Minggu, 14 Juni 2015

Home » » Ini Kiat Para Pelajar SMA Muhammadiyah Surabaya Hafalkan Al Qur’an

Ini Kiat Para Pelajar SMA Muhammadiyah Surabaya Hafalkan Al Qur’an

TEST HAFAL QURAN - Siswa harus bisa melanjutkan ayat al Qur’an yang dibacakan para penguji secara sepotong pada Munaqasah Hifdzil Quran (test hafalan Al-Quran) di SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya, Jumat (12/6/2015) | SURYA/HABIBUR ROHMAN

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
 

Mafaza-Online.Com | SURABAYA - Menjelang Ramadan, 11 siswa di SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Surabaya menghafal Alquran karena pelajaran agama mengharuskan mereka menghafal minimal satu surat dalam satu juz.

Pembina menghafal Quran di SMAMDA, Lukluul Islamiyati (35), mengatakan dalam kegiatan menghafal Al-qur’an ini ada tiga aspek penilaian. Yakni kelancaran membaca, pelafalan tajwid , dan cara pengucapan.

“Minimal mereka bisa menghafal satu ayat dalam satu juz. Dan penilaiannya juga mencakup tiga itu, agar tidak salah arti,” ucapnya ketika ditemui di Masjid SMAMDA, Jum’at (12/6/2015).

Salah satu siswa yang ikut dalam menghafal Alquran ialah, Ahmad Wildan. Siswa kelas X MIA 4 itu mengaku senang bisa ikut uji kompetensi ini.

"Alhamdulillah saya sudah hafal juz 30. Dari kecil sudah belajar baca Alquran. Di SMAMDA tiap Kamis dan Jumat ada tambahan jam hafalan al Quran,” ucapnya seusai menghafal al Qur’an.

Wildan biasa menghafal Alquran seusai shalat Subuh. “Kalau abis Subuh adem gitu. Terus karena lebih fresh juga setelah istrahat," ungkap Wildan.

Menurutnya, menghafal al-Qur’an yang terberat ialah ketika ditambah hafalan lain. “Ya susahnya pas sudah hafal surah Al-baqarah misalnya, harus ganti surah yang lain. Nah hafalan yang lama jadi lupa, hehe,” ujarnya.

Namun begitu, Wildan yang sudah hafal 30 juz ini tak ingin menyerah untuk terus menghafal agar mendapat hikmah. “Tetap terus dihafal lagi. Gak boleh berhenti,” tegasya.

SURYA.co.id



Silakan klik:
Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah
Share this article :

Poskan Komentar