Sabtu, 22 Desember 2018

Home » » Terkepung, Petahana Makin Sulit Untuk Menang

Terkepung, Petahana Makin Sulit Untuk Menang

Di pilpres 2019, yang dihadapi Petahana tak hanya Prabowo. Ada sejumlah pihak yang tak bisa diremehkan kekuatannya

Oleh: Tony Rosyid

Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

   
Pilpres 2019
Mafaza
-Online |
Head to head lawan Prabowo, Petahana di atas angin. Survei membuktikan. Ini bukan soal integritas dan kapasitas. Tapi, soal bagaimana merebut hati rakyat. Dalam konteks ini, Petahana jauh di atas Prabowo. Kemampuan self branding Petahana tak mudah ditandingi. Petahana sudah membuktikannya sejak nyalon walikota Solo, lalu gubernur DKI, lanjut presiden.

Di pilpres 2019, yang dihadapi Petahana tak hanya Prabowo. Ada sejumlah pihak yang tak bisa diremehkan kekuatannya.

Pertama, Sandiaga Uno. Anak ganteng ini berhasil merebut hati emak-emak di pedesaan dan kaum milenial. Sandi juga mampu berdialog secara rasional dengan kalangan perkotaan dan kelas menengah atas dengan program ekonominya. Kedaulatan pangan, stabilisasi harga dan pembangunan infrastruktur tanpa hutang adalah program yang saat ini jadi antitesa Petahana. Gagasan Sandi tepat dan menyasar rasionalitas rakyat. Menghadapi Sandi, Petahana mati langkah. Hadirnya Sandi yang setiap hari 10-15 kali mengunjungi komunitas massa berhasil menggerus kantong-kantong para pendukung Petahanai. Terutama di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pelan tapi pasti, operasi terhadap gerakan 212 justru menggerogoti elektabilitas Petahana

Kedua, mesin politik umat. Orang mengenalnya dengan gerakan 212. Petahana kelelahan menghadapi gerakan massa 212. Berbagai ikhtiar rekonsiliasi tak berhasil. Pola ofensif malah sering menciptakan blunder politik. Pelan tapi pasti, operasi terhadap gerakan 212 justru menggerogoti elektabilitas Petahana. Belum terlihat ada langkah efektif dari kubu Petahana untuk menghambat, atau menjinakkan gerakan 212. 

Kehadiran Ma'ruf Amin yang semula disekenariokan untuk menghadang pengaruh 212, tak berhasil. Buktinya? Fatwa "minor" Ma'ruf terkait dengan Reuni 212 justru dijawab dengan jumlah massa yang jauh lebih besar dari aksi-aksi sebelumnya. Dan dalam reuni itu yang bergema adalah shalawat khas kaum Nahdliyyin. Artinya, massa yang hadir banyak  dari kalangan Nahdliyyin. Ini indikasi bahwa pengaruh Ma'ruf di kalangan Nahdliyyin tidak sebagaimana yang dibayangkan orang selama ini. Terutama ketika sejumlah Kiai dan alumni santri Tambak Beras maupun Tebu Ireng Jombang, tempat lahirnya NU, deklarasi dukung Prabowo-Sandi.

MOIIA Silky Pudding


Barangkali ada yang pernah liat...

Terus lupa siapa yg jual πŸ˜ 

πŸ’₯Yes..I'm here πŸ˜ƒ 

⇩⇩⇩

Silakan Klik:



Gerakan 212 bukan sekadar kerumunan massa. Mereka terkonsolidasi dengan cukup baik dan rapi dalam melakukan perlawanan politik terhadap Petahana. Pilgub DKI, Jabar dan Jateng telah memberi bukti nyata adanya konsolidasi politik keumatan. Mereka mampu memberikan suara signifikan di tiga wilayah itu. 

Tidak saja konsolidasi darat yang cukup baik, mesin keumatan juga mampu melahirkan kelompok-kelompok cyber  yang menjamur di berbagai wilayah. Tak ada yang tahu pasti berapa jumlah kelompok cyber ini. Mereka adalah sukarelawan yang militan dan masif bergerak di media. Dengan biaya dan logistik masing-masing. 

Ketiga, adalah SBY. Presiden RI ke-6 ini gak bisa dikecilkan perannya. Jika di pilpres 2014 SBY dianggap netral, atau malah lebih condong ke Petahana, maka di pilpres 2019, tak ada pintu lain bagi SBY kecuali bergabung dengan Prabowo-Sandi. Resistensi pimpinan PDIP tak memberi ruang yang nyaman buat SBY dan Demokrat untuk berada di kubu Jokowi-Ma'ruf. 

Memenangkan Prabowo-Sandi bagi SBY dan Demokrat di pilpres 2019 adalah harga mati. Tak ada pilihan lain dan juga keraguan yang tidak perlu. Kemenangan Prabowo-Sandi adalah kemenangan SBY dan Demokrat. Tentu juga kemenangan bagi partai-partai pengusung lainnya. Kemenangan ini akan menjadi ruang yang kondusif buat AHY, sang putra Mahkota untuk tampil dan mempersiapkan diri berkiprah lebih besar terhadap bangsa ini.

SBY ditambah mesin politik PKS yang rapi, solid dan militan dipastikan akan ikut membesarkan elektabilitas Prabowo-Sandi

SBY dipastikan akan all out. Apalagi setelah partainya mengalami penetrasi dari pihak-pihak yang "misterius". Pengrusakan bendera, spanduk dan baliho di Pekan Baru yang jumlahnya ribuan itu adalah sebuah bentuk penghinaan dan pelecehan. Tidak hanya kepada Demokrat, tapi terutama kepada SBY. Karena, pengrusakan itu bertepatan dengan kehadiran SBY di Pekan Baru. Atribut yang sedianya menyambut SBY diturunkan, sebagian disobek, dan sebagian lagi dimasukin selokan. Padahal, di spanduk dan baliho ada foto SBY. Bahkan foto SBY bersama istrinya. 

Soal strategi, SBY adalah salah satu jenderal terbaik. Dua kali menang telak dalam pertempuran pilpres adalah bukti kepiawaian politiknya. Tak banyak jenderal punya kemampuan ini. Bahkan Wiranto, sang mantan Panglima TNI beberapa kali gagal.

Pasca pengrusakan atribut Demokrat yang dramatis itu, SBY tampak semakin bulat tekatnya mengalahkan Petahana. Pertemuan SBY-Prabowo Jumat kemarin (21/12) tampak makin menguatkan tekad itu. Ditambah mesin politik PKS yang rapi, solid dan militan dipastikan akan ikut membesarkan elektabilitas Prabowo-Sandi.

Keempat, Petahana menghadapi masalah internalnya sendiri. Masalah ini dibagi dua. Pertama, terkait kinerja. Terkait kinerja, Petahana terbebani dengan janji politiknya yang tak tertuntaskan. Petahana juga menghadapi masalah kedaulatan pangan dengan berbagai impor yang mengundang protes para petani. Belum juga soal membludaknya tenaga kerja China. infrastruktur yang mangkrak dan menyisakan hutang besar menjadi persoalan yang telah mempengaruhi persepsi publik. Ini semua menjadi beban politik yang harus dihadapi Petahana di pilpres 2019. Disisi lain, belum nampak Bahan jualan yang seksi, dan mampu menghipnotis rakyat seperti gagasan mobil Esemka saat itu. Padahal yang dilihat rakyat saat ini adalah bukti dan produk kerja, bukan gagasan. Sebab, Jokowi adalah petahana.

Kedua, terkait timses. Langkah timses Petahana seringkali melakukan blunder politik. Operasi aparat dan birokrasi tak rapi. Misal, tak tuntasnya berbagai kasus, menjadi "aura negatif" bagi kubu Petahana. Persekusi para pendukung Petahana justru menggerus elektabilitas. Kampanye vulgar menteri dan bupati telah melukai psikologi rakyat. 

Dari trend elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi yang semula berjarak di atas 20% di bulan Agustus, kini sudah di bawah 10%, adalah tanda bahwa peluang Petahana untuk memenangkan pilpres makin tipis. Waktu tersisa tiga setengah bulan. Melihat trend suara, karakter dan dinamika variabel, waktu tiga setengah bulan cukup bagi Prabowo-Sandi untuk menyalip elektabilitas Petahana. 

Belum lagi faktor beralihnya dukungan pengusaha dan media serta faktor kepanikan kubu Petahana ketika elektabilitas Prabowo-Sandi sudah rapat. Variabel baru ini akan makin memperburuk elektabilitas Petahana di awal 2019. Jika tak ada hasil dan produk  kerja yang spektakuler dan luar biasa, sulit bagi Petahanai untuk menang. Artinya, peluang terjadinya pergantian presiden di 2019 lebih besar

Jakarta, 22/12/2018
(Edited by : Umi Yez Jasmed)





Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Terkepung, Petahana Makin Sulit Untuk Menang . All Rights Reserved