Rabu, 13 April 2016

Home » » Kemhan dan Muhammadiyah Kerjasama Tangkal Radikalisme

Kemhan dan Muhammadiyah Kerjasama Tangkal Radikalisme

Penandatanganan ini dilandasi kesadaran sejarah adanya hubungan kultural antara Muhammadiyah dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI)

  
Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama Kemenhan Dengan Muhammadiyah  | Dream.co.id/Maulana Kautsar
Mafaza-Online | Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyepakati pelaksaan program bela negara. Kesepakatan yang diwujudkan dalam nota kesepakatan bersama tersebut diharapkan bsa membantu membentengi generasi muda dari paham radikalisme dan terorisme.

Penandatanganan ini dilandasi kesadaran sejarah adanya hubungan kultural antara Muhammadiyah dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pendiri TNI, Jenderal Soedirman dikenal sebagai tokoh dan kader Muhammadiyah.

"Kesadaran bela negara itu muncul karena kemerdekaan Indonesia direbut dengan waktu yang panjang. Dulu usaha yang dilakukan Panglima Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan harus diketahui anak muda," kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Gedung Bhinneka Tunggal Ika, Kemenhan, Jakarta, Selasa, 13 April 2016.

Ryamizard mengatakan program bela negara akan menjadi salah satu usaha untuk membekali dan membentengi generasi muda dari paham radikal dan terorisme.

"Kami ingin melakukan yang konkret dan langsung kepada masyarakat," ucap dia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan kerjasama ini sebagai simbol dukungan Muhammadiyah menghargai proses perjuangan bangsa. Sebab, dalam proses integrasi nilai keislaman dan keindonesiaan diperlukan upaya reaktualisasi.

"Tantangannya juga tidak kalah beratnya, ketika bangsa ini berhadapan dengan kepentingan luar," kata Haedar.

"Langkah komprehensif tentang nilai-nilai ke-Indonesiaan, memelihara keamanan dan perdamaian, itulah yang menjadi komitmen kolektif kita," ucap dia menambahkan.

Dalam acara itu, nota kesepakatan ditandatangani oleh Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mukti dan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan Timbul Siahaan dan disaksikan Menhan Ryamizard Ryacudu dan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Nantinya, kerjasama kedua belah pihak itu akan diimplementasikan dalam berbagai bentuk pendidikan dan pembinaan dari Menhan.

Lainnya:
Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Poskan Komentar