Jumat, 12 Agustus 2016

Home » » Pensantren dan Konsep Full Day School

Pensantren dan Konsep Full Day School

 Ini ada tulisan bagua tp siapa yg nulis yak. Kayaknya sih personil guru/ustadz di pesantren. Dapat tulisan ini...bagus banget, masya Allah


  
Mafaza-Online| Tersenyum mendengar perdebatan di media massa terkait Full day school. Beberapa bahkan ramai berkisar di pertanyaan yang agak menggelitik: memang gurunya mau di bayar berapaa?

Lah kalo Full Day and Night School kaya pesantren apalagi ya? Pesantren kan ga ada batas waktunya? 24 jam mendidik. 24 jam mengawasi santri. Siang malam menjalankan program. Ga hanya di kelas. Mandi, makan, tidur semuanya jadi kurikulum.

Lalu, ya itu tadi: emang gurunya dibayar berapaaa?😄

Pertanyaan itu mengungkapkan pemahaman bawah sadar masyarakat yang sangat serius. Kenyataan bahwa pendidikan sudah menjadi komoditas yang bersifat transaksional. Take and give. Murid membayar, guru dibayar.

Hal yang insya Allah tidak didapati di pondok pesantren yang hakiki karena memang tidak memakai sistem transaksional dan ukuran duniawi seperti ini.

Semangat pesantren yang ada hanyalah give, give dan give. Tidak ada take and give.

Wakif ikhlas mewakafkan lahannya. Kyai ikhlas memimpin. Guru ikhlas mendidik. Santri ikhlas dididik. Walisantri ikhlas menyerahkan putra putrinya untuk dididik.

Itulah kenapa beban kerja pendidik di pesantren tidak bisa dihitung pakai matematika dunia. Apalagi jika sampai dihitung perjam pelajaran. Pakai upah lembur pula. Karena niat mereka memang bukan bekerja mencari penghasilan seperti layaknya pegawai di instansi instansi profit maupun publik.

Dalam sistem pesantren, santri hanya membayar apa yang mereka pakai. Makanan, listrik, air dsb. Zelf berdruiping system. Bersama memakai bersama membayar.

Tidak ada rumusan santri membayar guru.

Mendidik santri adalah bentuk perjuangan. Bentuk pengabdian kepada agama dan bangsa.

Lalu bagaimana mereka menghidupi keluarga mereka? Itulah rahasia keberkahan yg dijanjikan Allah SWT kepada siapapun yang mau membantu agama-Nya. In tanshurullaah yanshurukum wa yutsabbit aqdamakum. Burung saja keluar sarang sudah dijanjikan rezekinya oleh Sang Maha Pemberi Rezeki.

Transaksional? Bukan tempatnya di pesantren. Apalagi jika hanya berfikir mengambil apa yang ada di pesantren.

Dari proses pendidikan yang terjaga niat keikhlasannya inilah diharapkan didapatkan keberkahan ilmu dan ridho Ilahi.

Wallahu a'lam

#AyoMondok

Sumber:
Grup WA Ponpes Husnul Khotimah, Kuningan - Jawa Barat

Silakan Klik:


Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Pensantren dan Konsep Full Day School . All Rights Reserved