Sabtu, 10 Agustus 2019

Home » , » VIRAL Kejujuran Empat Siswa SMP Blitar

VIRAL Kejujuran Empat Siswa SMP Blitar

Viral, 4 Siswa SMP Kayuh Sepeda Sejauh 8 Km Kembalikan Dompet Berisi Uang Rp 900 Ribu


surya.co.id/samsul hadi
Travis dan Nur Hamid, dua dari empat siswa yang viral setelah mengembalikan dompet yang ditemukan di pinggir jalan ke pemiliknya saat dipanggil di ruang guru di SMPN 8 Kota Blitar, Jumat (9/8/2019). 

Mafaza-Online | Empat siswa SMPN 8 Kota Blitar yang viral di media sosial setelah mengembalikan dompet berisi uang Rp 900.000 yang ditemukan di pinggir jalan ke pemiliknya mendapat reward dari pihak sekolah.

Rencananya, penghargaan itu akan diberikan di acara puncak HUT ke-35 SMPN 8 Kota Blitar.

Kepala SMPN 8 Kota Blitar, Sri Sulistijo Andajani mengaku bangga dengan sikap yang dilakukan keempat siswanya.

Sikap keempat siswa itu bisa menjadi teladan bagi teman-temannya.

"Kami sangat bangga dengan sikap mereka. Ini menjadi kado indah di Hari Ulang Tahun SMPN 8 Kota Blitar," kata Sri Sulistijo, Jumat (9/8/2019).

Dikatakannya, sebenarnya sekolah sudah mendengar kabar soal keempat siswanya yang viral di media sosial sejak Rabu (7/8/2019) malam.

Ada guru yang sudah melihat postingan foto tentang keempat remaja sedang mengembalikan dompet yang ditemukan di pinggir jalan ke pemiliknya di akun Facebook Aris Dwi Cahya Ningrum.
FB Aris Dwi Cahya Ningrum
Aris Dwi Cahya Ningrum ini merupakan pemilik dompet berisi uang Rp 900.000 yang ditemukan para remaja itu.

Tetapi, sekolah belum tahu siapa saja keempat siswa itu.

"Kami sudah dengar keempat remaja itu siswa SMPN 8. Tapi kami belum tahu siapa saja mereka. Baru kemarin (Kamis) kami tahu nama keempat siswa itu," ujarnya.

Sekolah sudah memanggil keempat siswa itu pada Jumat (9/8/2019). Para guru ingin mendengarkan cerita keempat siswa itu saat menemukan dompet dan mengembalikan ke pemiliknya.

"Kami sudah mendengar cerita dari mereka tadi pagi," katanya.

Humas SMPN 8 Kota Blitar, Winarno mengatakan apa yang dilakukan keempsat siswa itu mencermikan sikap kejujuran. Menurutnya, di era sekarang ini, sikap jujur sudah menjadi barang langka. Tetapi, keempat siswa itu masih memegang sikap kejujuran saat bergaul di masyarakat.

"Saya juga terharu setelah mendengar cerita mereka. Kejujuran yang sekarang ini sudah menjadi barang langka, ternyata masih dipegang oleh empat siswa itu. Pendidikan karakter yang selama ini ditanamkan di sekolah berarti berjalan," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, M Sidik juga bangga dengan tindakan yang dilakukan empat siswa SMPN 8. Dinas juga akan memberikan penghargaan kepada empat siswa itu.

"Saya juga sudah menghubungi kepala sekolah agar memberikan penghargaan ke siswa," katanya.

Photo :
  • Facebook
Komen Aris Dwi Cahya Ningrum
Pemilik dompet, Aris Dwi Cahya Ningrum mengatakan tidak ada niat apa-apa saat memposting foto keempat siswa itu ke akun Facebooknya.

Dia juga tidak menyangka kalau postingannya menjadi viral. Awalnya, dia hanya terharu dengan sikap empat siswa yang sangat jujur mengembalikan barang-barang miliknya yang jatuh di pinggir jalan.

"Saya memfoto mereka diam-diam saat di rumah. Saya langsung memposting foto mereka di Facebook saat mereka masih di rumah orangtua saya," katanya.

Sebelumnya, empat bocah SMP asal Kota Blitar mendadak viral di media sosial. Setelah foto mereka saat mengembalikan dompet yang ditemukan di pinggir jalan ke pemiliknya diunggah oleh akun Facebook Aris Dwi Cahya Ningrum.

Postingan akun Facebook Aris Dwi Cahya Ningrum terkait aksi keempat bocah SMP itu sudah dibagikan sebanyak 1.500 kali hingga Kamis (8/8/2019).

Postingan itu juga ditanggapi oleh 3.600 warganet, mendapat komentar sebanyak 526 dari warganet dan 1700 orang membagikan.

Di postingan itu terlihat foto keempat bocah sedang duduk di kursi ruang tamu sebuah rumah. Dua bocah memakai seragam SD dan dua lagi mengenakan seragam SMP. Tiga dari empat bocah tampak sedang minum teh kemasan.

Dalam postingan itu, pemilik akun Facebook Aris Dwi Cahya Ningrum menambakan keterangan; 'Ya Allah nak... Ini real ya.. Dompet saya jatuh dan di dalam ada uang Rp 900 rb... Dan dikembalikan dari klampok sampai di sentul pipp dia ngontel gek panas" ya Allah nak.. Umur semono km jujurmen, aku jan terharu'.

Aris lalu membalasa komen yang membanjir laman FBnya:
FB
  •        
Komen Aris Dwi Cahya Ningrum


Ak gaisa bales satu" ya gaess.. Byk yg nanya dikasih imbalan tak.. Dikasih makan tak.. 

Alhamdulillah gaesss.. Saya sdh kasih imbalan sepantasnya dan uang makan buat mreka, krn mreka antar ny bukn dirumh saya tp dirumh bapak saya.. Dan bapakku pas ra masak gaes🤣mkane ta kasih uang mkan sndiri.. Alhamdulillah gaes... Kelingan anak" ini aku lngsung nangis lo terharu...


Keempat bocah yang viral di media sosial itu belakangan diketahui siswa kelas 7 SMPN 8 Kota Blitar. Mereka, Travis Hemar Borneo (14), Hevrian Cahya Putra Pratama (12), Nur Hamid Hidayat (13), dan Gatan Mahendra (12).

Keempatnya merupakan teman sejak kecil dan tinggal di satu kelurahan, yaitu, Kelurahan Klampok, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Mereka awalnya juga berasal dari satu SD yang sama, yaitu, SDN Klampok 1 Kota Blitar.

SURYA.co.id | BLITAR

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: VIRAL Kejujuran Empat Siswa SMP Blitar . All Rights Reserved