Sabtu, 19 Maret 2016

Home » » Relawan Ini Dipecat Setelah Minta Atlet Muslim AS Lepas Jilbab

Relawan Ini Dipecat Setelah Minta Atlet Muslim AS Lepas Jilbab

 
AP/Craig Lassig

Mafaza-Online.Com
| TEXAS -
Seorang relawan Festival South by Southwest dipecat oleh pihak penyelenggara kegiatan karena meminta seorang atlet anggar Amerika Serikat beragama Islam membuka jilbab untuk tujuan identifikasi.

Petugas pendaftaran South by Southwest, Amin Simms, dalam satu pernyataan, mengatakan perbuatan yang meminta Ibtihaj Muhammad menanggalkan jilbab di Festival Austin, Sabtu lalu, adalah permintaan yang tidak sensitif dan melanggar kebijakan.

Simms menambahkan, penyelenggara meminta maaf kepada Ibtihaj dan mereka malu dengan peristiwa itu.

South by Southwest adalah sebuah festival film, media interaktif, dan musik besar-besaran. Sebelumnya, Ibtihaj mengirim cuitan yang menyatakan petugas bagian pendaftaran di festival itu memintanya menanggalkan jilbab sebelum mengambil gambar untuk lencana, walau sudah dijelaskan ia memakainya atas alasan agama.

Peraturan paspor Amerika mengizinkan mengenakan jilbab dalam foto pengenalan diri ketika pemakainya menyediakan surat yang menyatakan jilbab dipakai atas alasan agama.
Dalam akun Twitter pada Sabtu lalu, Ibtihaj mencuit: "Diminta untuk menanggalkan jilbab bukan suatu yang luar biasa bagi saya ... Apakah saya berharap akan berubah? Ya, setiap hari."

Seperti yang dilansir The National pada 14 Maret 2016, Ibtihaj, yang akan mewakili Amerika ke Olimpiade di Rio de Janeiro musim panas ini, gagal dihubungi untuk berkomentar.

Ibtihaj (30) adalah seorang juara anggar nasional. Dia menggeluti olahraga tersebut sejak usia 13 tahun. Ibtihaj memilih cabang anggar karena seluruh tubuhnya bisa tertutup pelindung dan masker.

YON DEMA | THE NATIONAL | AL ARABIYAH |TEMPO.CO

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

 


Share this article :

Poskan Komentar