Senin, 24 Februari 2014

Home » » Sering Makan Larut Malam, Itu Gejala Gangguan Jiwa

Sering Makan Larut Malam, Itu Gejala Gangguan Jiwa

Depresi | (Ilustrasi: hai online)
Sejarah depresi dan mengalami sakit hati banyak ditemukan pada orang-orang yang sering makan saat larut malam

Mafaza-Online.Com|KESEHATAN - Hati-hati terhadap kebiasaan makan Anda, terutama waktu makan yang terlalu larut, atau keinginan makan di tengah malam setelah tidur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Perelman School of Medicine di The University of Pennsylvania, orang yang suka bangun larut malam untuk makan biasanya memiliki masalah kejiwaan.

"Kami pikir makan saat malam larut adalah sesuatu yang harus diperhatikan, meskipun hanya terjadi hanya di bawah 3 persen dari siswa yang mengalami gangguan makan berlebih (binge eating disorder)," kata Rebecka Peebles, dokter anak sekaligus peneliti dari Perelman School of Medicine di The University of Pennsylvania, kepada Reuters, Sabtu, 22 Februari 2014.

Menurut penelitian tersebut, makan saat larut malam memiliki gejala yang sama dengan penyakit gangguan makan, anoreksia nervosa. Atau, juga gangguan makan yang disebabkan rasa takut berlebihan terhadap peningkatan berat badan karena pencitraan diri yang menyimpang. Akibatnya, muncul penolakan mempertahankan berat badan yang sehat.

Keinginan makan di malam hari juga dimiliki oleh seorang pasien yang sedang menjalani pengobatan karena penyakit ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Juga gangguan perkembangan aktivitas motorik yang mengakibatkan aktivitas tak lazim atau berlebihan.

Selain itu, sejarah depresi dan mengalami sakit hati banyak ditemukan pada orang-orang yang sering makan saat larut malam. "Saya rasa penting untuk mengetahui bahwa gangguan makan saat larut malam ini dapat menimpa siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki dari berbagai macam ras," ujar Cristin Runfola, peneliti dari University of North Carolina.

REUTERS | CHETA NILAWATY | TEMPO.CO



Silakan diklik: 
 


Share this article :

Posting Komentar