Rabu, 28 Agustus 2013

Home » » AS Pastikan Suriah Pakai Senjata Kimia

AS Pastikan Suriah Pakai Senjata Kimia

John Kerry | BBC
AS mempertimbangkan untuk melakukan opsi intervensi militer ke Suriah


Mafaza-Online.Com|AMERIKA- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengutuk penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah yang menurutnya "tak terbantahkan."

Dia menggambarkan serangan terbaru di wilayah Damaskus pekan lalu sebagai "kecabulan moral."

AS dan sekutunya sedang mempertimbangkan berbagai tindakan, termasuk kemungkinan serangan militer terhadap Suriah, meski Rusia - sekutu Suriah - telah memperingatkan mereka mengenai hal ini.

Sebelumnya, Senin (27/08), tim penyelidik senjata kimia yang diutus PBB ditembaki di Damaskus.

Tim itu diincar oleh penembak jitu ketika sedang bepergian ke salah satu dari lima situs di sekitar Damaskus di mana ratusan orang dilaporkan telah tewas pada 21 Agustus lalu.

Pemerintah Suriah membantah meluncurkan serangan kimia dan malah menuduh para pejuang pemberontak.

'Senjata keji'

"Apa yang kita lihat di Suriah pekan lalu harus mengejutkan hati nurani dunia. Ini sangat berlawanan dengan kode moralitas," kata Kerry dalam sebuah konferensi pers pada Senin (26/08) kemarin.

"Jangan salah, Presiden Obama percaya harus ada pertanggungjawaban bagi mereka yang menggunakan senjata paling keji di dunia terhadap orang-orang yang paling rentan."

Pemerintah AS memiliki informasi tambahan tentang serangan itu yang akan dipublikasikan beberapa hari mendatang, ujarnya.

Kerry mengatakan penundaan penyelidikan inspektur PBB ke lokasi adalah tanda bahwa pemerintah Suriah menyembunyikan sesuatu.

"Sebaliknya, mereka malah terus menyerang, menembak dan secara sistematis menghancurkan barang bukti. Itu bukan perilaku pemerintah yang tidak memiliki sesuatu untuk disembunyikan. Keputusan rezim untuk memberikan akses sangat terlambat," kata Kerry.

Sementara Presiden Suriah Bashar al-Assad memperingatkan AS untuk tidak melakukan intervensi militer dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Rusia Izvestiya Senin kemarin.

"Jika seseorang bermimpi untuk membuat Suriah boneka dari Barat, maka ini tidak akan terjadi," katanya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga mengatakan kepada wartawan pada hari Senin, Barat belum menghasilkan bukti bahwa pasukan Presiden Assad telah menggunakan senjata kimia.

Dia menanggapi usulan beberapa negara Barat untuk melakukan aksi militer terhadap pemerintah Suriah yang bisa diambil tanpa mandat PBB. (BBC)



MafazaOnline Peduli (MOP)

MOP Adalah dana yang dihimpun dari pembaca. Untuk membantu dakwah Islam.

Mari bersinergi, Kirim bantuan melalui Bank Muamalat Norek: 020 896 7284 Atau Rekening  Syariah Mandiri norek 069 703 1963. Atau BCA 412 1181 643 a/n Eman Mulyatman

Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama/Alamat/Jumlah/Bank/Peruntukkan (Pilih salah satu) 1. Desa Binaan 2. Motor Dai 3. Peralatan Shalat 4. Wakaf Al-Qur’an 5. Beasiswa 6. Dunia Islam

Syukran Jazakumullah Khair
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: AS Pastikan Suriah Pakai Senjata Kimia . All Rights Reserved