Rabu, 16 November 2016

Home » » Riau raih peringkat tiga Olimpiade Sains Nasional 2016

Riau raih peringkat tiga Olimpiade Sains Nasional 2016

Adapun murid berprestasi yang berhasil meraih medali emas dalam mata pelajaran IPA yaitu Muhammad Nabiel Shafa dari SD IT Mutiara Pinggir Bengkalis

 
M. Nabiel Shafa, siswa SDS IT Mutiara Pinggir Riau, peraih Medali emas di IMSO 2016
Mafaza
-Online |
Pekanbaru  Provinsi Riau sukses meraih peringkat tiga dalam kompetisi Olimpiade Sains Nasional 2016 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan.

"Alhamdulillah Riau meraih prestasi sebagai peringkat ketiga dalam ajang OSN SD. Posisi ini berada di bawah DKI Jakarta dan Jawa Tengah," ujar Kepala Dinas Disdikbud Riau, Kamsol, di Pekanbaru, Jumat.

Prestasi-prestasi yang didapatkan Riau diantaranya tiga medali emas, dua perak, tiga perunggu, dan satu orang eksperimen terbaik. Disampaikannya bahwa prestasi ini sangat membanggakan sekali, karena selain jauh lebih baik dari pada prestasi tahun-tahun sebelumnya. Pada OSN ini, Riau berhasil mengungguli provinsi lainnya yang ada di Pulau Sumatera.

Dengan capaian itu, sekaligus akan menjadi barometer kedepan, mengingat penyelenggaraan OSN-SD nantinya akan diselenggarakan di Provinsi Riau tahun 2017 mendatang.

Kemudian diinformasikannya juga daftar provinsi yang meraih peringkat 10 besar dalam OSN SD di Palembang tersebut diantara, Provinsi Jawa Tengah dengan 5 emas, dan 4 perak. Selanjutnya DKI Jakarta raih 4 emas, 4 perak, dan 4 perunggu, lalu diraih Riau dengan 3 emas, 2 perak, dan 3 perunggu.

Sedangkan posisi empat diraih oleh Provinsi Jawa Barat dengan 2 emas, 7 perak, dan 2 perunggu, dilanjutkan Provinsi Bali yang mendapatkan 1 emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Kemudian disusul D.I. Yogyakarta denga 1 emas, 2 perunggu dan 7 perunggu, lanjut posisi delapan dari Provinsi Banten dapat 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu, disusul oleh Jawa Timur dengan 1 emas, 1 perak dan 5 perunggu.

Sementara itu dua posisi terakhir diraih oleh Provinsi Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara dengan masing-masing perolehan yaitu 1 emas, dan 1 perak, serta satu emas untuk peringkat terakhir.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan SD Disdikbud Riau, Azwandi menyampaikan bahwa mata pelajaran yang di olimpiadekan tersebut diantaranya, Ilmu Pengetahun Alam dan Matematika.

"Untuk IPA Riau berhasil meraih tiga emas, satu perak dan 2 perunggu, sedangkan pada bidang Matematika kita baru bisa meraih satu perak dan dua perunggu," seperti diinfokan Azwandi, usai menyambut siswa di bandara Sultan Syarif Kasim II Internasional Airport, Pekanbaru.

  
M. Nabiel Shafa
Adapun murid berprestasi yang berhasil meraih medali emas dalam mata pelajaran IPA yaitu Muhammad Nabiel Shafa dari SD IT Mutiara Pinggir Bengkalis, John Howard Wijaya dari SD Darma Yudha Pekanbaru dan Rianti Rahmadani dari SDN 006 Perawang Barat Siak.

Sedangkan untuk medali perak direbut Aprilia Yasmin dari SD YPPI Perawang Siak dan untuk medali perunggu diraih Agil Razzan Murtada dari SDN 5 Bengkalis yang juga memenangkan kategori Best Experiment.

Untuk mata Pelajaran Matematika, medali perak berhasil dibawa oleh Vannes WIjaya dari SD Darma Yudha Pekanbaru dan Mariana dari SD YPP Perawang Siak. Untuk medali perunggu diraih oleh diraih Ryan Justyn SD Darma Yudha Pekanbaru.

"Rombongan Disdikbud menyambut siswa-siswa di bandara Sultan Syarif Kasim II Internasional Airport, Pekanbaru, yang diwarnai dengan pengalungan kalung bunga kepada siswa-siswi yang telah berhasil membuat harum nama Riau di tingkat Nasional," tutup Azwandi.

ANTARA News



Sebelumnya:


Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda




Share this article :

Poskan Komentar