Kamis, 20 Februari 2020

Home » » Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghozalie Masroeri Wafat

Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghozalie Masroeri Wafat

PBNU berduka dan merasa sangat kehilangan atas kepergian ahli ilmu falakh tersebut 
Ketua Lembaga Falakiyah PBNU Kiai Ghozalie Masroeri meninggal dunia, Rabu (19/2/2020), pukul 10.45 di RS Suyoto, Bintaro | Foto/Istimewa

Mafaza-Online | Innalillahiwainnailaihirojiun. Ketua Lembaga Falakiyah PBNU Kiai Ghozali Masruri meninggal dunia, Rabu (19/2/2020), pukul 10.45 di RS Suyoto, Bintaro.

Ketua Harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas mengatakan informasi dari keluarga, jenazah dibawa pulang ke rumah duka di Jalan Besi Blok D 6 Nomor 6, Perumahan Pondok Jaya, Bintaro Sektor 5 untuk dimandikan. Selanjutnya jenazah akan diawa ke PBNU untuk disalatkan usai Asar. Jenazah rencananya akan dikebumikan di Purwodadi.

"PBNU berduka dan merasa sangat kehilangan atas kepergian ahli ilmu falakh tersebut," ujar Ketua PBNU Robikin Emhas kepada wartawan.

Robikin menambahkan, dalam menentukan akhir dan awal bulan, NU menggabungkan dua metode sekaligus, yakni hisab dan rukyat.

"Hisab adalah suatu metodologi berbasis ilmu pengetahuan untuk melihat posisi bulan. Sedangkan rukyat adalah rangkaian proses guna mengonfirmasi secara faktual posisi bulan. Semacam verifikasi faktual terhadap hasil hisab yang dilakukan sebelumnya," katanya.

Almarhum KH Ghozalie Masroeri adalah salah seorang di antara ahlinya. Almarhum, bahkan dipercaya dan diberi amanah untuk mempimpin lembaga di PBNU yang membidangi hal itu, yakni Lembaga Falakhiyah.

"Sebagai muslim, kita semua berutang atas jasa beliau tersebut. Semoga jasa beliau menjadi wasilah (jembatan) diturunkannya rahmat kepada almarhum sehingga mendapat tempat terhormat di sisi-Nya," tutur Robikin.


Selain itu, PBNU juga menginstruksikan kepada kalangan nahdliyin untuk melakukan salat ghaib.

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

Share this article :

Posting Komentar