Sabtu, 19 Maret 2022

Home » » Serba Tiga di Masjid Al Fattah

Serba Tiga di Masjid Al Fattah



Makna Angka Tiga di Masjid Al Fattah Tasikmalaya

Mafaza-Online | Masjid Al Fattah terletak dalam kawasan Pondok Pesantren Tarekat Al Idrisiyyah di Jalan Raya Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Serba Tiga kental mewarnai Masjid ini 


Kepala Divisi Publik Relation Pesantren Tarekat Al Idrisiyyah, Sandra Yusuf menjelaskan, bangunan Masjid didirikan di atas tanah seluas 33 x 33 meter persegi, atau 1.089 meter persegi. Sementara, total luas bangunan 33 x 33 x 33 meter persegi, atau 35.957 meter persegi. 


Pembangunannya ditotal menghabiskan anggaran dari wakaf para donatur sebesar Rp 33 miliar.


Masjid al Fattah selesai dibangun dalam waktu tiga tahun pula. "Serba tiga itu artinya penggabungan dari: Iman, Ihsan dan Islam," jelasnya.


Atas dasar konsep itu, menurutnya mempunyai pengaruh besar terhadap pembangunan Masjid seperti kemudahan para donatur menyumbangkan dananya.


Berbagai bentuk sumbangan diterima pihak pembangunan Masjid guna mempercepat realisasinya. Bahkan, ada pihak yang sampai mewakafkan sebesar Rp 5 miliar guna pembangunan Masjid ini. Meski enggan menyebut siapa donaturnya, ia berharap hal ini dapat diikuti oleh Muslim di wilayah lain.


"Dengan filosofis angka tiga itu tekad dari Syekh yang kemudian membuka program Tohtohan yang membuat seluruh jamaah mewakafkan harta bendanya dari mulai uang tunai sampai berupa barang dari terkecil atau sepeda motor, mobil, bahkan rumah juga ada. Itu dilelang dan kemudian uangnya diwakafkan ke pembangunan masjid," katanya ketika ditemui wartawan, Selasa (31/1).


Makna lainnya, konsep angka tiga dalam pembangunan juga menyentuh aspek desain Masjid. Ia menyebut ornamen bangunan masjid terinspirasi dari tiga masjid, yaitu Mesjid Al Aqsa untuk bagian kubahnya, Masjidil Haram untuk menaranya, dan interior serta eksteriornya meniru Masjid Nabawi . 


Tiga konsep Masjid yang memang sudah menjadi ikon umat Islam.


Tapi... "Unsur Sunda tetap ada dengan ukiran kayu jati bermotif Padjajaran khas Jawa Barat," pungkasnya.


Lainnya:

Menikmati Matahari Terbenam di Heha Sky View




Silakan Klik:

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda



Share this article :

Posting Komentar