Jumat, 04 April 2014

Home » » Inilah Khasiat Belimbing Wuluh

Inilah Khasiat Belimbing Wuluh

Mudah didapat, mudah pula mengolahnya, segera buktikan khasiat Belimbing Wuluh


  
Mafaza-Online.Com | HERBAL - Orang mengenal buah ini dari rasa asamnya yang memang tidak tertahankan. Namun, tidak banyak yang tahu khasiat di balik asamnya. Belimbing Wuluh tak sekadar buahnya yang berkhasiat; daun dan bunganya pun bermanfaat.

Dalam buku Tumbuhan Berguna Indonesia, K Heyne menyebutkan cairan dari gerusan daun belimbing wuluh berkhasiat meredakan demam, baik untuk mengkompres maupun diminum. Jika direbus, bisa mempercepat pemulihan radang usus.

Bunga yang dikukus berkhasiat meredakan batuk atau sariawan. Bagaimana dengan buah? Buah tua bisa meredakan sakit gigi atau gusi bengkak. Kegunaan lain, untuk mencuci pakaian, sampai membersihkan noda di kaca bahkan permukaan keramik.

Hmm...banyak ya manfaatnya buah ini. Tambahan lagi, mudah ditanam dan mudah pula mendapatkannya. Meski kehadirannya sering tersia-siakan.

Belimbing wuluh atau sering juga disebut belimbing sayur adalah sejenis pohon berukuran kecil yang berasal dari Kepulauan Maluku dan telah dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di hampir seluruh Indonesia, bahkan negara-negara tetangga seperti Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Sri Lanka. Biasanya tumbuhan ini bisa tumbuh di daerah pekarangan rumah dan bisa senantiasa diambil buahnya. Sering digunakan sebagai bumbu masakan karena rasanya yang asam, kadang dijadikan campuran jamu juga.

Khasiat belimbing wuluh sangat baik untuk kulit wajah dan bahkan berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Itu dikarenakan kandungan yang dimiliki  oleh belimbing wuluh. Apa saja kandungan belimbing wuluh? Antara lain adalah saponin, glukosid, tanin, kalsium oksalat, asam format, sulfur, peroksida, dan kalium sitrat.

Dalam pengobatan China buah ini sering dijadikan bahan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit, peluruh kencing, anti-radang, dan memperbanyak pengeluaran empedu. Namun, sebagai pengingat bagi Anda yang menderita penyakit maag sebaiknya tidak mengonsumsi belimbing wuluh.

Berbagai Khasiat Belimbing Wuluh

Berikut berbagai khasiat belimbing wuluh bagi tubuh dan kesehatan dan cara membuat resep pengobatannya kita yang perlu diketahui:

1.    Sakit Gondongan
Untuk sakit gondongan, kita bisa mengambil setengah genggam daun belimbing wuluh yang kemudian ditumbuk bersama 3 bawang putih. Setelah itu kompres dengan campuran tersebut pada bagian gondongan.

2.    Obat Batuk
Terdapat 2 cara yakni sebagai berikut:
o    Daun, bunga, dan buah belimbing wuluh direbus dalam jumlah yang sama sampai mendidih hingga kira-kira setengah jam. Kemudian air rebusan bisa diminum.
o    Segenggam daun belimbing wuluh, bunga, dan 2 buah belimbing wuluh direbus bersama gula batu dalam 2 gelas air sampai sisa setengah. Kemudian saring ramuan tersebut dan minum sebanyak 2 kali sehari.

3.    Batuk Rejan
10 buah belimbing wuluh cuci bersih, remas bersama 2 sendok air garam. Saring dan minum 2 kali sehari.

4.    Batuk pada Anak
Bunga buah belimbing wuluh segenggam, beberapa butir adas, gula secukupnya yang ditambah denga secangkir air. Campuran tersebut kemudian ditim selama beberapa jam. Kemudian disaring setelah dingin dengan menggunakan kain lalu minum 2 kali sehari ketika perut masih kosong.

5.    Obat Sariawan
10 kuntum bunga buah belimbing wuluh, asam jawa, gula aren, direbus bersama 3 gelas air sampai hanya tersisa 3/4 bagian. Kemudian, saring dan minum 2 kali sehari.

6.    Obat Sakit Gigi
5 buah belimbing wuluh dicuci bersih lalu kunyah begitu saja dengan garam. Silakan ulangi beberapa kali hingga terasa khasiatnya. Pada gigi berlubang pun bisa dilakukan cara yang sama.

7.    Jerawat
Ambil buah belimbing wuluh sesuai keinginan dan tumbuk halus. Kemudian remas bersama garam secukupnya dan gosok pada daerah wajah yang berjerawat.

8.    Panu
Giling 10 buah belimbing wuluh hingga halus. Campurkan kapur sirih dan remas rata. Kemudian oleskan ramuan belimbing wuluh tersebut pada daerah kulit yang berpanu 2 kali sehari.

9.    Tekanan Darah Tinggi
Potong-potong 3 buah belimbing wuluh kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring lalu minum setiap setelah sarapan pagi.

10.    Rheumatik
Ambil segenggam buah belimbing wuluh dan cuci bersih. Tambahkan kapur sirih dan tumbuk hingga halus, kemudian gosokkan pada bagian yang terkena reumatik.

Eh buat Sista yang ingin kelihatan cantik —selain obat jerawat— belimbing sayur juga bisa digunakan untuk pemerah bibir secara alami. Caranya ambil 1 buah belimbing wuluh lalu potong setengahnya. setelah itu gunakan belimbing wuluh tersebut seperti Anda menggunakan lipstik yaitu dengan menggosok-gosokan pada bibir beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

Belimbing sayur mudah mendapatkannya dan gampang tumbuh. Selain itu, tidak sulit membuat ramuan belimbing wuluh. Segera buktikan khasiatnya.

Perhimpunan Petani dan Nelayan Sejahtera Indonesia (PPNSI.org)

Share this article :

Poskan Komentar