Rabu, 13 Mei 2015

Home » » Jurus Praktis Menulis Artikel di Blog

Jurus Praktis Menulis Artikel di Blog

Tentu sebagai pembuka Jurus ini untuk blogger pemula

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

Mafaza-Online.Com | SOSMED -  Menulis artikel postingan blog berbeda dengan menulis untuk media cetak (Majalah/Koran). Berikut ini beberapa jurus pembuka menulis postingan blog. Tentu sebagai pembuka Jurus ini untuk blogger pemula.

Menulis memang mudah tapi jangan asal, supaya tulisanmu tidak jadi sampah. Ala bisa karena biasa. Awalnya menulis itu memang susah, butuh kesabaran. Tapi, karena biasa atau dibiasakan, akhirnya jadi bisa. Kalau kamu biasa menulis di majalah atau Koran tinggal menyesuaikan saja. But, Untuk menulis di Blog, harus ada ketentuan tambahan lho. Karena artikel postingan sebuah blog tidak hanya dibaca manusia. Robot mesin pencari juga akan ikut menjelajahi tulisanmu untuk dibacanya. Robot ini akan memutuskan kan apakah artikel yang telah dicrawl layak atau belum untuk tampil di halaman pertama search engine (mesin pencari).
Jadi selain berusaha memikat pembaca, postingan juga harus bisa ditemukan robot. Agar tulisanmu bisa nangkring di papan atas pencarian.

Lima Langkah dari jurus membuat tulisan di Blog ini bisa memandumu


1.Judul
Judul artikel tidak melebihi dari enam kata. Ini tentu tidak asing lagi, sama dengan ketentuan penulisan berita. Jika lebih, akan membingungkan si Robot. Apalagi jumlah karakter yang banyak dalam satu kata, dikhawatirkan tampilan anchor teks-nya akan terputus.

2.Jelas Keterkaitan Judul dengan Body
Kalau judul diibaratkan kepala, maka Isi artikel adalah body. Usahakan agar ada keterkaitan antara judul postingan dengan isi artikel. Artinya, isi bahasan dalam artikel tidak jauh menyimpang dengan judul, judul mencerminkan isi artikel. Manusia saja akan bingung kalau ada kambing berbadan ikan. Demikian pula dengan si Robot pencari. Kalau judul artikel postingan tidak sesuai dengan isi yang diuraikan, robot google akan malas meng-crawl artikel tersebut. Akibatnya, artikel akan sulit berada pada urutan pertama atau halaman pertama search engine. Terus siapa yang akan membaca tulisan kamu?
 

3. Kata Kunci  yang Tepat
Mengapa Kata kuci (keyword) harus pas? Yah, namanya juga kunci tentu harus pas biar bisa masuk. Konon, keyword berpengaruh terhadap keakraban  robot search engine dalam menjelajahi postingan. Letakan kata kunci utama di awal dan akhir paragraf. Kata kunci dapat ditandai dengan penebalan (bold), pewarnaan kata,  dan pemiringan kata (italic). Tapi, terlalu banyak kata kunci juga kurang baik, terutama pada keindahan tampilan postingan.

4. Panjang Artikel Postingan
Layar Monitor terbatas, tidak seperti mengebet buku. Jadi inilah juga harus dipertimbangkan, selain tidak memusingkan si Robot. Panjang tulisan postingan antara  250 sampai 400 kata saja. Tapi, ini tidak mutlak, apalagi dikaitkan dengan penulisan artikel layananan google adsense. Layanan ini menghendaki artikel yang memadai panjangnya sebagai keseriusan berhubungan dengan produk google ini. Tapi, tujuan jurus pembuka ini bukan kesana. Sebagai pemula, yang penting tulisan dibaca orang. Blog kamu ramai dikunjungi. Karena itu harus akrab dengan mesin pencarian google.

5. Penempatan Anchor TextAnchor text merupakan link penghubung antara artikel yang dibaca dengan artikel lain yang dianggap berkaitan. Selain memudahkan pembaca, tampilan di layar pun kelihatan pas. Anchor text akan menambah angka pengunjung. Hal ini akan memancing visitor untuk mengklik Blog kamu lebih dari sekali. Dengan banyak mengklik, maka angka rating blog kamu akan membaik. Jadi, jangan malas untuk membuat Anchor Text.Tapi jangan juga berlebihan. Yang lazim digunakan 1 sampai 3 link penghubung.

Ingat ya, ini hanya Jurus Pembuka alias tips menulis artikel postingan blog untuk penulis pemula. Tentu kami menulisnya dengan cara dan pengalaman kami sendiri. setiap blogger punya cara tersendiri dalam menulis artikel postingan blog. Kalian punya cara lain, silakan bagikan tipsnya.
 
Imung Gumelar


Silakan klik:
Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah
Share this article :

Poskan Komentar