Rabu, 21 Oktober 2015

Home » » Buku Berjudul Roh dan Manhaj Ibnul Qayyim

Buku Berjudul Roh dan Manhaj Ibnul Qayyim

Buku Berjudul Roh dan Manhaj Ibnul Qayyim





Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

   
ROH Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
Klik 2x Pada Gambar
Mafaza-Online.Com | KONSULTASI AGAMA - Assalammualaikum, ana minta pendapat ustadz tentang buku yg berjudul "Roh" karya ibnul Qoyyim Al- Jauzzi di terbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar. Apakah manhaj Ibnul Qoyyim rohimmahulloh sebelum belajar kepada Syaikhul Islam ibnu Taimmiyah rohimmahulloh?


Syukron jazakumullohukhoir
Ikhwan
Cibitung- Bekasi


Jawab :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Jawaban Pertama:
Kami belum membaca versi indonesianya. Yang kami baca adalah kitab tersebut dalam bahasa Aslinya. Secara umum kitab ruh bermanfaat, akan tetapi ada point-point tertentu dalam kitab itu yang harus diteliti ulang keabsahannya. Ada pertanyaan yang ditujukan kepada syaikh Utsaimin terkait kitab itu.

Pertanyaan:
Apa pendapat Anda tentang kitab Ar-Ruh milik Ibnul Qayyim? Dan apakah kisah-kisah yang Beliau sebutkan tentang ahli kubur benar?
Jawaban:
Ada pembahasan-pembahasan bernilai dan bagus di kitab itu. Barang siapa membacanya akan mengetahui bahwa itu termasuk perkataan Ibnu Al-Qayyim rahimahullah. Di dalamnya terdapat cerita-cerita ini yang Beliau sebutkan (mimpi-mimpi tentang sebagian orang mati) Allahu a'lam dengan kebenarannya. Akan tetapi, sepertinya Beliau bermudah-mudahan dalam menukilnya karena itu melembutkan hati dan menjadikan orang takut terhadap adzab kubur serta menyukai nikmat kubur. Tujuannya baik. Wallahu a'lam dengan kebenarannya. Majmu' Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin 26/362 no.153

Oleh karena itu, kami nasehatkan bagi orang yang tidak memahami dalil dan metode pendalilan sebaiknya ia tidak membaca sendiri kitab itu, akan tetapi hendaknya ia membacanya dengan bimbingan orang alim.

Jawaban Kedua:
Ibn Qayyim Al-Jauziyah sebelum berguru kepada Ibnu Taimiyyah terjatuh ke dalam kesalahan-kesalahan dalam masalah Aqidah. Kemudian Beliau mendapat hidayah dengan wasilah gurunya yaitu Ibnu Taimiyyah. Kisah ini Beliau sebutkan di Nuniyahnya. Lih. Nuniyah Ibnul Qayyim hal.143

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

SALAMDAKWAH.COM



Silakan klik:
Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah

 
Share this article :

Poskan Komentar