Kamis, 29 Agustus 2019

Home » » Pemerintah Harus Transparan Soal Papua

Pemerintah Harus Transparan Soal Papua

  • Relawan FOTOPKS




Sekretaris Fraksi PKS, H. Sukamta, PhD

Pemindahan Ibukota itu penting, tapi persoalan Papua lebih penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Jangan sampai perhatian kita teralihkan oleh hal-hal yang tidak begitu mendesak


Mafaza-Online | Terjadi berbagai aksi mahasiswa Papua di beberapa Kota Besar. Penolakan rombongan Gubernur Papua dan Jatim oleh Mahasiswa di Asrama Papua pada Rabu 28 Agustus 2019. Masih dimatikannya jaringan internet di Papua hingga saat ini menurut Anggota Komisi 1 DPR RI Sukamta mengindikasikan persoalan Papua telah sampai pada level yang sangat serius.

"Saya kira persoalannya sangat serius, hanya saja kita masih cukup gelap atas apa yang terjadi sesungguhnya mengapa sampai berlarut-larut
," jelas Sukamta melalui telepon seluler, Kamis (29/8). 

Sukamta berharap, Pemerintah lebih transparan tentang persoalan Papua, karena setelah berjalan dua pekan belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Apalagi sudah jatuh korban dari anggota TNI dan Polri. 

"Saya kira pemerintah perlu mengubah pendekatan yang terlalu lunak menjadi lebih tegas, khususnya terhadap perilaku terorisme bersenjata," katanya.

Sementara untuk demonstrasi-demonstrasi tetap harus diberi ruang
   











Lebih lanjut Sekretaris Fraksi PKS ini meminta Pemerintah untuk menghentikan sejenak isu Pemindahan Ibukota dan fokus menyelesaikan terlebih dulu persoalan Papua.

"Pemindahan Ibukota itu penting, tapi persoalan Papua lebih penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Jangan sampai perhatian kita teralihkan oleh hal-hal yang tidak begitu mendesak," imbuh Sukamta.

Menurut Sukamta, pemerintah perlu segera membuat langkah yang lebih substantif dan cermat untuk selesaikan Papua. Dari laporan beberapa riset di Papua, persepsi sebagian besar responden Warga Papua mmerasa mendapat perlakuan tidak adil dan juga merasa dipinggirkan akibat hadirnya pendatang.

"Padahal Pak Presiden sudah 13 kali mengunjungi Papua dan pemerintah mengklaim membangun banyak infrastruktur di Papua. Oleh sebab itu perlu segera dirumuskan oleh pemerintah baik agenda jangka pendek untuk mengembalikan suasana yang kondusif dan agenda jangka panjang untuk mengatasi persoalan mendasar yang dirasakan warga Papua," jelas Anggota DPR RI asal Yogyakarta ini.

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Pemerintah Harus Transparan Soal Papua . All Rights Reserved