Kamis, 02 Oktober 2014

Home » » 8 Cara Facebook Dapat Merusak Rumah Tangga Anda

8 Cara Facebook Dapat Merusak Rumah Tangga Anda

Menurut laporan New York Daily News sepertiga dari perceraian yang diajukan pada tahun 2011 menyebutkan Facebook sebagai alasan perceraian mereka




   
Mafaza-Online.Com | KELUARGA - Dulu Facebook adalah tempat untuk mengutarakan bagaimana perasaan Anda hari itu dan apa yang Anda lakukan di hari Sabtu.

Sekarang media ini telah menyita begitu banyak waktu orang dan dapat memberi pengaruh buruk bagi kehidupan rumah tangga.

Menurut penelitian yang dikutip Christian Post, ada kaitan antara Facebook dan meningkatnya perceraian. Dengan makin banyaknya peserta Facebook, makin banyak pula perceraian menurut penelitian tadi. Ini tidak mengherankan, karena menurut laporan New York Daily News sepertiga dari perceraian yang diajukan pada tahun 2011 menyebutkan Facebook sebagai alasan perceraian mereka.

Tetapi kisah ini masih ada buntutnya. Juli lalu Eliana Dockterman menulis di majalah Time bahwa studi yang mengaitkan Facebook dengan perceraian lupa mempertimbangkan bahwa para pengguna baru Facebook bukanlah orang-orang yang mengajukan perceraian itu dan jaringan media sosial ini belum tentu merupakan biang keladi meningkatnya perceraian.

Namun, Facebook memang dapat mengakibatkan perceraian. Di bawah ini ada delapan dan setengah hal yang Anda lakukan di Facebook yang memungkinkan rusaknya rumah tangga Anda.

SATU. Anda membaca Facebook di ponsel Anda, bukannya berbicara dengan teman hidup Anda

Menurut Daily Mail, orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponselnya daripada dengan teman hidupnya. Orang cenderung memakai smartphone selama 119 menit sehari, dan cuma melewatkan 97 menit bersama orang yang dikasihinya.

DUA. Anda lebih peduli tentang apa yang ditulis orang daripada apa yang dilakukan teman hidup Anda

Ada yang menyebut hal ini "dampak Instagram": Anda lebih peduli tentang apa yang ditulis teman atau kerabat Anda di Facebook ketimbang apa yang diperbuat teman hidup Anda di depan mata Anda. Instagram mempunyai sekitar 150 juta pengikut (yang sebagian besar juga menulis di Facebook), jadi orang lebih suka mencari sesuatu yang mencekam minatnya untuk mengalihkan perhatiannya dari teman hidupnya.

TIGA. Anda tidak suka kepada status teman hidup Anda

Hal ini mungkin kelihatannya sederhana tetapi sebetulnya penting. Banyak penulis blog dan situs kencan menyebutkan tentang dampak dari menyukai status seseorang, karena di balik hal ini ada simpati dari orang yang menyukai terhadap orang yang menulis. Dengan tidak memberikan acungan jempol kepada orang yang Anda cintai, ada kesan buruk bahwa Anda tidak mempedulikan dia.

EMPAT. Anda terlalu menyukai status seseorang

Menurut data dari Facebook, hubungan antara calon pacar sangat seru dengan meningkatnya berbagi foto dan acungan jempol dalam 100 hari sebelum pacaran dimulai. Dengan terlalu banyak menyukai foto dan tulisan seseorang Anda mungkin memberi kesan yang keliru bahwa Anda belum terikat atau Anda ingin memutuskan ikatan itu.

LIMA. Hati-hati dengan beberapa dari teman-teman di Facebook

Tidak diragukan lagi bahwa Anda dan teman hidup Anda mungkin mempunyai teman yang sama. Hati-hati dengan teman itu karena dapat menyebabkan perselisihan. Menurut Pew Research Center, setengah dari pengguna Facebook mempunyai 200 teman, jadi antara pasangan tentu mempunyai teman yang sama. Semoga di antara 200 orang itu tidak ada yang memberi komentar menyakitkan terhadap tulisan pasangan Anda. Ini dapat berdampak buruk bagi rumah tangga dan lingkungan teman-teman Anda pula.

ENAM. Anda berhenti main Facebook namun tetap bertanya tentang itu

Menurut penelitian yang dikutip Daily Mail, makin banyak orang berhenti berkecimpung di media sosial karena kuatir dengan pembeberan data pribadinya dan takut ketagihan. Tetapi sesudah berhenti Anda mulai bertanya kepada teman hidup Anda tentang hal itu —dengan siapa dia berhubungan, apa yang dia tulis dan apa yang dia lihat di situs itu, misalnya— dan ini bisa menjurus ke perselisihan serta berkurangnya kepercayaan.

TUJUH. Anda tidak memperhatikan penerapan privasi Anda

Pernikahan selayaknya mencakup kepercayaan dan keterbukaan. Tetapi Facebook menciptakan kemungkinan untuk membeberkan diri Anda kepada dunia luar. NBC News menyinggung bahwa pembeberan diri adalah persoalan utama para pemakai Facebook, karena mereka membuka diri untuk dinilai dan dihakimi oleh teman maupun publik. Percakapan yang seharusnya terjadi antara suami dan istri dibeberkan untuk umum. Misalnya, seseorang menulis kepada Deseret News National_ bahwa istrinya dan anak istrinya menulis di Facebook tentang hal-hal yang belum diceritakan kepadanya. Facebook juga dapat menyebabkan orang-orang mengetahui sesuatu tentang Anda sebelum pasangan Anda mengetahuinya, ini pertanda kurangnya kepercayaan di antara Anda berdua.

DELAPAN. Foto Anda tidak menarik

Foto profil Anda berbicara banyak tentang Anda. Menurut The Atlantic apa yang membuat foto Anda menarik adalah banyaknya acungan jempol dan komentar yang Anda dapat. Jika Anda memasang foto yang tidak menarik —seperti foto yang tidak disukai seorang pun— pasangan Anda mungkin akan mendesak Anda untuk mengganti foto itu.

… Ada masalah lain?

Tentu saja Facebook mempunyai banyak masalah lain karena beraneka ragam penggunanya berinteraksi dengan begitu banyak orang. Yang disebutkan di atas hanyalah sebagian saja dari berbagai masalah yang dapat timbul.

Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "8 Ways Facebook Could Destroy Your Marriage" karya Herb Scribner.

KELUARGA.COM


Silakan klik: Buku: Fiqih Demokrasi
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: 8 Cara Facebook Dapat Merusak Rumah Tangga Anda . All Rights Reserved