Rabu, 28 Agustus 2019

Home » » Segarkan Kembali Program UKS

Segarkan Kembali Program UKS

  • MI Daarussalaam Secang 




SENIN SEHAT Kegiatan gosok gigi  di MI Al-Iman Daarussalaam Candisari Secang Magelang
UKS adalah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama (Departemen Kesehatan)


Mafaza-Online | Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu. Ini adalah program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama. Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

UKS Maksimalkan Potensi Anak
Menyiapkan tunas bangsa sebagai pewaris masa depan yang lebih baik dinilai sangat penting. Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS) merupakan upaya strategis untuk menyiapkan peserta didik yang sehat.

"UKS memaksimalkan potensi dan prestasi anak," kata Asisten III Setda Kota Magelang, Jawa Tengah Isa Ashari.

Isa menyampaikan itu saat sosialisasi Pemantapan Kelembagaan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) tingkat Kota Magelang, di Aula Adipura Kencana Setda Kota Magelang, Senin (15/4/2019). Sosialisasi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono yang diwakili Asisten III Setda Kota Magelang Isa Ashari.

Adapun peserta berasal dari unsur kepala sekolah tingkat SMP/Madrasah, tim pembina UKS Kecamatan, tim pelaksana UKS SD/SMP se-Kota Magelang dan instansi terkait.

"Sosialisasi untuk memantapkan peran masing-masing Tim Pembina, Tim Pelaksana, dan Puskesmas dalam melaksanakan program UKS kedepan," jelasnya.

Kegiatan pokok UKS dilaksanakan melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat sekolah dengan sasaran primer peserta didik, pendidik, tenaga pendidik dan masyarakat sekolah.

Menurutnya, upaya menjaga kesehatan bisa dimulai dari lingkungan sekolah yang menekankan pada perubahan perilaku. Oleh karena itu program UKS ini penting karena memuat pendidikan kesehatan sejak dini.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Magelang Hadi Sutopo menuturkan, sosialisasi ini bertujuan untuk pemantapan lembaga UKS di setiap sekolah di Kota Magelang. Kemudian untuk menyegarkan kembali program UKS di tingkat sekolah sebagai pendukung pelayanan di bidang pelayanan.

"Disamping itu, juga sebagai upaya kelembagaan pola hidup bersih sejak usia dini, guna mendukung gerakan masyarakat sehat (germas)," jelas Hadi, dalam sambutannya.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Magelang yang memberikan pembinaan dan pelaksanaan UKS, PMI Kota Magelang yang memberikan materi tentang Penanganan Pertolongan Pertama (PP), dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang.






Silakan Klik
DUA VARIAN RASA Gula Aren dan Kayu Secang




Urgensi UKS
UKS merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat, yang pada gilirannya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal.

Usaha Kesehatan Sekolah merupakan bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta lingkungan hidupnya, dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak sebaik-baiknya dan sekaligus meningkatkan prestasi belajar anak sekolah setinggi-tingginya.

Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS/M) Pengembangan Model Sekolah Sehat Dan PKPR.

Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah-sekolah sangat penting. UKS harus diterapkan dalam rangka menjaga kesehatan fisik dan psikis siswa-siswi sekolah.

Sekolah juga harus menjadi dasar pembelajaran tentang budaya hidup bersih dan sehat sejak anak usia dini. 
  • MI Daarussalaam Secang 




SENIN SEHAT Kegiatan gosok gigi  di MI Al-Iman Daarussalaam Candisari Secang Magelang
UKS merupakan upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

Ruang lingkup program Usaha Kesehatan Sekolah tercermin dalam Tri Program Usaha Kesehatan Sekolah (TRIAS UKS) yaitu penyelenggaraan pendidikan kesehatan, penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.
   
Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, Petugas Pelaksana Program UKS di Puskesmas harus memiliki kompetensi antara lain :

  • Memahami Program UKS melalui Trias UKS.
  • Memiliki kemampuan dalam melaksanakan pelayanan dan penjaringan kesehatan di sekolah.
  • Memiliki kemampuan melakukan monitoring dan evaluasi program UKS di wilayah kerjanya.
  • Memiliki kemampuan menyusun laporan program UKS

Silakan klik:



Share this article :

Posting Komentar