Rabu, 19 Juli 2017

Home » » DA'WAH yang #MNCRGKNSKL

DA'WAH yang #MNCRGKNSKL

DA'WAH yang #MNCRGKNSKL
@salimafillah
Mafaza-Online | Tingkatan manusia, dalam kedekatannya dengan nilai agama konon seperti Piramida. Yang paling cinta ada di puncak, kecil dan sedikit. Kian ke bawah melebarlah ia, karena di muka bumi makin banyak orang yang belum merasakan nikmatnya berkeshalihan.

Sayangnya, jumlah da'i yang bergiat di masing-masing lapisan itu, justru seperti piramida terbalik.

Ada berjubel Ustadz yang membina masyarakat tingkat teratas; yang telah berkomitmen kuat pada agama, semangat mengaji menuntut ilmu, dan tertata 'amalan-'amalannya. Sementara kian ke bawah, di kalangan yang pemahaman diin-nya kian cupet, kewajiban kehambaan terasa sebagai beban, sementara mengaji sungguh terasa tak asyik; makin sedikit da'i yang bersedia bertungkuslumus mengenalkan indahnya bermesra dengan Allah dan RasulNya.

Ini sungguh persyoalannn.

Ust. @hanan_attaki bersama @pemuda_hijrah telah mengajari kami betapa #mncrgknskl kerja-kerja dakwah yang harus ditekuni di 'Middle Earth'; kawasan di mana para muda kehilangan orientasi hidup dan terus mempertanyakan apa guna iman di zaman digital.

Maka "banyak main, banyak manfaat, banyak pahala, sedikit dosa", adalah terjemah asyik berkeislaman bagi komunitas itu. Di tingkat teratas, kata Kang @inong_00, orang masuk angin bisa langsung menerima minyak kayu putih, seperti apapun wujudnya. Di tengah ini, ia harus diubah jadi freshcare yang nggak berbau 'kakek-nenek', tampilan cantik, warna menarik, & bintang iklannya memancarkan pesona.

Kini, di tengah kian maraknya inisiatif dakwah dari berbagai komunitas -dari yang bernama hijrah-hijrah sampai hijabers-, dakwah kian horizontal. Ia tak lagi bertumpu pada figur da'i kondang atau bahkan struktur Ormas. Teknologi informasi dan media sosial turut mengubah lanskap dakwah.

Tapi dakwah harus tetap dipimpin 'Ulama, tegas Ust. @hanan_attaki.

Ah, sepertinya dalam waktu dekat, para da'i yang asyik, kreatif, dan #mncrgknskl dari berbagai lapisan perlu ngumpul bareng untuk menyimak taujih para 'Ulama Sejati; lalu merumuskan Garis-Garis Besar Haluan Dakwah untuk tiap tingkatan.

Dan penting diingat; kita semua adalah da'i. Jika kita merasa segala di sekitar gelap pekat, curigalah bahwa diri kita penyebabnya, atau curigalah bahwa kita yang dikirim Allah tuk jadi cahaya bagi mereka. Karena kita ini memang #mncrgknskl.
_______
Follow @mncrgkn.skl di INSTAGRAM tuk selalu mengingatkan bahwa kita adalah da'i.


Artikel Sebelumnya:

Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar