Rabu, 05 Maret 2014

Home » » Forum Ulama Lirboyo Dukung Suryadharma Nyapres

Forum Ulama Lirboyo Dukung Suryadharma Nyapres

Suryadharma memenuhi kriteria calon presiden yang ditetapkan para kiai, yakni berlatar belakang religius serta berpengalaman dalam pemerintahan dan dunia politik

Mafaza-Online.Com|KEDIRI - Seratus kiai di Jawa Timur mengeluarkan maklumat berisi dukungan mereka terhadap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali untuk menjadi calon presiden. Maklumat itu dibacakan saat Suryadharma berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Rabu siang, 5 Maret 2014.

Dalam kunjungannya ke pesantren pimpinan KH Idris Marzuki itu, acara Forum Silaturahmi Ulama yang semula mengagendakan penyamaan sikap untuk memenangkan PPP dalam pemilu mendadak berubah. Sejumlah kiai yang dipimpin KH Anwar Iskandar dari Pondok Pesantren Al Amin Ngasinan, Kediri, membacakan maklumat.


"Kami memohon Suryadharma Ali untuk bersedia dicalonkan sebagai Presiden RI dalam pilpres 2014 sebagai wujud tanggung jawab umat Islam," kata Gus War--panggilan Anwar Iskandar-- yang menjadi juru bicara para kiai, Rabu, 5 Maret 2014.

Permintaan tersebut merupakan salah satu dari tiga butir maklumat yang dibacakan dalam forum yang mengundang ulama se-Jawa Timur itu. Butir lainnya adalah meminta kekompakan para ulama untuk memenangkan PPP pada Pemilu 2014 serta mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Gus War, maklumat tersebut ditandatangani 100 kiai di Jawa Timur, mulai dari Banyuwangi hingga Pacitan. Gus War mengaku kelompoknya siap mendekati seribu ulama lain untuk mendukung Suryadharma menjadi calon presiden dari kekuatan Islam. Maklumat tersebut juga digandakan dan dibagikan kepada seluruh peserta Forum Silaturahmi Ulama di aula muktamar Pondok Pesantren Lirboyo.

Gus War yang juga bekas anggota Dewan Syuro Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) ini menambahkan sosok Suryadharma memenuhi kriteria calon presiden yang ditetapkan para kiai, yakni berlatar belakang religius serta berpengalaman dalam pemerintahan dan dunia politik. Ketiga kriteria itu, menurut dia, tidak terdapat pada calon presiden lain yang sudah muncul.

Dukungan yang sama disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Idris Marzuki. Dia menyatakan mendukung keputusan yang telah diambil para kiai demi kebaikan umat Islam dan bangsa Indonesia. "Saya mendukung gerakan ini," katanya singkat.

Ketua PPP Jawa Timur Musaffa Noer mengatakan kedatangan Suryadharma ke Kediri bertujuan menjaga soliditas partai serta menyatukan sikap dan membuat pernyataan memenangkan PPP. Selain dihadiri pengurus PPP se-Jawa Timur, acara itu juga diramaikan tokoh Nahdlatul Ulama dan tokoh Islam di Jawa Timur. "Kami ingin mendengar aspirasi politik kiai dan ulama," kata Musaffa dalam siaran persnya. (TEMPO.CO)



Silakan diklik: 



Lokasi Strategis: Pertigaan Secang, Dekat Terminal, Pasar, SDIT Ar Risalah, SD Negeri Secang Masjid Al Amin. Cocok untuk usaha kontrakan. Mobil Bisa Masuk
 

Share this article :

Posting Komentar