Sabtu, 28 September 2013

Home » » Laporan: Qurban Bersama Warga Merapi

Laporan: Qurban Bersama Warga Merapi

Tebar Berkah Qurban (Barberqu) di Dusun Kenalan Pakis Magelang
Qurban berasal dari kata qarraba yang artinya mendekatkan. Menurut hukum syariat, Qurban adalah menyembelih hewan ternak dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT

Mafaza-Online.com | BARBERQU - Seperti tahun sebelumnya kami menyalurkan hewan kurban kepada warga sekitar Merapi, yakni desa Kenalan Pakis Magelang, di sini kami bekerjasama dengan Ustadz Fauzan dan jamaah masjid Maudhi Ali Sulthan, Kenalan, Pakis, Magelang yang dibinanya.

Di bawah ini kami cantumkan pesan singkat (sms) ustadz Fauzan yang dikirim hari, Rabu 17/10/2012, lalu:

  

Ustadz Fauzan

Aslkm. gmn kbry. smg klg & kru BARBERQU dlm keadan shat & di lindung ALLAH SWT. gmn dg hari raya qorban besuk apakah kami (jamaah kenalan) ad jatah hewan qorban  dri BARBERQU? Ust.FAUZAN. Kenalan magelang.
Kami menjawab, “Insya Allah.” Meski sudah dibuat pengumuman di web maupun Social Media, tapi masih sepi peminat. Karena hingga tulisan ini dibuat, selesai shalat Jumat, belum ada yang mengontak.

Setelah kami evaluasi, Mungkin sepi peminat karena harga Rp 2.000.000 (dua juta rupiah)+ infaq sukarela yang kami patok terlalu tinggi? Tadinya kami ingin menurunkan harga, tapi tidak berani, karena memang harga kambing sekarang ini mengalami kenaikan.

Apalagi, kami tidak memelihara, alias beli langsung ke pasar hewan. Tahun lalu saja kami membeli pas bandrol Rp 1.800.000. Belum dengan biaya angkutnya.


  

Ustadz Solihin Pimp Ponpes Al Hikmah Dusun Pedut Cepogo Boyolali

Di daerah pun harga kami sudah tinggi. Karena sekarang ini sentra kambing berpindah. Kota-kota yang biasanya menjadi pusat produsen kambing sudah banyak yang berubah menjadi kota industri.  Sudah banyak pabrik. Jadi berubah pula pola hidup warganya.

Jadi sekarang harga untuk kurban yang bisa kami salurkan adalah mulai dari Rp 2.000.000  (dua juta rupiah) + infaq sukarela. Meski begitu, kami berharap Pembaca yang ingin bergabung bersama kami, agar menyegerakan waktunya. Karena menjelang hari H, harga tidak menentu, biasanya lebih tinggi dan hewan pun sulit didapat.

Selain itu tren harga daging yang biasanya turun setelah Idul Fitri, tahun ini berbeda justru naik terus hingga Idul Adha.


  

Tebar Berkah Qurban, Dusun Kerug Majasingi Baorobudur

Rencananya selain di Desa Kenalan Pakis Magelang , kami juga akan menyalurkan di Desa Pedut Cepogo Boyolali, Diwak Dukun Muntilan dan Desa Kerug Majasingi Borobudur.

Desa-desa ini kami yakini sangat tepat untuk pembagian daging qurban. Daging bagi mereka makanan yang mewah. Desa ini juga termasuk desa binaan. Pembagian daging qurban sangat berarti agar, mereka tidak merasa sendiri  tanpa pembelaan menghadapi gempuran aqidah.

 Semoga kita di beri kelapangan rezeki agar dapat berkurban tahun ini.


"Barang siapa diberi kelapangan rizqi tidak berqurban maka jangan mendekati tempat shalat kami" (HR. At Turmudzi).

Laporan hasil kerja dari program ini akan kami sampaikan di website:


Mafaza-Online: Tebar Rahmat Jalin Ukhuwah Raih Kemenangan

Silakan di klik:

BARBERQU (teBAR BERkah QUrban)


Share this article :

Poskan Komentar