dapat menikmati secangkir teh.

Konsumsi Makanan yang Kaya Zat Besi

Mengkonsumsi makanan sumber zat besi seperti daging sapi, ikan, kacang-kacangan, unggas, dan sayuran hijau membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Zat besi merupakan mineral penting yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, menurut Centers for Desease Control. Kalau kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, efeknya mungkin tubuh akan merasa dingin, lemah, dan lelah.

Cukup Istirahat

Selain makanan, istirahat yang cukup juga membantu mencegah tubuh tampil loyo. Tidur adalah salah satu cara untuk menggembalikan energi yang terbuang. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 30 menit lebih lama untuk tidur dibandingkan orang dewasa yang lebih muda.

SHAPE.COM | INDAH P | TEMPO.CO



Silakan klik:
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Tak Ingin Cepat Loyo? Hindari Makanan Ini . All Rights Reserved