Sabtu, 10 Mei 2014

Home » » Ternyata Ikan Bandeng Kandungan Omeganya Lebih Tinggi dari Ikan Salmon

Ternyata Ikan Bandeng Kandungan Omeganya Lebih Tinggi dari Ikan Salmon

Kandungan omega 3 dan 6 ikan bandeng (Milkfish) 6 kali lebih tinggi dibanding Ikan salmon
 
Mafaza-Online.Com | IPTEK - Dear Readers... Sudah beberapa bulan terakhir saya mendapatkan informasi mencengangkan : Kandungan omega 3 dan 6 ikan bandeng (Milkfish) katanya 6 kali lebih tinggi dibanding Ikan salmon !!

Sebagai orang Indonesia, yang memang penghasil milkfish terbesar di dunia, juga eksport bandeng terbesar di dunia, pastinya saya merasa senang. Bandingkan dengan ikan premium macam salmon, ternyata katanya sekali lagi bandeng 6 kali lebih tinggi kandungan Omega 3 dan 6 -nya. Otomatis lebih mudah dan murah mendapatkan asupan Omega 3 yang penting bagi perkembangan otak dan regenerasi sel darah, juga Omega 6 untuk mencegah pengentalan darah, kolesterol dan asam urat, hanya melalui ikan bandeng yang punya harga beli cuman seper sepuluh dari ikan Salmon.

Walau berasa sangat ingin menelan mentah mentah informasi ini, sebagai orang yang selalu percaya berdasarkan fakta, saya mencoba melakukan sedikit digital-forensic hehehe based on Om Google, untuk memperkuat informasi ini.

Btw, sebelum lanjut ini beberapa link yang meng-klaim bandeng lebih baik dari salmon :


1.  http://www.thecrowdvoice.com/post/fakta-ikan-bandeng-vs-ikan-salmon-3414014.html
2.  https://www.facebook.com/SeputarWanitaDanKesehatan/posts/354006531396896
3.  http://www.bubblews.com/news/727592-milkfish-milkfish-tasty-and-healthy

 
Dua teratas di tulis dan di perbanyak oleh orang Indonesia, dan yang dibawah oleh orang Philiphina. Indonesia dan Philipina adalah negara dengan pendapatan terbanyak melalui eksport Bandeng (milkfish).

Kemudian, logika berdasarkan informasi diatas, pastinya kalau mengandung Omega 3 dan 6 tinggi otomatis, Bandeng pasti sama sehatnya dengan Salmon. Dalam artian lemak jahat dan kolesterolnya rendah, lah wong bisa digunakan sebagai nutrisi pencegah kolesterol..

So, ini fakta yang saya dapatkan berdasarkan info diatas , link berikut sudah proven, dan profesional memang meneliti, data protein dan nutrisi yang terkandung dalam makanan dan bahan makanan.

Silahkan di baca :



1. http://skipthepie.org/finfish-and-shellfish-products/fish-salmon-chinook-raw/compared-to/fish-milkfish-raw/
2. http://nutritiondata.self.com/facts/finfish-and-shellfish-products/4079/2
3. http://www.planetpace.com/food/nutrition-chart.php?cg=fish&foods=3acd


Tambahan lagi. Di site wikipedia yang khusus membahas minyak ikan sebagai nutrisi tambahan kesehatan melawan penyakit dalam darah seperti kolesterol stroke dkk, juga tidak terdapat ikan bandeng.
Baca disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/Fish_oil .



Kalau sudah Anda baca teliti dan perhatikan, ada kesamaan antara 3 artikel diatas yaitu :

1. Bandeng /Milkfish tidak mengandung Omega 3 (EPA,DHA,ALA) maupun Omega 6 :(
2. Bandeng termasuk ikan dengan kadar kolesterol tertinggi !

Wallahualam ..
Tiga link diatas memang memberikan data akurat, tapi pasti akan menimbulkan polemik bahwa Salmon adalah ikan pencitraan, akan tetapi bagi saya, sekalipun Bandeng adalah produk dalam negeri, sebaiknya sebelum memberikan klaim, mesti dilakukan penelitian yang benar seperti data yang di berikan 3 situs penelitian tadi, agar masyarakat tidak menelan bulat-bulat informasi yang belum jelas.

Masih berharap bandeng yang 40 ribuan lebih sehat di banding Salmon? Iyalah saya juga hehehe...
Tapi lebih berharap BPPOM atau apalah namanya bisa memberikan data seputar bahan makanan lokal, sehingga kita bisa menggunakan itu sebagai rujukan.

Salam
Razmal Djamal | TEKNOISLAM.Com


Perhimpunan Petani dan Nelayan Sejahtera Indonesia (PPNSI)

Share this article :

Poskan Komentar