Jumat, 29 November 2013

Home » » Bagaimana Mempercepat Perkembangan Bisnis?

Bagaimana Mempercepat Perkembangan Bisnis?

Well, banyak orang ingin berkembang lebih cepat dari kecepatannya sekarang. Namanya lebih cepat, ya konsekuensinya ada investasi tambahan yang harus dikeluarkan

What a Wonderful Day!
Bro, gimana ya caranya biar bisnis gw lebih cepet berkembang? Gw yakin gw bisa berkembang lebih cepet dari ini!

Saya tersenyum mendengar keluhan salah satu teman akrab saya yang satu ini. “Keuangan udah rapi? Sistem bisnis dan SDM udah rapi? Branding udah maksimal? Strategi pemasaran udah maksimal? Udah punya web? Udah punya badan hukum?” tanya saya.

Dia menggeleng.

Well, banyak orang ingin berkembang lebih cepat dari kecepatannya sekarang. Namanya lebih cepat, ya konsekuensinya ada investasi tambahan yang harus dikeluarkan.

Saya akan sharing sedikit mengenai beberapa Jasa yang mungkin dibutuhkan untuk mempercepat pengembangan Perusahaan. Jasa-jasa ini banyak digunakan karena relatif lebih murah, lebih teruji, lebih siap pakai, dan lebih professional daripada mengangkat karyawan atau membuat TIM/Divisi tersendiri di dalam perusahaan.

Saya akan membagi jasa ini kedalam 2 bagian: Internal Exploration dan External Expansion. Nomor urut tidak menunjukkan prioritas karena kebutuhan tiap perusahaan bisa berbeda-beda.

Internal Exploration: berisi Jasa-Jasa yang berguna untuk meningkatkan efisiensi dan penataan internal perusahaan agar lebih siap dalam berkembang lebih cepat.
 
•        1. Jasa Laporan Keuangan dan Pajak

Laporan keuangan dan pajak dibutuhkan untuk kebutuhan internal maupun eksternal. Untuk internal, laporan keuangan memberikan informasi yang sangat berguna bagi owner dan manajer. Dari laporan keuangan juga bisa menjadi detector awal permasalahan. Biaya apa yang terlalu besar, penjualan naik berapa, asset naik berapa, dll. dengan mengetahui beragam informasi keuangan perusahaannya sendiri, owner bisa memperkirakan secara tepat budget untuk pengembangan, bukan hanya menerka-nerka yang ujungnya bisa ‘membobol’ anggaran.

Untuk eksternal, laporan keuangan dan pembayaran pajak yang baik diperlukan untuk kepentingan administrasi apabila agan ingin mengajukan pinjaman ke Bank. Tidak hanya ke bank, laporan keuangan yang bagus pun diperlukan apabila agan ingin menggaet investor untuk mengembangkan bisnis.

Jasa laporan keuangan ini secara harga cukup murah, ada yang hitungannya fixed per bulan ada juga yang dihitung per transaksi. Untuk yang fixed per bulan range-nya antara 750.000 – 3.000.000/ bulan, include: laporan keuangan, konsultasi keuangan, dan pengurusan pajak. Untuk hitungan per transaksi, rangenya sekitar Rp 2000 – Rp 5000/transaksi, misal: sehari ada sekitar 20 transaksi keuangan, sebulan berarti ada sekitar 600 transaksi, maka biayanya sekitar 1.200.000/bulan. Untuk mencarinya pun mudah, di internet atau bahkan kaskus sudah banyak yang membuka jasa ini.

•        2. Biro Jasa Pengurusan Izin dan Notaris 

Izin yang ‘wajib’ diurus adalah (nomor menunjukkan prioritas):

1.       Izin yang berkaitan dan melekat di produk. Misal, produk makanan dan miuman kemasan, produk obat-obatan, elektronik, dll. PIRT, BPPOM, sertifikat halal dan lain-lain sangat penting untuk meraih kepercayaan konsumen.

2.       Izin Merk (nama dan logo).Izin ini diperlukan untuk memproteksi brand/merk agan dari pengakuan merk oleh pihak lain yang tentu kalau terjadi akan sangat merugikan agan.

3.       Izin badan usaha. Izin ini menjadi penting ketika agan sudah siap berkembang lebih besar. Badan usaha akan diperlukan saat pengajuan dana pinjaman ke bank, membangkitkan kepercayaan investor, dan untuk ikut tender/proyek besar baik dari pemerintah, BUMN maupun perusahaan swasta.

Secara harga, masing-masing biro jasa cukup variatif, untuk izin produk biayanya sekitar 1-3jt, begitu juga dengan izin merk, skitar 1-3jt. Untuk badan usaha, tergantung bentuk badan usaha yang dipilih, untuk CV berkisar 3-6jt, untuk PT berkisar 10-15jt.
Pilih notaris atau biro jasa yang sudah berdiri cukup lama dan bukan biro jasa baru 
 

•        3. Jasa HRD Management 

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal jasa jenis ini, Jasa HRD management. Jasa ini bukan jasa outsourcing yang menyuplai tenaga kerja dengan fee yang dikenakan ke gaji setiap orang yang dia rekrut untuk klien.

Jasa HRD management memenuhi kebutuhan bukan hanya rekrutment awal saja, tetapi juga pembuatan sistem kepegawaian dari mulai proses rekrutmen, penggajian, perjanjian ketenagakerjaan, jaminan social dan tunjangan, penilaian kinerja karyawan, hingga pemutusan hubungan kerja. Bahasa mudahnya, HRD manajemen ini menggantikan posisi tim departemen HRD seperti di perusahaan menengah dan besar.

Banyak Usaha mikro dan kecil yang pegawainya sudah mulai banyak dan sulit diatur. Akhirnya owner harus pusing dengan masalah-masalah kecil tapi penting yang berkaitan dengan pegawai. Jasa ini ada untuk menjawab masalah tersebut. Mekanismenya, perusahaan penyedia HRD manajemen nantinya akan mengutus 1-2 orang yang berperan sebagai manajer HRD untuk usaha kita. Mereka akan datang 2-4 hari seminggu, sesuai kebutuhan karena kerja HRD tidak rutin tiap hari. Merekalah yang merekrut, membuat sistem, menilai performa, melakukan administrasi penggajian, tunjangan, bonus, dan denda, hingga memecat karyawan.
Tentu, itu semua atas persetujuan dan diskusi dengan owner.

Mengapa cukup banyak usaha kecil yang menggunakan jasa mereka? Alasan utamanya adalah fee mereka lebih murah daripada mengangkat seorang manajer HRD yang pro. Range fee-nya dihitung berdasarkan jumlah karyawan yang kita miliki.
Rangenya sekitar Rp 70.000 – 200.000/ orang per bulan. Jadi misal kita punya 20 karyawan, range fee per bulan untuk mereka adalah sekitar 1.800.000 – 2.500.000.

 


Next, External Expansion: berisi Jasa-Jasa yang berguna untuk meningkatkan jangkauan pasar, memperbesar Link, dan membuka lahan ekspansi bisnis.

•        4. Internet Marketing Management
Cukup banyak jenis jasa yang berkaitan dengan internet marketing manajemen:

1.       Web Developer 

Pembuat web, range harga variatif sekali tergantung skill dan kompleksitas web yang akan dibuat. Tapi secara umum, untuk web yg sudah ada template (Blog, wordpress, joomla, dll): Rp 500.000 – Rp 5.000.000. untuk web yang didevelop dari awal (tidak memakai template) jauh lebih mahal, harganya kebanyakan diatas Rp 5.000.000.

Tips: pilihlah web developer yang sudah berpengalaman dan punya TIM!. Karena umumnya web developer personal agak sulit dipegang, setelah web selesai rata-rata mereka ngga bisa lagi dihubungi ketika webnya nanti bermasalah. Oiya, jangan lupa untuk minta password CPanel (bukan admin, kalau password admin otomatis dikasih) atau sejenisnya. Cpanel ini agan butuhkan apabila nanti mau pindah web developer, jadi web agan bisa dirombak, kalau Cpanelnya ngga punya, web agan ngga bisa dirombak, terkasa beli domain dan hosting baru.

2.       SEO: Jasa SEO
Sekarang seakan sudah se-paket dengan web developer. Range harganya pun variatif, ada yang pakai garansi ada yang non garansi. Non garansi tentu lebih murah, biasanya start dari 300.000 – 1.000.000/ bulan, yang garansi bisa 2-3x lipat dari harga tersebut.


3.       Social Media Management 
Nah, ini jasa yang sudah mulai tumbuh pesat dalam 3 tahun terakhir, yup, social media management. Job desk mereka adalah membuat perencanaan, memaintain, melaksanakan, dan mengevaluasi semua strategi perusahaan di media social.

Mereka ngga cuma asal nge-post di facebook, nge tweet di twitter, majang foto di instagram, upload video di youtube, dan di media social lain, tapi mereka juga membuat target pencapaian dan mengevaluasi strategi tersebut. Hampir semua perusahaan besar sudah memakai jasa ini karena mereka melihat efek yang sangat luar biasa dari media social. Perusahaan besar sampai membudgetkan Rp 500.000.000 – Rp 2.000.000.000 per year hanya untuk media social!.

Perusahaan kecil dan start up jangan mau kalah, perkembangan penjualan justru bisa dicapai apabila media social kita maksimal. Mengapa lebih bagus menggunakan jasa social media management/agency untuk handle media social kita?
Mereka lebih pro dan sudah sangat paham apa yg mereka lakukan, selain itu mereka bisa diberi target sesuai kebutuhan kita, dan secara harga? Lebih murah daripada kita hire staff social media yang pro.

Cari provider yang memang target pasarnya perusahaan kecil dan menengah, biasanya harga mereka tidak mahal, range-nya antara Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000/bulan. Jelas tidak mahal daripada kita hire seorang admin dengan gaji 2jt tapi dia sama sekali ngga ngerti media social?

  


•        5. Business Consultant
Pernah ngerasa stuck dan buntu harus melakukan apalagi dalam menyelesaikan masalah ataupun mengembangkan bisnis? Saat itulah agan perlu konsultan bisnis. Konsutan bisnis akan membantu agan dalam mencari REAL PROBLEM yang dihadapi, karena sering kali kita salah tangkap apa yang sebenarnya jadi masalah kita. Setelah mendapat real problem, konsultan akan memberikan agan solusi untuk permasalahan tersebut. Solusi itu bisa berupa business plan, marketing plan, HR plan, operation plan, Standarisasi (SOP), ataupun financial plan.

Pilihlah konsultan bisnis yang sudah pengalaman dan cocok dengan jalan pikiran agan. Konsultan bisnis yang baik adalah PANDAI MENDENGARKAN. Jadi, kalau agan ketemu konsultan yang dari awal udah nyerocos dan menyombongkan diri, kemungkinan besar dia ngga cocok untuk kita. Bagaimana dia bisa member solusi kalau dia sendiri tidak banyak mendengarkan dulu?
Konsultan yang baik akan banyak mendengar dan bertanya diawal hingga dia berhasil mendapatkan hipotesis masalah dan mendiskusikannya dengan kita sebagai owner. 
Tapi, konsultan kan mahaal? Sebelum kita bilang mahal atau tidak, coba ane sedikit share fee konsultan, khususnya konsultan untuk UKM, bukan konsultan untuk korporat besar. Perhitungan fee konsultan sangat bervariasi dan besarannya juga bervariatif. Tapi umumnya ada 2 metode yang banyak dilakukan:

1.       Time based FEE
Fee dihitung berdasarkan lama tatap muka. Dihitung per jam, per menit, atau per pertemuan. Rangenya antara Rp 200.000 – Rp1.000.000/ jam. Jadi kalau agan ketemu konsultan tipe seperti ini, sebelum  meeting agan harus siapkan banyak pertanyaan penting yang ingin agan tanyakan, jangan sampai tersia-sia semenit pun.

2.       Project Based
FEE: Fee dihitung berdasarkan project yang dikerjakan, misal, untuk pembuatan SOP, fee-nya segini. Range feenya sangat variatif gan, misal untuk pembuatan marketing plan atau Standarisasi (SOP) rangenya sekitar Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000, sedangkan business plan lengkap selama 1 tahun, rangenya sekitar Rp 15.000.000 – Rp 75.000.000.

Nah, balik ke pertanyaan awal, apakah mahal? Sebenarnya kalau dilihat feedbacknya ke kita, ini tidak mahal sama sekali. Apa salahnya kita buat marketing plan 5jt tapi dalam 3 bulan penjualan kita naik 100%? Atau, apa salahnya kita buat SOP 10jt tapi biaya rutin kita bisa turun 50% dan pegawai kinerjanya meningkat sehingga penjualan juga meningkat?

•        6. Data Base Management

Data base zaman sekarang sudah seperti peluru dalam senapan. Harus diisi setiap waktu supaya kita bisa tetap bertahan dalam kompetisi. Data base ini biasanya memang cukup mahal, banyak data base berupa kumpulan ribuan email, data perusahaan seluruh Indonesia, data nasabah kartu kredit, hingga data-data lainnya. Range harganya sangat variatif tergantung jenis dan banyaknya data, biasanya data yang bagus harganya diatas Rp 500.000.

•         7. Graphic Designer
Brand dan identitas sudah jadi kewajiban untuk setiap perusahaan, apalagi menghadapi persaingan saat ini. Investasikan sedikit untuk menghire seorang graphic designer freelance ataupun sebagai karyawan tetap bisa jadi leverage bagi bisnis kita.

Semua diawali dari melihat kemasan, kemasan bagus, kemungkinan besar orang akan tertarik dan punya persepsi kalau isinya pun bagus. Apalagi perusahaan jasa, kalau logo dan iklannya seadanya orang akan ragu dan yang pasti kita ngga bisa jual mahal.

Range harga designer grafis sangat variatif, paket desain (logo, brosur, kartu nama, map, KOP surat, spanduk, company profile) adalah Rp 500.000 – Rp 5.000.000.

Well, mungkin sekarang kita ada gambaran untuk melakukan ‘sprint’ dalam perkembangan.
Tapi sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya, kalau mau lebih cepat, investasi pun lebih tinggi.

Oiya, range fee yang saya sebutkan diatas adalah fee standar, bisa lebih murah, bisa lebih mahal, tapi sepengalaman saya sih harga biasanya ngga bohong kok.

Untuk cari providernya, di web ini insyaAllah semua yang saya sebutin itu ada kok, mau search di google juga banyak, atau mau tanya rekomendasi dari saya juga boleh, insyaAllah saya kenal beberapa provider yang amanah, kinerjanya bagus, tapi harganya toleran.

Okee, kita sharing lain waktu lagi ya! kalau mau sharing langsung silakan add YM/PIN di signature :)
Have a
wonderful day!

Best Regards,

Nugraha Andaf
Managing Partner

Andaf Corporation Group

pixeladesigns.com
8summer.com
tweemagz.com
jawabjujur.com

Villa Tampak Siring B10 no.15, Puri Gading Jatiasih Bekasi
02180720373 | 085692637528
YM: nugrahandave | BB: 21CE20C2



Silakan di Klik
┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶♡̨̐M-STORE LengkapiKebutuhanAnda✽̶♈̷̴┈̥-̶̯͡ 

Share this article :

Poskan Komentar