Selasa, 08 September 2015

Home » » TNI Tak Netral Terancam Sanksi

TNI Tak Netral Terancam Sanksi

 Ketidaknetralan TNI akan menciderai institusi TNI itu sendiri
 
 
 FOTO: Magelang Ekspres
Mafaza-Online.Com | MAGELANG – Pangdam Kodam IV/Diponegoro Mayjend TNI Jaswandi menekankan kepada anggota TNI agar menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Kenetralan TNI sudah terbukti dalam beberapa pelaksanaa Pemilu di tahun 2014, yang mampu dengan baik mengawal kesuksesan Pileg dan Pilpres. Prestasi tersebut wajib dipertahankan, khususnya untuk mendukung pelaksanaan Pilkada di beberapa daerah di Jawa Tengah termasuk Kota Magelang sendiri,” ungkap Jaswandi saat melakukan kunjungan kerja di Kodim 0705/Magelang Jumat (4/9).

Jaswandi menegaskan bila terdapat anggota TNI yang tidak netral dalam pelaksanaan pemilu maka akan diambil sanksi tegas, yang disesuaikan dengan tingkat kesalahannya. Sebab, ketidaknetralan TNI akan menciderai institusi TNI itu sendiri.“Tentunya akan terlihat tingkatan kesalahannya, yang menyebabkan terjadi pelanggaran ketidaknetralan tersebut. Sanksi yang dijatuhkan disesuaikan dengan tingkat kesalahan, yang jelas anggota yang melanggar terkena dengan peraturan,” tegas Jaswandi.

Menurut Jaswandi, kondisi Kota Magelang yang selalu kondusif setiap pelaksanaan pemilu harus dipelihara dan dijaga bersama. TNI sendiri wajib berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya.“Koordinasi sangat diperlukan untuk menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu, seperti koordinasi antara TNI dengan Kepolisian dan dengan pihak terkait lainnya, untuk menjaga Kota Magelang dan sekitarnya tetap kondusif,” tegas Jaswandi.

Dalam kesempatan tesebut Jaswandi juga memberikan motivasi kepada anggota Kodim 0705/Magelang, terkait dengan tingkat kesejahteraan anggota TNI yang semakin membaik, hal tersebut wajib diimbangi dengan pelaksanaan kinerja tugas dan fungsi TNI melayani masyarakat dengan sebaik mungkin.“Baik anggota TNI atau PNS saat ini tingkat kesejahteraan secara ekonomi sudah dicukupi oleh pemerintah.

Anggota TNI cukup melaksanakan tugas pokok dan meningkatkan kinerja, jangan mencari tambahan yang neko-neko, apalagi mencari-cari masalah,” tandasnya.  

Pangdam menambahkan sekarang ini TNI  kerap dilibatkan kerja sama dengan sejumlah kementrian, dalam berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.“Selain berkewajiban menjaga kedaulatan RI, dewasa ini TNI turut dilibatkan pelaksanaan program pemerintah, seperti di bidang pembangunan ataupun ketahanan pangan.

Yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya, karena TNI sendiri merupakan bagian dari pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuh Jaswandi. 

Magelang Ekspress | cha | emy

Share this article :

Poskan Komentar