Jumat, 29 April 2016

Home » » Walikota Magelang Dukung Temu Huffadz Nasional

Walikota Magelang Dukung Temu Huffadz Nasional

Kota Magelang sangat layak sebagai tuan rumah THN, terutama karena infrastruktur, kebersihan kotanya sebagai peraih Adipura dan sesuai dengan visi Kota Magelang yang religius

  
Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT | Foto: Agung Jatmiko
Mafaza-Online | Panitia Temu Huffadz Nasional (THN) bersilaturahim dengan Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT, Senin (25/5). Menurut Ketua panitia THN Ustadz H Ahmad Kasban Syarqawi, Lc, MA, Alhafizh, kedatangannya ke kantor Pemerintahan Kota Magelang ini untuk meminta restu sekaligus dukungan pada Walikota untuk suksesnya THN yang akan diselenggarakan pada, Selasa-Ahad (3-8 Mei 2016). “Acara ini dipusatkan di Kota Magelang,” jelas Kasban.    

Sebelumnya, masih kata Kasban, beberapa kota sempat bersaing untuk menjadi tuan rumah THN ini, seperti Subang dan Bandung. Dalam musyawarah terakhir panitia pusat memutuskan Kota Magelang. “Alhamdulillah Yayasan Ihsanul Fikri siap menjadi penyelenggara THN,” jelas Kasban.   

Dalam pertemuan ini, Ustadz Kasban juga menjelaskan, Huffadz adalah jamak dari Hafizh. Kata ini memang berasal dari bahasa Arab yang artinya, ‘penghafal’ atau ‘pemelihara’. Jadi Huffadz yang dimaksud disini, para penghafal Al-Quran 30 juz.

“Nah bisa dibayangkan bila 130-an penghafal Al-Quran berkumpul, semoga rahmat Allah SWT akan menaungi kita semua,” tuturnya.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito menyambut gembira kedatangan Panitia THN ini. “Saya merasa bangga, Kota Magelang mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan even tingkat nasional,” kata Sigit.

Pemkot Magelang, masih kata Sigit Widyonindito,  berkomitmen untuk membantu sepenuhnya agar tamu-tamu ini dapat terlayani dengan baik dan nyaman. Menurutnya, para penghafal Al-Quran ini datang ke Kota Magelang demi kemaslahatan umat dan tidak berorientasi apapun kecuali kebaikan.  Sigit meyakini kehadiran Huffadz ini bisa memberi pencerahan kepada warga Magelang khususnya dan rakyat Indonesia secara umum.

“Semoga dengan acara ini akan mempererat ukhuwah Islamiyah dan menambah semangat keberagamaan kita,” tuturnya.

Sigit menambahkan  Kota Magelang sangat layak sebagai tuan rumah acara THN ini, terutama karena infrastruktur dan kebersihan kotanya sebagai peraih Adipura. Apalagi, acara ini sangat sejalan dengan visi misi kota Magelang untuk menjadikan Magelang sebagai kota jasa yang modern dan cerdas yang dilandasi masyarakat yang sejahtera dan Religius.

“Allah SWT Maha mengatur, diawal kepemimpinan saya, saudara kita dari Yayasan Ihsanul Fikri mengadakan acara yang sejalan,” ujar Sigit dengan senyum lebar.

Menurut Kasban, Temu Huffadz ini berawal dari Mukhayam Al-Quran Nasional, sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari membentuk karakter anak bangsa. Pesertanya dari Aceh, Sumatera, Sulawesi hingga Papua. Mereka terdiri dari kaum muda dan professional yang memiliki keinginan kuat untuk mempertahankan dan menjaga  hafalan Al-Quran. Rencananya 130-an peserta inti akan mengikuti acara ini. Diantara peserta ada juga yang membawa keluarga.

“Ada juga peserta dengan kategori Mustami (pendengar) yang ingin menambah hafalannya,” jelas Kasban.

Menurut Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Ihsanul FIkri H Arifin Mustofa,  S.Pd, yang turut mendampingi Panitia, THN ini even nasional pertama bagi Walikota Magelang Sigit Widyonindito yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2015 lalu. Peserta THN berasal dari Aceh hingga Papua, bahkan ada yang mengajak keluarganya.

“Insya Allah akan hadir, DR Hidayat Nur Wahid, Habib Salim Segaf Aljufri dan beberapa tokoh nasional,” jelas Arifin.

Arifin menuturkan, karena bobot acara ini setingkat nasional maka pesertanya pun merupakan tokoh di daerahnya masing-masing. Pengalaman mereka selama di Magelang akan mereka sampaikan kepada keluarga dan masyarakat di daerahnya masing-masing. Ini Sekaligus promosi bagi kota yang terkenal dengan penganan getuknya.  

“Acara ini juga tentu sangat bermanfaat untuk warga Magelang, Insya Allah berkah!” seru Arifin.

"Acara ini bukan hanya milik Ihsanul Fikri, ormas-ormas pun memberi dukungannya"

Menurut Arifin sejatinya acara ini bukan hanya milik Yayasan Ihsanul Fikri, ormas-ormas memberi dukungan dan sambutannya dengan memasang spanduk selamat datang para huffadz dan ucapan selamat dan sukses untuk terselenggaranya acara ini. Panitia juga mengajak peran serta masyarakat, Takmir Masjid dan masyarakat juga diundang untuk mengikuti acara seminar al-Quran sebagai rangkaian dari THN.

“Rencananya Panitia THN akan memberikan sumbangan 200 Al-Quran untuk masyarakat Kota Magelang,” pungkas Arifin.

Sebelumnya:




Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT | Foto: Agung Jatmiko

Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT | Foto: Agung Jatmiko

Walikota Magelang Ir. H. Sigit Widyonindito, MT menerima Panitia Temu Huffadz Nasional | Foto: Agung Jatmiko

Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Ihsanul Fikri, H Arifin Mustofa,  S.Pd (kacamata) dan Ketua Panitia THN Ustadz H Ahmad Kasban Syarqawi, Lc, MA Alhafizh | Foto: Agung Jatmiko

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Walikota Magelang Dukung Temu Huffadz Nasional . All Rights Reserved