Selasa, 18 Maret 2014

Home » » Ini 50 Nama yang Dilarang di Arab Saudi

Ini 50 Nama yang Dilarang di Arab Saudi

Ilustrasi | (Reuters)
Masyarakat Arab Saudi tidak dapat lagi memberikan nama-nama seperti Amir (pangeran) dan Linda (budak nabi)

Mafaza-Online.Com | DUBAI - hati-hati memberi nama pada anak Anda. Jangan sampai nantinya mereka tidak dapat naik haji ke tanah suci karena salah nama. Hal ini seiring dengan telah dilarangnya penggunaan 50 nama bayi oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Nama-nama ini diantaranya adalah nama yang dianggap asing, nama yang terkait dengan royalti, dan nama yang terdengar seperti penghujatan. Masyarakat Arab Saudi tidak dapat lagi memberikan nama-nama seperti Amir (pangeran) dan Linda (budak nabi). Menurut situs berita Arab Saudi, mereka secara resmi akan mengeluarkan daftar nama larangan untuk bayi yang akan lahir setelah urusan sipil di Kementrian Luar Negeri mereka selesai.

Situs berita Arab Saudi itu juga mengatakan jika larangan tersebut dibenarkan karena nama-nama yang ada di dalam daftar larangan tersebut bertentangan dengan kebudayaan mereka.Tidak hanya bertentangan dengan kebudayaan mereka, nama-nama ini dianggap asing dan tidak pantas untuk digunakan oleh mereka.

Dapat disimpulkan, ada tiga kategori larangan penggunaan nama di Arab Saudi: Pertama nama yang bertentangan dengan keagamaan mereka, kedua nama yang terkait orang-orang yang memiliki royalti, dan nama yang berasal dari non-arab atau non-islam.

Namun, beberapa nama yang muncul dalam daftar larangan ini tidak sesuai dengan kategori manapun. Nama-nama ini seperti Abdul Naser dan Binyamin. Nama-nama ini tidak ditemukan secara langsung menyinggung umat muslim.

Binyamin diyakini dalam Islam menjadi putra Nabi Yakub AS dan saudara penuh Nabi Yusuf AS. Namun, nama ini juga menjadi nama perdana menteri Israel. Lalu Abdul Naser adalah nama dari penguasa nasionalis Arab yang terkenal dari Mesir. Satu yang memungkinkan nama ini dilarangan hanyalah penguasa nasionalis Arab ini bertentangan dengan Arab Saudi.

Nama umum yang digunakan oleh umat muslim di seluruh dunia seperti Abdul Nabi dan Abdul Hussain juga termasuk dalam daftar larangan. Kedua nama ini juga tidak termasuk dalam tiga kategori larangan penggunaan nama di Arab Saudi. Kedua nama ini hanya umum di antara Syiah dan beberapa Arab Sunni yang kontroversial karena cara mereka beribadah.

Mereka yang menentang penggunaan nama Abdul adalah karena dalam bahasa Arab artinya adalah "pemuja" atau "budak" . Mereka yang menentang nama berpendapat bahwa Abdul berarti pemuja dan tuhan tidak untuk dipuja namun untuk disembah . Namun, hal ini dirasa agak janggal karena sebagian besar nama-nama Muslim Abdul dengan membawa satu dari 99 nama Allah.

Berikut daftar nama yang dilarang penggunaannya di Arab Saudi:

Malaak (Malaikat)
Abdul Aati
Abdul Naser
Abdul Musleh
Nabi
Nabiyya (Nabi Perempuan)
Amir (Pangeran)
Sumuw
Al Mamlaka (Kerajaan)
Malika (Ratu)
Mamlaka
Tabarak (diberkahi)
Nardeen
Maya
Linda
Randa
Basmala
Taline
Aram
Nareej
Rital
Alice
Sandy
Rama
Maline
Elaine
Inar
Maliktina
Lareen
Kibrial
Lauren
Binyamin
Naris
Yara
Sitav
Loland
Tilaj
Barrah
Abdul Nabi
Abdul Rasool
Jibril
Abdul Mu’een
Abrar
Iman
Bayan
Baseel
Wireelam

REPUBLIKA.CO.ID

Silakan klik:  



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Ini 50 Nama yang Dilarang di Arab Saudi . All Rights Reserved