Minggu, 25 Agustus 2019

Home » » Edukasi Jamu di Sekolah Unggulan MHT Jakarta

Edukasi Jamu di Sekolah Unggulan MHT Jakarta

Sehat saja tidak cukup, tapi juga perlu bugar dengan stamina yang bagus. Contoh bugar misalnya: tidak mudah mengantuk, tidak mudah lemas, walau pada saat-saat tertentu kurang istirahat, badan fit selalu. Untuk itu siswa perlu menerapkan gaya hidup yang sehat (healthy lifestyle)



  • Facebook




dr. Inggrid Tania, M.Si.memberikan edukasi tentang Jamu di Sekolah Unggulan MHT Jakarta. 
   

Mafaza-Online | Untuk menyambut siswa baru kelas X, SMAN Unggulan MH Thamrin (MHT) Jakarta mengadakan Family Gathering 2019, Ahad (18/8/2019). Pada kegiatan ini diadakan edukasi tentang: Jamu. Agar para siswa memperoleh pengetahuan cara sehat dengan minum Jamu. Penyelenggara acara ini OSIS MHT bersama orangtua siswa baru. 

MHT adalah sekolah negeri yang didirikan Pemda DKI Jakarta dengan inisiator Gubernur Sutiyoso saat itu. Sebagai sekolah unggulan berkonsep asrama yang menampung anak-anak CIBI (Cerdas Istimewa, Berbakat Istimewa) di bidang sains IPA. Tagline MHT: School of Science and Olympiads.

Prestasi MHT terakhir: Mempertahankan peringkat 1 UN SMA IPA Nasional dan Peraih Medali Emas Terbanyak pada Olimpiade Sains Nasional dan menjuarai beberapa Olimpiade Sains Internasional. Tahun 2019 ini, SMA MHT menerima 88 siswa hasil seleksi dari seluruh Indonesia.

Setiap hari, siswa-siswa MHT belajar dari jam 06.30 pagi hingga jam 21.30 malam. Setiap siswa wajib mengikuti 3 kurikulum sekaligus, yakni Kurikulum Diknas, Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Olimpiade Sains. Seluruh siswa MHT mendapat beasiswa dari Pemda DKI Jakarta yang sumber dananya berasal dari APBD DKI Jakarta.

Dengan aktivitas yang sangat padat, tentunya dibutuhkan tubuh yang sehat dan bugar. Kebetulan untuk acara Family Gathering MHT tahun ini, Dr. Inggrid Tania, M.Si. mendapat tugas memberikan talkshow kesehatan di hadapan Siswa, Guru dan Orangtua.





Silakan Klik
DUA VARIAN RASA Gula Aren dan Kayu Secang





Tema talkshow "Sehat Bugar Dengan Jamu dan Gaya Hidup Sehat", mengingat seluruh siswa MHT memiliki aktivitas yang sangat padat.

Tujuan Talkshow Kesehatan ini memberikan edukasi kepada civitas MHT, terutama kepada siswanya. Mereka butuh tubuh sehat dan bugar agar dapat beraktivitas, belajar, berkarya dan berprestasi.

Sehat saja tidak cukup, tapi juga perlu bugar dengan stamina yang bagus. Contoh bugar misalnya: tidak mudah mengantuk, tidak mudah lemas, walau pada saat-saat tertentu kurang istirahat, badan fit selalu. Untuk itu siswa perlu menerapkan gaya hidup yang sehat (healthy lifestyle).

Di samping membutuhkan nutrisi yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup berkualitas, menjaga kebersihan dan olahraga teratur setiap hari minimal 30 menit untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit. Sangat baik mengkonsumsi jamu sebagai makanan fungsional, minuman kesehatan. Jamu sebagai suplemen kesehatan guna menunjang vitalitas, sehingga stamina senantiasa prima.

Untuk itu, dr. Inggrid Tania membagikan beberapa resep jamu untuk kebugaran, dan juga untuk mengatasi beberapa keluhan ringan yang biasa mereka rasakan selama beraktivitas tinggi. Diantara resep Jamunya adalah sebagai berikut: Kunyit Asem, Beras Kencur, Temulawak, Gula Asem, Kunyit Sirih, Cabe Puyeng, Sinom, Minuman Secang, Pahitan dan Anggur Jamu.

Dr. Inggrid Tania, M.Si. memberikan edukasi tentang jajanan yang sehat. Seperti: jajanan sayur-sayuran, buah-buahan dan minuman jamu.

Dr Inggrid juga menyampaikan pesan tentang bagusnya memanfaatkan lahan sekolah MHT yang luas untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA). "Untuk menambah keindahan, menghijaukan, menjaga lingkungan, sekaligus dapat dimanfaatkan tanaman obatnya," saran dr. Inggrid Tania.

Selain itu, juga disampaikan pesan kesehatan lingkungan untuk asrama MHT yang lokasinya di perkotaan. Kesehatan lingkungan berupa, mengurangi dan mengelola sampah serta pengendalian vektor nyamuk yang dapat mengakibatkan penyakit seperti demam berdarah Dengue.

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Edukasi Jamu di Sekolah Unggulan MHT Jakarta . All Rights Reserved