Selasa, 02 Juni 2020

Home » » RS Lapangan BSMI untuk Covid-19 Mulai Beroperasi

RS Lapangan BSMI untuk Covid-19 Mulai Beroperasi

Semua kegiatan sebagai respons aksi kemanusiaan Covid-19 oleh BSMI akan berpusat di RS Lapangan

RS Lapangan BSMI untuk Covid-19
    FOTO: BSMI

MafazaOnline | RS Lapangan BSMI untuk Covid-19 mulai beroperasi sejak Rabu (6/5/2020) di halaman RSU Al Fauzan, Jakarta Timur. 

Direktur RS Lapangan BSMI dr. Jupriah, M. Biomed mengatakan pada tahap awal RS Lapangan BSMI melayani Rapid Test Covid-19 dan layanan ambulans bertekanan negatif untuk penanganan Covid-19.

Jupriah menyebut RS Lapangan BSMI sudah melakukan rapid test kepada delapan orang pekerja yang menuntaskan modifikasi ambulans bertekanan negatif.

"RS Lapangan BSMI sudah dilengkapi Ozone Chamber, laboratorium Rapid Test, ambulans bertekanan negatif, dan tim disinfektan. RS Lapangan sudah melakukan rapid test untuk Covid-19. Kita memberlakukan protokol Covid-19 di RS Lapangan ini dengan tenaga medis hingga administrasi menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap," papar Jupriah dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (7/5/2020).


Silakan Klik:



Jupriah mengatakan, RS Lapangan berfungsi sebagai pendeteksi awal Covid-19 dengan metode Rapid Test. Pemeriksaan rapid test bila didapatkan positif maka akan dilanjutkan dengan perujukan guna pemeriksaan swab test untuk diagnosa pasti.

"Ambulan tekanan negatif digunakan untuk merujuk pasien PDP maupun terkonfirmasi menuju RS rujukan Covid-19," terang Jupriah.

Ketua BSMI DKI Jakarta ini juga mengungkapkan RS Lapangan BSMI akan segera dilengkapi layanan psikososial bagi masyarakat dan aktivitas respons BSMI dalam menghadapi bencana COVID-19.

"Banyak masyarakat yang secara psikis juga terdampak pandemi ini. Kita siapkan layanan psikososial gabungan tim BSMI dari seluruh Indonesia yang sudah berpengalaman turun ke daerah-daerah bencana," papar Jupriah.

Ketua Satgas Covid-19 BSMI Muhammad Rudi menyebut, semua kegiatan sebagai respons aksi kemanusiaan Covid-19 oleh BSMI akan berpusat di RS Lapangan.

"Kita sudah berpengalaman menjalankan RS Lapangan di daerah bencana. RS Lapangan juga menjadi pusat respons BSMI dalam menghadapi pandemi Covid-19," ungkap Rudi.

Silakan Klik
DUA VARIAN RASA Gula Aren dan Kayu Secang

Aktivis Kemanusiaan Palestina Abdillah Onim berkesempatan mengunjungi RS Lapangan BSMI saat mulai beroperasi. Onim mendukung setiap gerakan kemanusiaan untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

"BSMI sudah berjibaku dalam berbagai aksi kemanusiaan baik di dalam negeri maupun luar negeri termasuk Palestina. 


Semoga hadirnya RS Lapangan untuk Covid-19 bisa membantu menyediakan layanan kesehatan terkait penanganan Covid-19," ungkap Onim.

Silakan Klik
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar