Rabu, 27 Mei 2015

Home » » Suhu Ekstrem 50 Derajat Celsius Tewaskan 800 Warga India

Suhu Ekstrem 50 Derajat Celsius Tewaskan 800 Warga India

Seorang anak mandi di tengah suhu udara ekstrem yang mencapai 50 derajat Celsius di India sepekan terakhir | FOTO: economictimes.indiatimes.com

suhu udara di New Delhi mencapai 45,5 derajat Celsius atau lima derajat lebih tinggi dibandingkan rata-rata suhu musiman
Silakan klik: Buku: Fiqih Demokrasi
 

Mafaza-Online.Com | NEW DELHI - Sedikitnya 800 orang tewas akibat gelombang panas yang menyapu seluruh India. Suhu udara mencapai hampir 50 derajat Celsius.

Rumah sakit dalam kondisi siaga untuk menangani korban sengatan panas. Otoritas mengimbau warga berada dalam rumah.

Di kawasan paling parah, Andhra Pradesh di selatan, 551 orang tewas dalam sepekan terakhir saat temperatur menembus angka 47 derajat Celsius, Senin (25/5).

"Pemerintah pusat telah menyosialisasikan program melalui televisi agar warga tidak keluar rumah tanpa topi, minum air dan langkah pencegahan lain," ujar komisioner khusus untuk manajemen bencana di India P Tulsi Rani, dikutip dari AFP.

Dia mendesak lembaga swadaya masyarakat dan pemerintah membuka pos yang menyediakan air minum. Tujuannya agar masyarakat bisa menjangkau air minum dimanapun.

Sebagian besar wilayah India, termasuk New Delhi mengalami serangan panas beberapa hari belakangan. Hal ini memicu kekhawatiran padamnya aliran listrik karena penggunakan pendingin udara yang lebih lama.

Senin (25/5), suhu udara di New Delhi mencapai 45,5 derajat Celsius atau lima derajat lebih tinggi dibandingkan rata-rata suhu musiman. Negara bagian Telangana yang berbatasan dengan Andhra Pradesh mengalami suhu 48 derajat Celsius pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID


Silakan klik:
Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah
 


Share this article :

Posting Komentar