Selasa, 09 Juli 2013

Home » » Puasa, Bagaimana Caranya biar tidak Gampang Lemas?

Puasa, Bagaimana Caranya biar tidak Gampang Lemas?

Hindari minuman berkafein dan soda

MafazaOnline | Bulan suci Ramadhan, kaum Muslimin diharuskan untuk menahan makan dan minum selama 14 jam. Tentu bukan saat yang mudah alias perlu kesabaran. Selain sabar harus ada taktik juga lho. 

Lalu, bagaimana cara agar tubuh tidak mudah lemas saat berpuasa? Makanan atau minuman apa yang dipantang atau harus dijauhi. Karena salah minum bukannya tahan lapar malah bisa kena dehidrasi.

Kuncinya, hindari minuman berkafein dan soda. Ahli medis mengatakan bahwa kafein dalam kopi bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan buang air kecil berlebihan setelah meminumnya dan mengakibatkan dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh bisa menjadi lemas, pusing, bahkan pingsan. Wah?!

Solusi

Memenuhi kebutuhan cairan. Minum dua liter air mineral setiap hari secara teratur saat sahur, berbuka dan setelah solat tarawih untuk menghindari dehidrasi. Mengurangi minuman manis juga disarankan karena merangsang rasa haus cepat muncul.

Itu soal minuman, bagaimana dengan makanan? Sayuran dan buah. Ingin mengatasi dehidrasi selama Ramadhan? Manfaatkan buah dan sayuran kaya air, seperti semangka, melon, tomat dan jeruk. Selain kaya air, buah-buahan juga kaya akan nutrisi yang membantu mencukupi asupan stamina dan energi.

Minum susu. Untuk mencegah dehidrasi pada anak-anak, dapat diberikan susu saat menjelang imsak dan setelah berbuka puasa. Studi di McMaster University menunjukkan bahwa susu membantu kecukupan cairan tubuh, disamping kandungan protein, elektrolit, kalsium dan sebagainya yang bagus untuk kesehatan.

Semoga bisa melaksanakan shaum sesuai dengan tuntunan syariat yang diajarkan Rasulullah saw (Ghiboo.com)

Marhaban Ya Ramadhan Selamat Berlomba Mendulang Amal Shalih Di Bulan Yg Penuh Barokah
Diantara Amalan Besar yang Dikabarkan Kekasih kita, Nabi Muhammad  Shallallahu 'Alaihi Wasallam "Barang Siapa Yg Memberi Ifthar (Buka Puasa) kepada seorang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan Pahala puasanya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut"

Maka dalam Rangka mendulang amal shalih dan sekaligus mnjadikan Ramadhan sebagai bulan menebar rahmat dan ampunan Allah SWT, kami membuka program IFTAR (Infaq Taawun Ramadhan 1434 H)

MafazaOnline Peduli Bagi Kaum Muslimin dan Muslimat yang ingin mengirimkan dana IFTAR Infaq Taawun Ramadhan untuk Berbuka, Sahur dan berbagi bersama saudara-saudara kita di sekitar Gunung Merapi-Merbabu yang rawan pemurtadan, mari bersinergi. Kirim bantuan melalui

Bank Muamalat Norek: 020 896 7284 Bank Syariah Mandiri norek 069 703 1963 BCA norek 412 1181 643 a/n Eman Mulyatman Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama.../Alamat.../Jumlah.../Bank.../Peruntukkan Ramadhan

Maaf kami tidak terkait dengan Ormas atau Orpol manapun!

Atas ta'awunnya kami Ucapkan jazakumullahu khairon katsiron dan Taqobballallhu Minna Wa Minkum Shalihal A'mal.

 




Share this article :

Poskan Komentar