Sabtu, 01 Maret 2014

Home » » Mengkudu, Buah yang Berkhasiat

Mengkudu, Buah yang Berkhasiat

Khasiatnya banyak, mudah dibudidayakan, peluang bisnis

Mafaza-Online.Com|HERBAL - Penggunaan mengkudu untuk pengobatan sebenarnya sudah sejak dulu, tapi untuk pengobatan secara modern baru merebak sekitar 10 tahun silam. Terungkap, perusahaan atau industri farmasi banyak menggunakannya untuk bahan baku obat herbal. Namun demikian masih banyak masyarakat yang belum mengetahui buah mengkudu untuk pengobatan. Masyarakat membiarkan buah mengkudunya berjatuhan tanpa diambil faedahnya.

Jus buah mengkudu diketahui mengandung 140 zat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Dari hasil penelitian para ahli pengobatan di luar negeri mempercayai zat-zat dalam buah itu terbukti benar-benar mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal itu sudah dipercaya oleh para ahli tersebut sejak dulu.

Secara ilmiah diketahui minuman buah ini merangsang tubuh memproduksi “Nitric Oxide (NO)” yakni sejenis senyawa yang berguna agar dinding saluran darah menjadi relax dan melebar. Terbukti mampu menurunkan tekanan darah sebagaimana secara umum mengkudu sudah diketahui oleh banyak orang.

Khasiat lain yang tidak kalah penting, membantu berbagai keluhan dan gangguan jantung. Memang jantung masih merupakan penyakit penyebab utama kematian pada manusia.

Mengkudu juga dapat meningkatkan vitalitas kaum pria, dan bermanfaat meringankan penderita penyakit kencing manis.

Mengkudu cukup ampuh untuk membunuh bakteri meskipun jumlahnya sedikit dikarenakan terdapat scopoletin yang fungsinya membunuh bakteri. Masih banyak manfaat lain dari mengkudu ini khususnya dalam kaitannya sebagai penyembuh penyakit pada manusia.

Khasiatnya yang cukup banyak, perlu disosialisasikan kepada mayarakat, agar turut melestarikan warisan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan potensi dari tanaman yang biasanya dibiarkan liar. Selain itu, memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk membudidayakan dan menjajaki peluang bisnis berupa pengolahan pasca panen.





Silakan diklik:  
 

Share this article :

Poskan Komentar