Kamis, 15 November 2018

Home » » SDIT Idrisiyyah Gelar Field Trip Tematik

SDIT Idrisiyyah Gelar Field Trip Tematik


SDIT Idrisiyyah Gelar Field Trip Tematik
  
Field Trip SDIT Idrisiyyah | FOTO: idrisiyyah

Mafaza-Online | Siswa-siswi kelas 4 SDIT Idrisiyyah, Cidahu melaksanakan kegiatan Field Trip ke Unit Usaha Tarekat Idrisiyyah, Batugulung, Rabu (07/11). sedangkan kelas 1 SDIT Al-Fattah melaksanakan Field Trip ke Toko Buku Gramedia, Plaza Asia, Tasikmalaya, Kamis (01/11).

Menurut Kepala Bagian Pendidikan Dasar, Ustadz Deden Hidayatullah, S.Pd.I, Program pembelajaran Outdoor Learning kali ini mengambil konsep Field Trip Tematik, Field Trip digelar berdasarkan tema pelajaran yang sedang berlangsung di kelas masing-masing.

"Kami pilih Toko Buku Gramedia, karena di lokasi terdapat ragam jenis buku, anak-anak dipandu para karyawan Gramedia, memilih buku-buku yang sesuai dengan tema pembelajaran," jelasnya.

Sementara itu, kelas 4 SDIT Idrisiyyah Cidahu melaksanakan wisata Botani ke salah satu Unit Usaha Tarekat Idrisiyyah di Batugulung berupa Perkebunan dan Perikanan. 

Kegiatan di awali dengan arahan dari Kepala Sekolah SDIT Idrisiyyah, Cidahu Ustadz Deden Hidayatullah, S.Pd.I dan Wali Kelas Ustadzah Ima Muslimah, S.Pd kemudian sesi pertama anak-anak diberikan tugas untuk melakukan Wawancara kepada para Petani sesuai dengan Format Isian yang sudah disediakan.

Siswa diajari mencangkul, menanam hingga memanen. Mereka juga berkesempatan memberi makan ikan di Kolam. 

Kunjungan ini berhubungan dengan pelajaran tentang tumbuhan, hewan serta alam yang saat ini sedang dipelajari di Kelas 4. Peserta didik dibagi menjadi 6 Kelompok dan diberikan lembar tugas hasil wawancara dan observasi sebagai salah satu bahan penilaian.

"Tujuan utama Field Trip atau wisata edukasi adalah memberikan pengalaman belajar nyata kepada anak-anak. Karena itulah, field trip dirancang agar berkaitan dengan kurikulum atau kegiatan belajar anak di kelas," pungkas Ustadz Deden.



Share this article :

Posting Komentar