Senin, 25 November 2013

Home » » Senyum adalah Sedekah

Senyum adalah Sedekah

Sudahkah Kita Tersenyum Hari Ini?  :) ;)

Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria (tersenyum)." (HR Muslim)

Dari Jarir bin Abdillah ra. dia berkata,

“Sejak aku masuk Islam, Rasulullah saw tidak pernah menolak aku untuk duduk bersama beliau. Tidaklah beliau melihatku kecuali beliau tersenyum kepadaku.” (HR Bukhari dan Muslim)

Semasa seseorang itu senyum, 16 otot muka digerakkan untuk membentuk senyuman manis berbanding 43 otot digunakan apabila muka seseorang itu masam. Ia juga merangsang pengeluaran endorphins (sejenis bahan kimia yang dihasilkan oleh otak untuk mengurangkan rasa sakit).

Senyum mampu mengubah mood kita. Dalam bidang psikologi terdapat teori yang disebut  facial feedback (ekspresi). Hipotesis ini menegaskan bahwa 'pergerakan wajah secara sendirinya menyediakan maklumat persekitaran yang lengkap untuk menentukan pengalaman emosi.

Menurut Davis dan Palladino, ekspresi wajah seseorang akan mempengaruhi emosi dan perlakuannya. Berdasarkan teori ini maka boleh disimpulkan bahwa mood seseorang boleh ditingkatkan dengan senyuman.

Guillaume Duchenne (1806-1875), ahli neurologi Perancis merupakan seorang pakar dalam elektro-diagnosis dan elektro-terapi telah membuat kajian berkaitan senyuman. Beliau telah membuat perbandingan anatomi terhadap senyuman asli dan senyuman palsu.

Berdasarkan keputusan yang diperoleh, beliau mendapati bahwa senyuman sebenar yang berasal dari rasa gembira dan bahagia bukan saja menggerakkan otot-otot di bagian mulut, malahan juga otot di bagian pipi dan mata. Berbanding senyuman palsu yang hanya melibatkan otot sekitar mulut. Senyuman Duchenne (Duchenne smile) telah diambil dari nama beliau.

Ayo senyumlah yang tulus ... :D ;)


Silakan di Klik:
┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶♡̨̐M-STORE LengkapiKebutuhanAnda✽̶♈̷̴┈̥-̶̯͡

Share this article :

Poskan Komentar