Rabu, 17 Juli 2013

Home » » ISN Selenggarakan Lomba Photography

ISN Selenggarakan Lomba Photography

‘Saatnya Kembali ke Masjid’
 Ajak Pecinta Hobi Photography untuk Mengangkat Eksotisme  Masjid Indonesia

mafaza-online.com | JAKARTA -  Sebagai komitmen dan kepedulian untuk menyebarkan dakwah dan syiar Islam di masyarakat, Indonesia Syiar Network (ISN) sebagai organisasi relawan yang bertujuan untuk mendukung Dakwah Islam melalui pendekatan kreatif yang segar, menyelenggarakan Lomba Photography yang terbuka untuk umum mulai tanggal 3 Juli hingga  Agustus 2013 mendatang.

Dengan mengusung tema ‘Saatnya Kembali ke Masjid’, Lomba Photography ini merupakan rangkaian dari program yang digelar Indonesia Syiar Network di bulan suci Ramadhan ini bertajuk “Tarhib Ramadhan’ yang telah diawali dengan kegiatan ‘Silaturahim Ulama’ yang dihadiri puluhan para ulama dari berbagai tempat di Indonesia beberapa waktu lalu.

Melalui program ‘Tarhib Ramadhan’ khususnya Lomba Photography ‘Saatnya Kembali ke Masjid’ ini, pihak Indonesia Syiar Network berkeinginan untuk menghidupkan kembali Masjid sebagai tempat beribadah bagi umat Islam di Indonesia. Lomba Photography ini bertujuan untuk merangsang dan memotivasi umat Islam khususnya pecinta hobi photography untuk mengangkat berbagai angle eksotisme masjid baik dari sisi eksterior, interior maupun aktivitas manusia di dalamnya.

Bercerita seputar Lomba Photography ’Saatnya Kembali ke Mesjid’ yang menjadi bagian dari program ’Tarhib Ramadhan’ yang digagas Indonesia Syiar Network ini, Imam Subchan perwakilan Indonesia Syiar Network memaparkan, 


”Kami prihatin dengan kondisi Masjid yang beberapa tahun belakangan ini terlihat mulai sepi dan ditinggalkan umat Islam. Kesibukan dan aktivitas umat Islam yang padat menyebabkan mereka tidak sempat untuk beribadah di Masjid sehingga kondisi Masjid menjadi seperti kehilangan ruh nya. Untuk membangkitkan fungsi Masjid sebagai tempat beribadah bagi umat Islam seperti beberapa tahun lalu sekaligus menjalin Ukhuwah Islamiyah, kami selenggarakan program ’Tarhib Ramadhan’ yang melalui Lomba Photography khususnya yang memfokuskan untuk menyemarakan Masjid menjadi tempat yang memberikan manfaat bagi umat Islam. Dengan itikad baik ini kami berharap dapat merangsang umat Islam untuk mulai meramaikan Masjid dengan berbagai kegiatan bermanfaat tak sekedar sholat saja tetapi juga dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti Pengajian, Diskusi, Ceramah dan sebagainya”.

Sebagai bentuk keseriusan dalam menyebarkan dakwah dan syiar Islam kepada masyarakat Indonesia ini, Indonesia Syiar Network pun tak berjalan sendirian dan menggandeng berbagai ulama dan tokoh agama Indonesia untuk memberikan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan Islam positif yang telah diagendakan sebagai kegiatan Ukhuwah Islamiah yang insya Allah berbunga pahala terutama di bulan suci Ramadhan yang memang merupakan bulan penuh berkah ini.

Untuk Lomba Photography ’Saatnya Kembali Ke Masjid’, Indonesia Syiar Network bekerjasama dengan 2 ulama dan tokoh agama Indonesia untuk menjadi Dewan Juri yaitu Yusuf Kalla yang mewakili Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Ustad Arifin Ilham yang mewakili Majelis Az-Zikra, serta juga para relawan dari Indonesia Syiar Network.

Keikutsertaan 2 ulama dan tokoh agama Indonesia menjadi Dewan Juri Lomba Photography ‘Saatnya Kembali ke Masjid’ ini tentunya disambut gembira oleh tim relawan Indonesia Syiar Network. Seperti dikatakan lebih jauh oleh Imam Subchan, 


“Alhamdulilah niat tulus rekan-rekan relawan untuk menggiatkan syiar Islam melalui berbagai kegiatan positif seperti halnya Lomba Photography ini mendapat dukungan dari para ulama dan tokoh agama. Tentunya keikutsertaan Ustad Arifin Ilham dan Jusuf Kalla sebagai Dewan Juri ini menambah bobot dari Lomba Photography ini. Kami menilai bahwa kepedulian untuk menghidupkan kembali Masjid telah menjadi perhatian utama beberapa ulama dan tokoh agama di Indonesia selama ini sehingga seperti gayung bersambut, niat tulus kami mendapat dukungan penuh dari mereka”. 

Selain dua juri kehormatan tersebut, kompetisi ini akan didukung oleh dua orang yang sangat kompeten dibidangnya, Sonny Sandjaja, Fotografer Arsitek dan Imelda Akmal, penulis buku arsitektur.

Sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, H.M Jusuf Kalla menunjukkan sikap terbuka ketika menerima kunjungan tim relawan Indonesia Syiar Network untuk memohon ijin dan mendapatkan dukungan dari Dewan Masjid Indonesia. Selama audiensi langsung dengan Ketua Umum Dewan  Masjid Indonesia hari Jum’at, 12 Juli 2013 lalu, Jusuf Kalla mengutarakan dukungan positifnya atas niat tulus dan kerja keras tim relawan Indonesia Syiar Network yang memiliki semangat dan keseriusan dalam menyebarkan dakwah dan syiar Islam ke masyarakat melalui berbagai kegiatan positif padat manfaat. 


“Mewakili Dewan Masjid Indonesia, kami sangat berterimakasih kepada Indonesia Syiar Network yang secara tidak langsung membantu kami untuk menyebarkan semangat dalam menghidupkan masjid di kalangan masyarakat luas. Tentunya Dewan Masjid Indonesia membutuhkan para relawan yang memiliki semangat tinggi dan pantang menyerah untuk terus menyebarkan dakwah dan syiar Islam secara berkesinambungan sekaligus mengajak masyarakat untuk menggairahkan masjid menjadi sarana beribadah dalam mencari Ridho Allah SWT serta menggerakkan majelis-majelis dzikir dan pengajian agar nilai-nilai dan rukun-rukun Islam tidak pudar”, ujarnya.
Hal senada pun diutarakan Ustadz Arifin Ilham dari Majelis Az-Zikra. Meskipun sempat sakit karena kelelahan beberapa waktu lalu, namun Ustadz Arifin Ilham tetap semangat dalam memberikan dukungannya bagi tim relawan Indonesia Syiar Network. 

“Niat tulus untuk menyebarkan nilai-nilai Islam tentunya harus mendapat dukungan dari kami para ulama Indonesia. Terlebih di bulan suci Ramadhan ini, saya pribadi selalu menaruh hormat kepada pihak-pihak yang memiliki kesadaran untuk menyeramakkan Ramadhan dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang harapannya mencari Ridho Allah SWT semata. Bulan Ramadhan adalah momen untuk merendahkan hati, memperbanyak doa dan memberikan aksi untuk perbaikan umat. Untuk itulah Majelis Az-Zikra selalu memberikan dukungan penuh kepada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk merangkul umat Islam untuk semakin memperdalam agama Islam. Saya berharap semoga kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh teman-teman relawan Indonesia Syiar Network mencapai tujuan mulia untuk mencari Ridho Allah SWT, aminn Ya Rabbal Alamin”.

Untuk Lomba Photography ’Saatnya Kembali ke Masjid’ ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya dimana peserta lomba dapat mengirimkan karya photography sebanyak-banyaknya ke situs http://photo-contest.isyiar.net/  atau twitter @SyiarNetwork  dan Facebook Fan Page Syiar Network. Tim Dewan Juri akan memilih 3 pemenang yang akan diumumkan pada tanggal 19 Agustus 2013 mendatang. Ketiga, pemenang Lomba Photography ini berhak mendapatkan hadiah menarik yaitu Uang sebesar Rp 5.000.000 untuk Juara 3, uang sebesar Rp 10.000.000  untuk Juara 2, dan Hadiah Umrah sebagai hadiah Juara 1

Share this article :

Posting Komentar