Selasa, 16 Juli 2013

Home » » Tips Agar Terhindar Kejahatan Selama Ramadan

Tips Agar Terhindar Kejahatan Selama Ramadan

BBM naik Kebutuhan meningkat, kriminalitas meningkat Polda Jabar berbagi tips agar warga waspada

MafazaOnline | Bandung - Selama bulan puasa Ramadan aksi kejahatan diperkirakan meningkat. Pelaku makin rajin berulah lantaran terdesak kebutuhan yang meningkat mendekati lebaran Idul Fitri. Polda Jabar berbagi tips agar warga waspada.

Kabidhumas Polda Jabar Kompes Pol Martinus Sitompul ragam tindakan krimimal mengincar siapa pun tanpa mengenal kalangan, lokasi, dan waktu. "Ada sejumlah tips menghindari dan waspada terhadap aksi kejahatan di bulan Ramadan," kata Martin di Bandung, Selasa (16/7/2013).

Tips dari polisi ini, kata Martin, bisa mencegah pelaku kejahatan melancarkan aksinya. "Selalu mengunci rumah saat ditinggal pergi, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat. Menempatkan atau menitipkan barang-barang berharga di tempat aman," tuturnya.

Martin meminta warga mesti aktif memantau situasi lingkungan sekitar rumah. Contohnya, memberitahukan kepada tetangga atau kepada petugas keamanan jika ada orang tak dikenal serta mencurigakan berkeliaran di sekitar rumah. Jangan lupa juga, mempersiapkan nomor atau kontak telepon pihak berwajib agar langsung bisa melaporkan kalau terjadi tindak kejahatan.

"Meminta pengawalan aparat apabila ingin mengambil uang dalam jumlah yang besar. Selain itu, usahakan ada yang menemani ketika bepergian," katanya.

Warga sebaiknya hindari bepergian melewati jalan sepi, terlebih sendirian. Jika memang ada rute harus melewati jalan sepi, ubahlah arah yang bisa memberikan semacam penerangan. "Pilihlah jalan yang dihuni atau permukiman. Biasanya jalanan sepi memang rawan tindak kejahatan," jelas Martin.

Martin mengingatkan warga agar berhati-hatilah terhadap orang sok akrab yang mengajak mengobrol atau berbicara.

Lebih lanjut ia menuturkan, bersikaplah tenang jika berhadapan dengan orang-orang yang mencegat atau bertemu di jalan. Sikap tenang akan memberikan inspirasi tindakan paling tepat. "Jangan tampakkan wajah takut oleh gertakan penjahat. Hadapilah gertakan itu seraya memandangnya dengan pandangan teduh dan bersahabat," paparnya.

Apabila ternyata pelaku kejahatan mulai bertindak, kata Martin, segeralah berlari sambil berteriak minta tolong. Sehingga memancing perhatian warga. Cara itu membuat penjahat merasa panik dan takut.

Kalau penjahat berhasil kabur, ingat-ingatlah wajahnya dan ciri-ciri fisik pelaku. "Catat dan hafalkan nomor kendaraan apabila membawa kendaraan agar memudahkan pihak berwajib dalam mencari tersangka. Terpenting yakni jangan panik. Tetaplah Anda tenang," ujar Martin. (detik)

IFTAR Infaq Taawun Ramadhan 



Share this article :

Posting Komentar