Minggu, 13 April 2014

Home » » Cucilah Apel Sebelum Dimakan

Cucilah Apel Sebelum Dimakan

Alasan utamanya adalah karena apel termasuk dalam buah yang paling tercemar pestisida


  
Ilustrasi buah apel | (Shutterstock)

Mafaza-Online.Com|KESEHATAN- Kebiasaan Anda memasukkan buah apel ke dalam kotak bekal sangatlah baik. Buah yang kaya serat ini salah satunya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Hanya saja, jangan lupa untuk selalu mencuci apel sebelum dikonsumsi.

Mengapa apel wajib dicuci? Alasan utamanya adalah karena apel termasuk dalam buah yang paling tercemar pestisida. Kelompok nirlaba Environmental Working Group tahun lalu menempatkan apel ke dalam urutan teratas daftar buah dan sayuran yang paling terkontaminasi pestisida.

Pestisida sendiri dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, terutama gangguan perkembangan pada anak-anak. Selain itu, pestisida juga dikhawatirkan bersifat karsinogen dan mengganggu sistem hormon dalam tubuh.

Meski demikian, ketakutan akan pencemaran pestisida dalam buah dan sayuran jangan membatasi Anda untuk mengonsumsi bahan makanan sehat ini. Selain itu, kandungan serat dan vitamin dalam buah ini membuat manfaat apel melebihi efek buruk dari pestisida.

Jika Anda sangat khawatir dengan kandungan pestisidanya, selalu cuci buah apel sebelum dimakan. Anda juga bisa membeli buah apel organik, meski harganya relatif mahal.

huffingtonpost.com | KOMPAS.com | PPNSI.Org

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Cucilah Apel Sebelum Dimakan . All Rights Reserved