Senin, 07 Januari 2013

Home » » Turki Tangkap Mantan Kepala Staf Militernya

Turki Tangkap Mantan Kepala Staf Militernya

MafazaOnline-TURKI-Mantan kepala staf militer Turki telah ditahan untuk diinterogasi atas perannya dalam mengusir pemerintahan pro-Islam di tahun 1990-an, kantor berita resmi negara melaporkan.

Ismail Hakki Karadayi, seorang pensiunan kepala staf militer, ditangkap di rumahnya di Istanbul pada Kamis (3/1), kata kantor berita Andalou.

Polisi telah mengambil pria 80 tahun ke ibukota, Ankara, menanyainya tentang perannya dalam skenario pemaksaan pengunduran diri Necmettin Erbakan, mantan perdana menteri pada 1997.

Cevik Bir, seorang pensiunan jenderal yang ditahan pada bulan April tahun lalu mendesak agar Karayadi diperiksa terkait perannya  tentang pembentukan Kelompok Studi Barat (BCG) yang memainkan peran penting dalam pemecatan.

Bir mengatakan bahwa Karadayi resmi sebagai pengambil keputusan saat itu.

BCG didirikan di dalam tubuh militer untuk mengkategorikan politisi, intelektual, tentara dan birokrat, sesuai dengan latar belakang agama mereka dan ideologis selama kurun waktu kudeta militer.

Investigasi yang sedang berlangsung ini berusaha mengungkap siapa dibalik kudeta yang disebut “kudeta postmodern". Sejauh ini 60 orang telah ditahan atas tuduhan kudeta termasuk enam pensiunan jenderal, sebelumnya para mantan kepala staf angkatan udara dan militer didakwa pada bulan Mei 2012.

Tahun 1997 militer menekan Erbakan untuk mundur atas dugaan berusaha menegakkan hukum Islam di negara mayoritas Muslim namun sekuler itu. (M.Rani Tarigan/Jazeera)





==================================================
NASI JAGUNG MANGLIE SOLUSI UNTUK PENDERITA DIABETES  NASI Jagung Mangli adalah sebuah inovasi di bidang pengolahan hasil pertanian. Sebuah produk yang mengolah jagung menjadi makanan yang praktis dan mudah disajikan. Dengan cita rasa yang enak, unik, dan khas desa Mangli, Gunung Sumbing Magelang. Kini begitu mudah anda dapatkan di dalam produk NASI JAGUNG MANGLIE.
Silakan di Klik:
-----------------------------------------------------------------------------------------


Share this article :

Poskan Komentar