Kamis, 24 Juni 2021

Home » » UMROH Esensi Thawaf dan Sai

UMROH Esensi Thawaf dan Sai

Jamaah Umroh Tarekat Idrisiyyah 2018
Salah satu ibadah yang harus dijalankan oleh murid-murid Tarekat Idrisiyyah adalah Umroh (Haji) minimal sekali dalam hidupnya. Harus disini tentu bagi mereka yang diberi kemampuan hendaknya murid berlomba-lomba untuk menunaikannya. Dalam hal ini pihak pengurus Tarekat Idrisiyyah memfasilitasi dengan Biro Haji dan Umroh Travel Idrisiyyah

Mafaza-Online | Haji dan Umroh adalah ibadah yang membutuhkan kesiapan, Jasmani, Ruhani, Ilmu dan tentu saja kelengkapan peralatan lainnya seperti administrasi dan transportasi. Ibarat perjalanan hidup manusia iru sendiri dan juga perputaran semesta.  

Thawaf

Esensi Thawaf adalah icon ibadah mahdhah, karena mengelilingi Rumah Allah. Secara hakikat mendekat kepada Allah secara langsung. Maksudnya tidak memerlukan sarana. 

Sai

Sedangkan Sai merupakan icon ibadah ghayr mahdhah atau hablum minannas. Hal tersebut terlihat dari kronologis asal muasal peristiwa Sai tersebut. Saa (سعى) artinya usaha. Sedangkan thawafa (طوف) asal katanya berputar. 



Untuk thawaf harus berwudhu, karena berhadapan langsung (vertikal) kepada Allah SWT. Sedangkan dalam pelaksanaan sai tidak disyaratkan berwudhu karena mengandung situasi darurat (berusaha).

Boleh juga dikatakan thawaf, sebagai maskot hablum minallah, sedangkan sai adalah lambang hablum minannaas. Dengan demikian jika keduanya terpadu jadilah muslim kaffah (sempurna).

Channel Telegram @MK_IDRISIYYAH | Muslimonitor





Silakan Klik

JAYANING Jahe Wangi Super 

DUA VARIAN RASA Gula Aren dan Kayu Secang

Share this article :

Posting Komentar