Jumat, 03 Januari 2014

Home » » "Kisah Cinta Anis Matta dan Gadis Hongaria" | PART III (PRA-ENDING)

"Kisah Cinta Anis Matta dan Gadis Hongaria" | PART III (PRA-ENDING)

Kita lanjutkan yang bagian NIKAH...


341. Kepalaku panas..tak bisa aku berhenti memikirkan seorang sahabat sekaligus bos...@anismatta

342. Jen yang sekarang jadi Den tetap bos ku...aku panggil saja Jen...sebab kadang2 aku ingin menjadi prajurit.

343. Iya, aku prajurit dari imajinasinya yang melayang dan aku harus melayang terkadang. Siap Jenderal!

344. Di sela2 Zikir di Baitullah, di Tanah Suci aku ingin dengan niat baik menulis pernikahan Jen dan Isterinya Szilvia.

345. AKU INGIN mengungkap kebesaran hati Anaway...tidak untuk menakuti perempuan lain. Hanya sebagai kisah.

346. AKU INGIN menulis sedikit yang kutahu tentang Szilvia yg kukenal sebagai manajer toko di Budapest.

347. MANAJER TOKO DARI BUDAPEST (bisa jadi judul tuh)..yang kemudian menjadi muslimah pendamping Jen.

348. Aku ingin bersaksi bahwa kisa ini bukan fiksi. Ini kisah nyata. Tentang orang2 yang meyakini takdir.

349. Ini kisah tentang hidup yang rumit maka kita sederhanakan saja dalam kepasrahan kepada Allah.

350. Ini kisah tentang keberanian membuka topeng dan mencemooh kepalsuan simbolik sehari-hari yang mengangkang.

352. Yang kusenangi dari jen bukan nekadnya seperti dulu waktu kecil pergi ke puskesmas khitan sendirian naik angkot.

353. Aku senang karena dia adalah sedikit dari orang yang membuatku bisa merenung panjang.

354. Aku, kalau sudah punya mau dan aku yakin bisa menjebol tembok batu aku akan tabrak. Tidak peduli satu dunia.

355. Jen adalah sedikit dari orang yang bisa membuatku belok atau bertahan sebentar. Menyuruhku berpikir ulang.

356. Kembali ke kisah pernikahan Jendral @anismatta yang rada2 mirip nagabonar. Dia ada slebornya juga (piss hehe).

357. Akhirnya mufakat tercapai antara anaway,szilvi n Jen..cinta ini hrs dibawa ke Pelaminan..(tambah popcorn).

358. Mrk bertiga merasa mantap utk melangkah lbh jauh,wkt utk saling mengenal rasanya sdh cukup..

359. Jangan lupa bahwa sebagian dari percakapan ketiganya juga belangsung lewat email dan kadang telepon.

360. SZILVIA dalam dialognya juga menyampaikan keinginannya melihat Indonesia. Juga ingin belajar Islam di sini.

361. Tapi baru pada kunjungan ke tiga ke Budapest Jen mengijinkan Szilvia datang ke jakarta. SZILVIA TENTU SENANG.

362. Proses ini tidak semata2 demi pernikahan. Tidak ada janji pasti, istikharoh masih terus dijalankan. Kepastian dr Allah.

363. Sprt apa akhirnya perjalanan mrk kami semua tdk tau..cinta manusia ini sdg menanti penyelesaian takdir..

364. Mengantisipasi semua kemungkinan itu Jen mengajukan sebuah kesepakatan yg tdk akan merugikan siapapun di kemudian hari..

365. Szilvi diberi kesempatan utk berkunjung ke Jkt slm 2 pkn..selama itu szilvi adalah tamu jen, dan hanya tamu.

367. Szilvia diminta bertemu dgn istri,anak2,ayah ibu dan keluarga anismatta..dan merasakan kehidupan umum di Indonesia.

368. Jika dlm masa 2 pkn itu mrk bertiga sepakat utk lanjut,mk pernikahan itu bs dilaksanakan saat itu juga.

369. Jk slh st pihak tdk setuju,khususnya szlvi atau anaway,mk szilvi kembali ke budapest seperti tak pernah ada apa2.

370. Aku tahu maksud Jen, ini soal akurasi dan perhitungan matang....ini bukan langkah sembarangan...
  
371. Waktu itu aku tahu, salah satu opsinya jika gagal dan szilvia kembali ke Budapest maka resiko ditanggung Jen.

372. Jangan lupa bahwa meskipun risiko ditanggung bersama tapi rasanya perjalanan szilvia paling jauh.

373. Maka jikw gagal Jen akan menanggung biaya hidup selama 2 thn (bkn bln) sesuai dgn jumlah pendapatan szilvia saat itu.

374. Itu krn szilvi meninggalkan pekerjaannya,bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan baru yang jauh lebih baik

375. Saya mendengar sebuah perusahaan mobil di eropa menawarnya dengan gaji 4 kali gaji lamanya. Tapi di sdh bulat.

376. Jadi dgn menanggung biaya hidup slm 2 thn jk pernikahan batal Jen ingin mengapresiasi pengorbanan gadis muallaf itu.

377. Semua sepakat dan semua deal disetujui. Tinggal melaksanakan sesuai rencana mereka bertiga.

378. Tapi ada satu hal yang belum disampaikan dan belum selesai. Yaitu soal ijin ketua Majelia Syuro.

379. MASIH ingat kan soal ijin yang ditolak tahun 2002? Kan belum ada ijin baru. Lqlu bagaimana caranya?

380. Aku tahu Jen pasti pilonnya keluar tapi pilon yang ada hitungannya (nah loh..belom pernah denger kan?)

381. Dengan ringannya dia menjelaskan posisinya di partai. Dan bahwa kalau ketua MS gak setuju maka semua batal.

382. Kasarnya, meski mereka bertiga sudah sepakat tetapi jika partai memutuskan tidak maka semua batal.

383. Mungkin tdk gampang bg szilvi utk mengerti situasi itu tp iya menerima jg sbg bagian dr proses. Dia sdh siap.

384. Terasa betul nuasa cinta dan kepasrahan dlm proses menuju pernikahan itu. Tak ada deskripsi lain yg layak.

385. Ada cinta manusia,ada disiplin organisasi dan semua dibalut dlm kepasrahan kpd takdir..kalau ada jodoh pasti ada jalan.

386.Ada antisipasi lain yg dilakukan @anismatta..bgmn jk pernikahan itu berantakan di tengah jalan? Mungkin saja.

387. Jd Jen mengajukan syarat,jk mrk menikah mk slm 2 thn pertama tdk ada buku nikah dan tdk ada anak..

388. No paper no children utk 2 thn pertama adalah antisipasi kalau mrk merasa tdk cocok krn berbagai sebab yg mungkin sj terjadi.

389. Seandainya sblm 2 thn mrk bercerai tdk ada masalah legal yg rumit bg mrk bertiga..itu salah satu pertimbangan.

390. Szilvi jg akan lbh mudah mendapatkan suami baru krn tdk punya bawaan yang lebih kompleks.

391. Tp jk itu terjadi Jen @anismatta akan tetap menanggung biaya hidup slm bbrp thn yg bisa mrk sepakati kemudian..

392. Jen kelihatannya memang terlalu rigid dan antisipatif..tp sbg org eropa szilvi malah menyukai sikap itu..

393. Ketika akhirnya szilvi tiba di jkt anismatta menyambutnya dengan kalimat "welcome to the junggle".

394. Szilvi tersenyum mendengarnya sambil bertanya knp disambut begitu? Apakah kau nervous?

395. Kata Jen serius, "Sebab hidup tdk akan mudah bagimu dan bagi kita semua setelah hari ini"..provokator ulung.

396. "Benar jg sih, sbb jk kt tdk jd menikah kt akan menanggung rindu dan kecewa dlm wkt yg lama"..kata szilvia. AMPUUN.

397. "Tp jk jd menikah kt jg akan menanggung beban hidup yg tdk ringan.." Samber sang Jen, kayak dialog sinetron.

398. Ada beban emosi, beban sosial,beban politik dan tentu sj beban keuangan..semua akan mereka tanggung.

399. Perkenalan dgn keluarga Jen berjalan dgn baik sejak kedatangan szilvi..semua keluarga dan anak2 tak ada masalah.

400. TAPI JANGAN lupa, izin pimpinan Partai belum keluar. Tuan sekjen sudah janji kepada kami bahwa itu syarat mutlak.

Besok lagi ya...boo bo aja...sy antar anak beli jam dulu...barusan nangis...

***

Abis subuh di Harom...Makkah dingin sekali pagi ini...inilah mungkin suasana .pengimbang panas hati. orang lain.

401. KISAH INI TAKKAN MUDAH bagi banyak orang. Terutama bagi kekuarga jen. Khususnya Anaway dan anak2nya.

402. Kisah ini juga tidak mudah bagi banyak perempuan yang khawatir ini akan jadi propaganda.

403. Tak mudah juga bagi teman2 aktifis perempuan yang terkena stigma seolah ini hanya pembenaran.

404. Maka tentu tak mudah juga bagi saya karena saya akan dituduh memasuki pribadi orang. Tapi apa pilihannya?

405. Masalahnya Jen telah menjadi manusia publik. Suka atau tidak. Dan kita memilih jalan yang rumit ini.

406. Jen sendiri aku tahu ketika ditanya dia lebih suka sepi. Apa sih enaknya diomongin orang?

407. Menjadi orang yang dikenal luar itu seperti merelakan tubuh kita dicabik sekawanan serigala. Tiada henti.

408. Setelah itu mungkin ada yang menambal lalu tercabik lagi. Tapi keduanya serasa sakit. Kita kehilangan hidup yg sepi.

409. Maka bagi @anismatta sebenarnya yg berat justru izin partai… urusan pribadi ijin partai.

410. Selama di jkt itu anaway-lah yg mengantar szilvi kemana2..termasuk memperkenalkannya ke keluarga anaway sendiri.

411. Jen sendiri tdk banyak bertemu dgn szilvi slm 2 pkn itu utk memberi kesempatan yg leluasa bg mrk berdua saling mengenal.

412. Perbedaan budayalah yg paling dikhawatirkan Jen, disamping tentu perbedaan umur yg terpaut 12 thn.

413. Tp semua berjalan dgn baik smp disitu..tinggal izin partai..duh ini lagi...

414. Sblm meminta izin ke ust.Hilmi Aminuddin anaway sdh lbh dulu membawa szilvi ke rmh beliau.

415. Stlh itu barulah Jen menemui ust.hilmi..bg beliau masalah pribadi sprt ini hrs dikelola dlm konteks kepentingan organisasi.

416. Tdk mudah bg beliau (Ust Hilmi) utk mengizinkan anismatta menikah lg terutama krn beban organisasinya sbg sekjen.

417. Selain masalah beban itu jg bagaimana ini akan berdampak bagi kader scr umum...pimpinan hrs menjadi contoh.

418. Diskusi di seputar itulah yg alot diantara mrk berdua yg berlangsung sekitar 2 jam.

419. Sebegitu alotnya akhirnya ust.hilmi mengajukan satu pertanyaan sangat penting kpd @anismatta sbg sekjen.

420. Bagaimanapun, kata beliau, suatu saat antum mungkin akan jd pemimpin nasional di masa yg akan datang, apa ini tdk akan jd masalah??

421. Jen terdiam lama lalu menjawab.. ust, katanya, sy tahu diri saya ust, sy lbh tepat utk kerja2 dapur ketimbang jd pejabat publik.

422. Sejak lama memang anismatta menyadari fakta ttg dirinya yg tdk tepat utk jabatan publik..itulah mengapa selalu menghindarinya.

423. Anismatta bs mengoperasikan partai dgn baik tanpa hrs menjadi pejabat publik..dari dulu itu ia yakini.

424. Orientasinya lbh kuat ke achievement  drpd power. Baginya power adalah tool of achievement bukan sebaliknya.

425. Mungkin krn itu ia gampang meninggalkan jabatannya sbg wakil ketua dpr saat hrs jd presiden partai.

426. Dlm banyak kesempatan anismatta sll mengatakan jabatan tdk serta merta membuatmu bisa berkontribusi.

427. Tp jika kamu punya kapasitas besar kamu pasti berkontribusi walaupun tdk punya jabatan..kata jen.

428. Itu dasar dr jawaban2nya kpd ust.hilmi saat itu..dia lbh nyaman jd org dapur ketimbang jd org panggung.

429. Ada pikiran lain yg berkecamuk dlm dirinya saat..yaitu keinginan utk menguji dirinya sendiri sbg leader. ini rahasia jen.

430. Baginya fase ini adalah ujian kepemimpinan..ini ujian stabilitas emosi dan spiritual.

431. Ini jg ujian kemampuan mengelola org..ujian bagi kemampuan memikul beban..kalau ini saja gagal apa lagi yg lain.

432. Manusia sll punya dua sisi dlm hidupnya..rumahnya dan pekerjaannya..itu jen kelola secara seimbang.

433. Bagi @anismatta Keluarganya adalah fondasi sosialnya bagi kehidupan profesionalnya.

434. Jk seseorang hanya sukses di salah satunya itu artinya ia tidak akan bisa terbang krn hanya punya satu sayap.

435. Alhamdulillah izin itu akhirnya keluar jg..keesokan harinya mrk lgsg menikah..sederhana tapi mendebarkan.

436. Pernikahan dilangsungkan di rmh anismatta sendiri..tgl 2 mei 2006 stlh magrib..rumahnya sampai sekarang.

437. Anawaylah yg mendandani szilvia dan menyiapkannya sbg pengantin lalu membawanya ke ruang tamu sekaligus musholla.

438. Malam itu Irel bertindak jd wali, aboe bakar alhabsyi khutbah nikah, dan saya bersama hendro jd saksi.

439. Ayah ibu dan anak2 Jen hadir dlm acara itu..semua berlangsung singkat dan sederhana.

440. Takdir adalah penjelasan terbaik utk itu semua..sebab kami tdk punya bayangan bhw ini akan benar2 jd kenyataan.

441. Ketika menjadi wakil ketua dpr thn 2009 Anismatta memasukkan 2 Istri dalam LHKPN dan ditulis dlm profil anggota dpr.

442. LHKPN adalah Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara kepada KPK yg diupdate setiap tahun. Boleh tanya Johan Budi.

443. Sejak awal @Anismatta tdk khawatir itu akan mengganggu jalan hidupnya sbg politisi.

444. Sebab politik baginya adalah medan pengabdian, sarana ibadah kpd Allah, bukan karir yg direncanakan apalagi ambisi.

445. Yg penting baginya adalah kontribusi bukan posisi..itulah mengapa ia jd org yg benar2 merdeka dan hidup tanpa beban target karir.

446. Nilai seseorang akhirnya pd kontribusinya bukan pd posisi yg dia duduki..dan itu berpulang pd keikhlasan dan kapasitas..

447. Itulah yg terjadi thn 2009..anismatta berhasil memimpin pemenangan pemilu PKS dgn tambahan 12 kursi dpr baru dr 45 ke 57 kursi.

448. Jen gila kerja. Waktu menjadi ketua TPPN (Tim pemenangan pemilu nasional), partai digerakkan kerja seperti orang gila.

449. Jen bisa tidak tidur berhari2 kalau dianggap perlu. Dan itu sering. Saya tidak kuat.

450. Saya ingat ketika pernah diajak tidak tidur saat akhir minggu tenang dan penghitungan suara.

451. Sudah malam tidak tidur habis subuh diajak olah raga sambil cari sarapan di daerah kota.

452. Terpaksalah kita kuat2in aja...tapi anehnya ya jadi kuat beneran. Meski minggu berikutnya aku tidur seminggu.

453. Sy kira krn track record itulah akhirnya MS aklamasi memilihnya jd presiden saat pks diterpa badai.

454. Dan sampai hari ini Jen masih yang dulu. Tentu aku ingin dia memimpin negeri ini. aku yakin negeri akan tambah baik.

455. Orang boleh bicara apa saja. Tapi adalah kewajibanku menyampaikan cerita yang tak mungkin dia lakukan sendiri.

456. Setelah ini aku akan berhenti bicara tentang keluarga jen. Cukuplah apa yang sudah kusebut.

457. Aku minta maaf kepada semua yang terluka dan aku minta maaf kepada semua kata2 salah.

458. Karena ini telah menjadi berita publik aku minta koreksi kalau ada salah.


---(BERSAMBUNG) "KELUARGA DAN POLITIK"---

"Kisah Cinta Anis Matta dan Gadis Hongaria" | PART I



"Kisah Cinta Anis Matta dan Gadis Hongaria" | PART II 



Silakan di Klik
 

Share this article :

Poskan Komentar