Jumat, 14 Juni 2013

Home » » Al Qolam Digital Pen IIQ raih rekor MURI untuk Ke-2 Kali

Al Qolam Digital Pen IIQ raih rekor MURI untuk Ke-2 Kali

Pemberian Penghargaan MURI Ke-2 kepada Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, Atas Produk Al-Qolam Digital Pen melalui programnya Mushaf Maqamat Metode Pembacaan Al-Qur'an Mujawwad dengan Maqamat terbanyak


Mafaza-Online | JAKARTA - Setelah sukses mendapat penghargaan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori “Pelopor Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Sistem Sensor” pada tanggal 21 Desember 2010 lalu, Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dengan PT Ekatama Cipta Lestari kembali menghadirkan produk inovatif melalui produk Al-Qolamnya yakni, “Mushaf Maqamat dengan Talking Pen type 8800” yang sekaligus menorehkan rekor MURI yang ke-2 untuk kategori “Metode Pembacaan Al-Qur’an Mujawwad dengan Maqamat Terbanyak,” Rabu 12 Juni 2013.

Dengan menghadirkan fitur pen yang telah menggunakan teknologi terbaru, mushaf Maqamat mempunyai beberapa fitur menarik dalam aplikasi untuk pembelajaran bacaan Al-Qur’an dengan Mujawwad (sangat efektif bagi yang ingin belajar lagu-lagu Al-Qur’an dengan metode maqamat yakni: Rast, Bayati, Hijaz, Shaba, Sikah, Jiharkah dan Nahawand). Alat ini bisa membaca per-ayat, per-maqam dan per-halaman. Disamping itu mushaf ini juga dilengkapi bacaan Al-Qur’an dengan murattal, bisa dibaca per-ayat, per-halaman, per-surah dan per-juz, penjelasan hukum tajwid 30 juz secara detil dan merekam suara sendiri sebagai memorial dan pembelajaran (untuk fitur lengkapnya dapat melihat data Factsheet terpisah).

Kehadiran Mushaf Maqamat ini tentunya sangat cocok untuk semua kalangan usia dan level masyarakat yang serius ingin mempelajari bacaan lagu-lagu Al-Qur’an melalui 7 lagu yang berbeda dengan irama yang indah dan menawan, sesuai firman Allah dalam QS Al Muzammil: 4 yang artinya, “Bacalah al-Qur’an dengan sebaik-baik bacaan” dan didalam hadits Nabi saw yang artinya:

“Hiasilah Al-Qur’an dengan kemerduan suaramu, sebab suara yang merdu menambah indah Al-Qur’an (HR Ad Darimi 2/474).

“Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memerdukan suaranya ketika membaca Al-Qur’an” (HR Bukhari 7524 dan lainnya)

“Hiasilah bacaa Al-Qur’an dengan suaramu” (HR Abu Daud dan Ahmad)

Mengenai kehadiran produk inovatif Mushaf Maqamat ini, PT Ekatama Cipta Lestari sebagai pengembang teknologinya merasa gembira dapat menghadirkan sebuah Al-Qur’an yang dapat dibaca dengan pen digital yang memiliki kemudahan-kemudahan bagi yang ingin belajar membaca Al-Qur’an.

Seperti diutarakan Amirul Yaqin selaku Head of Product Development di PT Ekatama Cipta Lestari, Sebagai produsen Talking Pen dan Teknologi Edukasi di Indonesia, dirinya merasa gembira dapat mempersembahkan produk inovatif yang mengikuti perkembangan zaman. Masyarakat Indonesia khususnya di kota-kota besar telah bergeser menjadi masyarakat modern yang sangat mobile, aktif dan serba instan, tentunya membutuhkan tool yang efektif dan bermanfaat, “Termasuk dalam belajar bacaan Al-Qur’an. Untuk itulah kehadiran Mushaf Maqamat ini tentunya dapat menjadi solusi fasih dalam membaca Al-Qur’an secara efisien dan benar,” kata Amirul Yaqin.

Sementara Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an Dr KH Ahsin Sakho Muhammad, MA dan Ketua Umum Yayasan IIQ Hj Harwini Joesoef menyambut gembira atas kehadiran Mushaf Maqamat yang diharapkan dapat menarik semakin banyak umat Islam untuk mempelajari bacaan Al-Qur’an.

Menurutnya, sebagai institusi yang berkonsentrasi pengembangan seni baca Al-Qur’an, pemahaman akan kandungannya, dan ilmu-ilmu kequr’anan lainnya, yang telah banyak melahirkan qariah dan hafizhah terbaik internasional, “Tentunya menyambut gembira keseriusan pihak-pihak terkait dalam menghadirkan produk ini,” ungkapnya.

Aplikasi metode ini, masih kata Ahsin Sakho, telah berdiskusi dengan beberapa pakar agama agar memberikan manfaat bagi yang membacanya. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Muslim sehingga dengan hadirnya Al-Qur’an dalam bentuk yang modern ini diharapkan akan menarik umat Islam untuk mulai mencintai dan membiasakan diri membaca Al-Qur’an yang dapat membentuk akhlak manusia menjadi baik dan santun. “Dengan fitur yang modern, sederhana namun multifungsi, kehadiran Mushaf Maqamat ini dapat menjadi tuntunan bagi umat Islam di era modernisasi ini,” terangnya.

KH Ahsin Sakho menambahkan, kehadiran Al-Qolam Digital Pen juga memperlihatkan bahwa umat Islam juga beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini, “Sehingga keberadaan Al-Qur’an tidak lagi hanya dalam bentuk cetak saja tetapi sudah dapat diperlengkap dengan fitur-fitur yang memudahkan bagi pembacanya dengan informasi lengkap dan benar,” katanya   
         
Kehadiran Mushaf Maqamat ini juga sekaligus meraih penghargaan MURI untuk kategori “Metode Pembacaan Al-Qur’an dengan Maqamat Terbanyak”. Penyerahan penghargaan MURI ini dilakukan oleh Jaya Suprana sendiri yang diberikan kepada Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

“Kami bangga dapat menyerahkan penghargaan MURI kepada pihak Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta atas inovasinya meluncurkan produk-produk Islami yang modern dan berteknologi tinggi,” tutur Jaya Suprana.

Dalam acara peluncuran Mushaf Maqamat ini turut dihadiri oleh berbagai ustadz dan ustadzah yang telah memiliki prestasi mengagumkan sebagai bentuk dukungan terhadap kehadiran Mushaf Maqamat ini yaitu, 1, Ustadzah Hj Maria Ulfah (Juara Internasional di Malaysia) 2, Ustadz H Ahmad Muhajir (Juara Internasional di Makkah) 3, Ustadz H Muhammad Ali (Juara Internasional di Iran) 4. Ustadzah Hj Rahmawati Hunawa (Juara Internasional di Malaysia) 5, Ustadz Dasrizal (Juara Nasional di Ambon) 6, Ustadz Riton Igitsani (Mahasiswa S2 IIQ) dan 7 Ustadzah Mariana (Mahasiswi S2 IIQ).

Sebagai informasi, Mushaf Maqamat ini sudah bisa Anda miliki hanya sebesar Rp 1.800.000,- Anda berminat hubungi Bapak Rahmat (021) 4466 8581  (Pin BB Request).

Lihat videonya di MafazaTV

Share this article :

Poskan Komentar