Sabtu, 13 Mei 2017

Home » » KETUA KOMISI 1 DPR RI : Hormati Keputusan Hakim, Asing Jangan Merusak Tatanan Hukum Indonesia

KETUA KOMISI 1 DPR RI : Hormati Keputusan Hakim, Asing Jangan Merusak Tatanan Hukum Indonesia

Kalau memang ada keberatan atau ketidakpusan atas sebuah keputusan, maka dibuka ruang dan mekanisme untuk menempuh jalur hukum berikutnya

  
Ketua Komisi 1 DPR RI,  DR H Abdul Kharis Almasyhari
Mafaza
-Online |
Ketua Komisi 1 DPR RI,  DR H Abdul Kharis Almasyhari meminta semua pihak terutama upaya segelintir orang yang mencoba menginternasionalisasi masalah Hukum yang sudah ditetapkan PN Jakarta Utara terkait keputusan Hukum atas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk berfikir ulang dan junjung tinggi serta hormati proses hukum yang sudah ada.

"Indonesia memiliki kedaulatan hukum dan bersifat independent, sehingga keputusannya tidak bisa di intervensi. Kalau memang ada keberatan atau ketidakpusan atas sebuah keputusan, maka dibuka ruang dan mekanisme untuk menempuh jalur hukum berikutnya. Dan itu diatur di dalam undang-undang," tegasnya.

Legislator asal Solo Ini menambahkan, hakim telah memutuskan berdasarkan asas praduga tak bersalah dan pertimbangan yang memperhatikan semua pihak. persidangan yang dilakukan secara marathon sebanyak 21 kali dengan menghadirkan puluhan saksi dan saksi ahli, baik dari pihak jaksa maupun terdakwa membuktikan profesionalisme dan kesungguhan penegakan hukum yang berkeadilan dan imparsial.

"Sudah sepantasnya lembaga internasional maupun Pemerintah dan parlemen negara lain menghormati keputusan hakim yang Ada di Indonesia. Proses Hukum sudah berjalan dengan semestinya dan mekanisme persidangan dilakukan secara transparan dan berasaskan Keadilan," ujarnya di Jakarta, sebelum berangkat ke Suriname dalam rangka Kunjungan Kerja Komisi 1 DPR RI.

Kasus ini memang banyak mendapatkan sorotan internasional, karena dalam perjalanannya terjadi beragam peristiwa yang melatarbelakangi. Namun perlu dicatat, bahwa keputusan telah dibuat. Karenanya semua harus menghormati karena proses keputusannya telah menempuh  jalur hukum yang tersedia.

"Asing jangan merusak tatanan hukum Indonesia, hormatilah, hargailah kami sebagai negara sahabat, Lembaga internasional seperti Kantor Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Asia Tenggara PBB (OHCHR), Amnesti Internasional, Uni Europa,  parlemen Belanda dan lainnya sudah sepantasnya menghargai keputusan hakim terkait penistaan agama. Karena itu bagian dari undang-undang yang berlaku di Indonesia," katanya.


"Itu harus dihormati, jangan kemudian mendesak penghapusan pasal itu. Itu namanya campur tangan  merusak tatanan hukum  sebuah negara yang tidak boleh dilakukan," ucapnya.

Sebagaimana diberitakan oleh media-media internasional, Sejumlah organisasi internasional seperti Dewan HAM PBB untuk Kawasan Asia, Amnesty International dan lainnya menyampaikan pandangan atas vonis dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diputuskan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, pada Selasa (9/5) kemarin.

Lainnya Silakan Klik:
Korban Meninggal Banjir Bandang Magelang Bertambah Jadi 13 Orang

Share this article :

Posting Komentar