Senin, 21 April 2014

Home » » Ratusan Ulama Deklarasikan Aliansi Nasional Anti Syiah

Ratusan Ulama Deklarasikan Aliansi Nasional Anti Syiah

Wadah ini diharapkan bisa membentengi umat dan keluarga-keluarga Muslim di Indonesia dari penyebaran ajaran Syiah


  


KH Athian Ali M. Da’i, MA

Mafaza-Online.Com | BANDUNG - Ahad (20/4), sekitar 180 ulama dari seluruh penjuru Tanah Air bakal berkumpul di Kota Bandung untuk menghadiri Deklarasi Aliansi Nasional Anti-Syiah.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musyawarah Ulama dan Umat Islam Indonesia ke-2 yang digelar oleh Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) di Kota Kembang pada  22 April 2012. Ketua FUUI, KH Athian Ali M. Da’i, MA mengatakan, deklarasi ini diselenggarakan sebagai wadah untuk mengantisipasi penyebaran paham Syiah di Indonesia.


“Gerakan Syiah di negeri ini sekarang semakin masif dan berani menyebarkan paham dan ajaran-ajaran sesat mereka, sehingga memerlukan respons dengan serius,” kata Athian kepada ROL, Sabtu (19/4).

Menurut Athian, respons dari para ulama pun sangat luar biasa. Sampai hari ini, sudah ada 74 ulama dari seluruh Indonesia yang mendaftarkan dirinya sebagai anggota Dewan Syuro Aliansi Nasional Anti-Syiah. Di samping itu, sebanyak 14 orang cendekiawan Muslim dari berbagai perguruan tinggi dan organisasi pun telah bergabung sebagai anggota dewan pakar di aliansi ini.

Athian mengatakan, deklarasi ini nantinya akan diikuti oleh 187 ulama di Tanah Air dengan berbagai latar belakang ormas seperti Persis (Persatuan Islam), DDII (Dewan Dakwa Islam Indonesia), Aswaja, Al Irsyad Al Islamiyah, Muhammadiyah, NU (Nahdlatul Ulama), dan lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri sejumlah akademisi Muslim dan pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia), baik yang ada di pusat maupun daerah.

“Kami berharap, perwakilan-perwakilan aliansi ini ke depannya bisa berkembang ke seluruh penjuru Tanah Air. Mudah-mudahan mereka bisa menjadi semacam posko koordinasi antara ulama dan umat yang ada di daerah-daerah,” ujar Athian.

Dengan begitu, kata Athian lagi, wadah ini diharapkan bisa membentengi umat dan keluarga-keluarga Muslim di Indonesia dari penyebaran ajaran Syiah.

REPUBLIKA ONLINE




Silakan klik:  
 
Share this article :

Poskan Komentar