Rabu, 18 Maret 2020

Home » , » RUTIN GELAR JUMSIH Komunitas Raksa Lembur Aktif Jaga Kebersihan Lingkungan

RUTIN GELAR JUMSIH Komunitas Raksa Lembur Aktif Jaga Kebersihan Lingkungan

Jumsih sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Komunitas Raksa Lembur 

Lewat Jumsih edukasi warga, agar cinta lingkungan | Blade

Mafaza-Online | Komunitas Raksa Lembur rutin menggelar Jumat Bersih (Jumsih), kali ini bakti sosial itu dilaksanakan di Kp Pasiripis Desa Jayartu Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua RT 001 Kp Pasiripis Omay Rosadi mengatakan, Jumsih ini untuk menumbuhkan rasa memiliki lingkungan dikalangan masyarakat serta pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan.

“Lewat program Jumsih ini diharapkan seluruh masyarakat khususnya di Kampung Pasiripis bisa jadi kampung percontoan supaya teradopsi ke kampung lainya supaya melakukan program yang sama,” ucapnya, Jumat (13/09/2019).

Terang Omay, lewat program Jumsih ini juga supaya masyarakat bisa lebih mencintai lingkungannya, terutama menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

“Buat anggota DPRD Kab Tasikmalaya, jangan hanya duduk manis sambil ngopi saja, tapi cari solusi supaya sampah bekas kopi itu bukan jadi masalah tapi jadi berkah dan apalagi  bisa memfasilitasi alat pembakaran sampah (incinerator),” tegasnya.

“Melalui program ini, diharapkan dapat membangun program bank sampah serta kemandirian dan tanggung jawab tentang pentingnya hidup bersih dan sehat,” sambung Omay.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan hidup (LH) Nata Janeta, SH ingin kegiatan jumsih tidak hanya dilakukan pada hari Jumat saja.

Sebab terangnya, upaya membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan harus dilakukan setiap hari agar terwujud gerakan hidup yang dimulai dari lingkungan sekitar selama tujuh hari dalam satu pekan.

“Dimulai dari hari Jumat, nantinya masyarakat dapat melakukan hal ini setiap hari sehingga lingkungan dapat bersih dan terjaga dengan baik,” pungkasnya. 

Gaung program kerja komunitas Raksa Lembur sampai juga ke telinga aktivis lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang kebetulan sebagai Direktur BMT Al-Idrisiyah Kecamatan Cisayong Aka Bonanza. 

Aka mengaku mendukung gerakan Raksa Lembur karena banyaknya persamaan, terutama pada bidang pemberdayaan masyarakat. BMT Idrisiyyah dengan semangat pemberdayaan dan konsep pendampingannya sejalan dengan Raksa Lembur. 

"Kami disatukan oleh satu misi, memberdayakan masyarakat khususnya terkait lingkungan," pungkas Aka.




Silakan Klik:
Share this article :

Posting Komentar