Jumat, 07 Maret 2014

Home » » Muslim Afrika Tengah Bangkit, Bentuk Milisi, Kobarkan Perlawanan

Muslim Afrika Tengah Bangkit, Bentuk Milisi, Kobarkan Perlawanan

Pembentukan milisi baru adalah respons alami terhadap kekejaman yang dilakukan oleh milisi Kristen anti-Balaka terhadap Muslim Afrika Tengah

Mafaza-Online.Com|BANGUI - Muslim Republik Afrika Tengah (CAR) bangkit, membentuk sebuah milisi pertahanan baru dan kobarkan perlawanan untuk membela kehormatan umat Islam dari serangan milisi Kristen.

Kurang lebih 5.000 orang bergabung dalam “Organisasi Perlawanan Islam” (ORMC) untuk membela umat Islam dari serangan milisi anti-Balaka, kata mantan menteri pariwisata Abakar Sabone seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (3/3).

Menurut Sabone, milisi baru dibentuk dari sisa-sisa pejuang Seleka yang menggulingkan Presiden Francois Bozize yang beragama Kristen, pada 2013.

Sabone mengatakan pembentukan milisi baru adalah respons alami terhadap kekejaman yang dilakukan oleh milisi Kristen anti-Balaka terhadap Muslim Afrika Tengah.


“Mereka menghancurkan rumah kami dan menjarah properti kami, Mereka mengatakan mereka tidak membutuhkan kami, mereka menuduh kami bukan penduduk CAR. Jadi, Apa yang harus kami lakukan?” kata Sabone.

Menurutnya, ORMC merupakan koalisi dari tiga gerakan, yaitu the Union of Democratic Forces for Unity (Serikat Demokrasi untuk Persatuan) partai mantan presiden Michel Djotodia, Movement of Central African Liberators for Justice (Gerakan Pembebas Afrika Tengah untuk Keadilan), dan Organization of Islamic Youths (Organisasi Pemuda Islam).

Kelompok ini berharap untuk memasuki Bangui, sekaligus menghindari pasukan perdamaian internasional, kata Sabone.

“Kami memiliki angggota 5000 orang dengan perlengkapan yang baik. Untuk memulai perlawanan,” tambahnya.

“Ini adalah pembelaan diri,” tegas Sabone. “Karena setiap gerakan semacam ini, tidak mungkin bisa menahan diri melihat pemandangan di Bangui.”

“Kami tidak berencana untuk menentang pasukan internasional, kecuali mereka melakukan intervensi,” katanya.

“Apakah mereka tidak menyaksikan pembantaian (terhadap Muslim) yang sedang berlangsung di Bangui (tanpa ada yang mencegah)?”

Republik Afrika Tengah jatuh ke dalam kekacauan pada Maret 2013, ketika pejuang Seleka menjatuhkan Bozize yang meraih kekuasaan dalam kudeta 2003. Pejuang Seleka kemudian mengangkat Djotodia, seorang Muslim sebagai presiden interim.

Sejak itu, Kekerasan sektarian pecah antara milisi Kristen anti-Balaka dengan mantan pejuang seleka.

Kekerasan anti-Muslim meningkat sejak Catherine Samba-Panza, seorang Kristen, menduduki kursi presiden interim pada Januari lalu.

Pemeluk Kristen yang merupakan penduduk mayoritas CAR, menuduh Muslim mendukung mantan pejuang seleka yang dituding telah menyerang warga Kristen.

Tentara Prancis dan 6000 tentara penjaga perdamaian Afrika ditempatkan di negara itu.

Muslim CAR telah berulang kali menegaskan bahwa pasukan penjaga perdamaian asing gagal melucuti para teroris Kristen, sehingga dengan bebasnya melakukan pembantaian terhadap minoritas Muslim di negara itu. 


QATHRUNNADA|KIBLAT.NET




Silakan diklik: 


Lokasi Strategis: Pertigaan Secang, Dekat Terminal, Pasar, SDIT Ar Risalah, SD Negeri Secang Masjid Al Amin. Cocok untuk usaha kontrakan. Mobil Bisa Masuk
 

Share this article :

Posting Komentar