Minggu, 28 Juli 2019

Home » » Jabbal Abi Qubais Saksi Mukjizat Rasulullah ﷺ

Jabbal Abi Qubais Saksi Mukjizat Rasulullah ﷺ

Banyak situs bersejarah yang berlokasi di dekat Masjidil Haram, salah satunya adalah Jabbal Abi Qubais. Abi Qubais adalah sebuah gunung bukit yang berdekatan dengan Masjidil Haram, letaknya searah dengan Hajar aswad. Abi Qubais dekat dengan Bukit Shafa

   
Jabbal Abi Qubais dulu | Wordpress 
Mafaza-Online |
 Menurut catatan ahli, dulunya ketinggian Gunung Abi Qubais kira-kira 420 meter. Kebayang kan bagaimana bugarnya fisik Rasulullah  yang sering turun naik gunung ini. Oleh sebab berbagai penataan tata letak kota, gunung ini sudah banyak berubah. 

Gunung ini dulu selain tempat bertemunya jemaah haji Indonesia, juga sebagai tempat kumpulnya ulama-ulama Tasawuf. Jabal Abi Qubais adalah saksi, ketika Syekh Akbar Abdul Fattah menerima mandat sebagai Mursyid Tarekat dari Syekh Ahmad as Syarif as Sanusi Al Khaththabi Al Hasani. 

Keutamaan gunung ini menjadi saksi sejarah dalam beberapa episode  perjalanan dakwah Rasulullah . Apa saja kejadian tersebut?

1. Tatkala Rasulullah berdakwah, beliau naik ke gunung ini. Fisik Rasulullah memang kuat, staminanya luar biasa. Dari ketinggian gunung ini beliau    membacakan firman Allah SWT: "Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kali, dan mengendarai unta yang kurus, yang datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS 22:27).

2. Menjadi saksi dalam pembuktian salah satu mukjizat Rasulullah , yaitu terbelahnya bulan, dalam firman-Nya: "Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan." (QS 54:1). Kafir Quraisy telah meminta kepada Nabi untuk membuktikan kenabiannya agar beliau ﷺ membelah bulan. Maka dengan kekuasaan Allah SWT beliau telah membelah bulan menjadi dua dengan tunjukan jari beliau. Peristiwa disaksikan oleh kaum musyrikin Makkah bahwa bulan benar-benar terbelah dua, satu belahan berada di atas Jabal Qubais, dan belahan kedua bergerak kearah Jabal Qaiu’an atau Qu’aiqu’an yang terletak berhadapan dengan bukit Marwa. Meski peristiwa ini sangat hebat, Abu Jahal tetap tidak beriman. Hatinya sudah terkunci mati. 
Jabbal Abi Qubais sekarang 

3. Menjadi salah satu dari dua gunung yang pada saat awal-awal dakwah pernah ditawarkan oleh Malaikat kepada Rasulullah   untuk ditimpakan kepada kaum Musyrikin Makkah.

4. Gunung yang pertama diciptakan Allah SWT di muka bumi ini, dalam sabdanya: Sesungguhnya gunung pertama yang diciptakan Allah SWT adalah gunung Abi Qubais. (HR Baihaqi). Namun hadits ini mendapat kritikan Dha'if oleh Syekh Albani dalam Shahi wa dha'if al Jami nomor 4941).


Abi Qubais adalah gunung tandus berbatu, yang menjadi saksi sejarah perkembangan dakwah Islam. Ada riwayat yang mengatakan, bahwa batu-batu yang digunakan untuk membangun Baitullah oleh nabi Ibrahim as diambil dari Jabal Abi Qubais dan Jabal al-Ka’bah.

Terkait:

Silakan Klik 
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar